Saham Blue Chip untuk Trading

Sebagian trader saham yang ingin membeli saham yang aman untuk trading, trader biasanya akan cenderung untuk memilih saham blue chip. Adanya angapan bahwa saham blue chip cenderung aman,  akhirnya banyak mindset yang salah tentang saham blue chip.

Banyak trader menganggap kalau beli saham blue chip pasti aman, dan terhindar dari rugi seperti pada saham gorengan. Perlu anda ketahui, saham blue chip memang risikonya kecil. Tetapi tetap saja risikonya ada. 

Harga saham selalu bergerak fluktuatif (naik-turun). Besar kecilnya fluktuatif dipengaruhi oleh psikologis market, analisa teknikal, dan kondisi market. 

Sehingga, kalau anda membeli saham blue chip tanpa melakukan analisa (karena anda beranggapan blue chip pasti aman), maka anda pun akan terkena risiko nyangkut yang lebih besar. 

Faktanya, dalam kondisi market yang lagi lesu, banyak juga saham blue chip yang harganya turun terus. Atau ketika saham-saham blue chip terdapat berita laba turun pada laporan keuangan kuartalan / tahunannya, maka saham blue chip harganya biasanya juga ikut turun drastis. 

Saham UNVR
Contohnya seperti saham UNVR diatas (tanda persegi). Saat itu UNVR mengumumkan penurunan laba bersih, dan akhirnya diikuti dengan harga saham yang turun drastis saat itu. Ditambah lagi, UNVR saat itu sebelumnya sudah naik tinggi dan sulit untuk breakout.

Jadi kalau anda membeli UNVR saat di harga puncaknya tersebut, maka siap-siap saham UNVR anda koreksi drastis. 

Memang pada umumnya, saham blue chip yang turun, harganya lebih mudah balik naik, dan tren harganya juga lebih pasti dalam jangka menengah - panjang, dibandingkan kalau anda beli saham gorengan. Banyak saham gorengan yang setelah turun, ditinggal bandar sehingga harganya seolah sudah nggak bakalan naik lagi. 

Namun kalau anda ingin mendapatkan untung di saham, maka tentu saja anda harus melakukan analisa yang benar sebelum memutuskan untuk membeli saham, apapun jenis saham yang anda beli. Sehingga, anda bisa mendapatkan profit yang lebih maksimal. 

Jangan termakan dengan stigma saham blue chip adalah saham yang aman, sehingga anda membeli saham blue chip tanpa pertimbangan, dengan pendapat bahwa beli blue chip pasti untung. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saham Blue Chip untuk Trading"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */