Cara Mencairkan (Tarik Profit) Keuntungan Saham

Saya beberapa kali mendapat pertanyaan dari rekan-rekan trader yang baru memulai belajar, baik melalui email, facebook maupun WA. Pertanyaannya kurang lebih sebagai berikut: 

"Pak Heze, kalau kita sudah dapat profit saham, terus gimana cara tarik (cairkan) keuntungannya?"

Sebelum kita masuk lebih lanjut, perlu anda ketahui semua aktivitas trading sekarang dilakukan melalui software online trading yang disediakan sekuritas. Jadi semua aktivitas trading, termasuk mencairkan keuntungan anda, dilakukan melalui software. 

Kalau anda masih belum jelas tentang software online trading, dan langkah2 membuka rekening saham, anda bisa download ebook gratis (26 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Mencairkan  keuntungan di saham / tarik keuntungan bahasa sahamnya adalah withdraw (WD). Selanjutnya kita pakai istilah WD saja.. 

Jadi katakanlah anda jual saham TLKM dan dapat untung sebesar Rp3.300.000. Anda mau mencairkan keuntungan anda. Gimana caranya? 

Mudah saja, anda tinggal cari menu WITHDRAW di software online trading anda. Menu tersebut digunakan untuk tarik dana dari Rekening Dana Investor (RDI) ke rekening ATM anda.. 

RDI ini merupakan 'rekening' yang digunakan untuk menyimpan dana anda di saham (di software online trading). Sedangkan kalau anda sudah trading, software trading yang anda pakai nantinya juga sudah 'terhubung' dengan nomor rekening ATM anda. 

Itulah kenapa waktu anda buka rekening, anda diminta untuk mengisi informasi nomor rekening ATM anda. Tujuannya adalah untuk withdraw (WD) keuntungan dari RDI ke ATM, maupun sebaliknya untuk deposit / suntik modal (dari ATM ke RDI).  

Oke, berikut adalah langkah2 mencairkan keuntungan saham di software online trading. Disini saya menggunakan software Danareksa Sekuritas. 

1. Pilih menu Customer --> Withdraw 


Fyi, di software trading juga ada menu withdrawal history. Tujuannya selain untuk melihat history WD yang pernah anda lakukan, di menu itu anda bisa cek apakah WD yang anda lakukan sudah masuk rekening ATM atau belum. Nanti kita bahas lebih lanjut. 

2. Menu WD kurang lebih tampilannya seperti ini: 


Kalau anda mau WD keuntungan anda, anda tinggal ketikkan saja jumlah yang anda inginkan. Lalu anda klik Withdraw. Setelah itu, anda tinggal menunggu duit anda masuk rekening ATM. 

Berapa lama masuk ATM? Biasanya nggak lama, cuma beberapa jam atau paling nggak 1 hari saja sudah masuk rekening ATM. Saya pernah withdraw profit saham di pagi hari sekitar pukul 10:00, kemudian siang hari sekitar pukul 14:00 sudah masuk rekening ATM. 

3. Cek WD melalui menu withdraw history

Menu WD history tadi sudah kita bahas di langkah pertama. Jika profit anda sudah masuk ATM, maka statusnya adalah 'Accepted'. Kalau belum masuk, statusnya adalah 'Waiting' atau 'New Approval" atau istilah lain yang mungkin bisa berbeda untuk setiap software sekuritas.

   
Berikut contohnya (tabel diatas). Kalau profit sudah masuk ATM, statusnya menjadi accepted. 

Saran saya, waktu terbaik untuk melakukan WD adalah di pagi hari sampai siang hari sebelum pukul 14:00. Kenapa begitu? Soalnya kalau anda WD-nya terlalu sore, bank kemungkinan besar sudah tidak memproses order anda, sehingga order WD anda akan di-reject. 

Contohnya seperti pada tabel diatas. Saya pernah beberapa kali melakukan WD mendekati jam closing market. Setelah saya cek, status ordernya 'rejected'. Tapi waktu saya coba WD lagi keesokan hari (pagi hari saat awal jam market buka), nggak lama kemudian, langsung masuk rekening ATM dan statusnya 'accepted'. 

Untuk WD saham, anda nggak harus cairkan semua profit anda. Jadi kalau anda dapat untung Rp3,3 juta itu tadi. Anda bisa memutuskan untuk WD sebesar Rp1,5 juta dulu. Sisanya tetapi berada di rekening anda, atau anda investasikan lagi (namanya strategi compounding). Baca juga: Strategi Investasi/ Trading Saham, Tapi Modal Terbatas. 

Jadi itulah cara untuk mencairkan keuntungan anda di saham. Setiap software trading tampilannya pasti akan beda. Tapi intinya, kalau mau cairkan keuntungan di saham, anda harus cari menu WITHDRAW. Anda untuk cek histori, anda bisa ke menu WITHDRAW HISTORY. Semua software online trading pasti menyediakannya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencairkan (Tarik Profit) Keuntungan Saham"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */