Saham Paling Untung Hari Ini

Beberapa waktu lalu saya dapat pertanyaan dari seorang trader melalui email. Pertanyaannya sebagai berikut: 

"Pak Heze, kalau saya ingin untung dari trading cepat, apakah saya bisa mencari saham paling untung hari ini, kemudian saham2 tersebut yang kita tradingkan? Karena saham2 yang paling untung biasanya banyak permintaan beli, sehingga harganya mungkin masih bisa naik lagi 1-2 hari kedepan."

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, yang dimaksud saham paling untung hari ini bisa anda lihat atau ketahui melalui informasi saham-saham TOP GAINER. Anda bisa melihatnya melalui software online trading masing2. 

Kalau anda ingin tahu tampilan saham top gainer / top stock, anda bisa baca kembali tulisan saya berikut: Saham Top Gainer: Peluang dan Risiko

Saham-saham yang masuk dalam top gainer biasanya diambil dari 20 saham yang kenaikan harganya paling tinggi di hari tersebut. Artinya, secara logika kalau saham tersebut naik tinggi, berarti banyak permintaan beli. 

Pertanyaannya: Apakah dengan membeli saham paling untung hari ini maka peluang seorang trader mendapatkan profit semakin besar? Saya pribadi sudah pernah mencoba mencari profit jangka pendek dengan cara seperti itu, namun hasilnya justru tidak terlalu sesuai harapan. 

Artinya, saham yang paling untung hari ini sama sekali tidak bisa menjadi jaminan bahwa anda akan meningkatkan peluang profit di saham2 tersebut. Mengapa? Ada beberapa fakta yang perlu anda pahami:  

1. Mayoritas saham paling untung hari ini adalah saham gorengan

Kalau anda perhatikan saham2 yang masuk top gainer, rata2 sahamnya adalah saham2 yang naik 10-20% lebih di hari itu. Dan setelah saya cek analisa teknikal, bid-offer, ternyata sahamnya memiliki likuiditas yang sangat rendah, dan pergerakan grafik saham yang tidak beraturan. 

Dapat dikatakan bahwa mayoritas saham paling untung hari ini adalah saham2 gorengan yang banyak dipermainkan oleh bandar. Jadi, siapa yang banyak mendapatkan untung dari saham2 top gainer yang naik puluhan persen? Jawabannya ya bandar itu sendiri. 

Kalau anda berasumsi bahwa saham2 yang sudah naik 20% di hari ini berarti banyak permintaan beli dan besok pasti akan naik lagi, maka anggapan ini harus segera anda hilangkan. 

Saham gorengan sulit kita prediksi pergerakannya menggunakan analisa teknikal. Biasanya kalau saham2 lapis tiga sudah naik tinggi dan bandar sudah merasa untung, ada kemungkinan bandar akan langsung membuang sahamnya alias menjual dalam jumlah besar, sehingga sahamnya bukannya naik, namun turun drastis. Tidak sesuai harapan anda sebelumnya. 

Trading di saham gorengan harus menggunakan analisa, dan tidak semua saham gorengan yang naik di hari itu (saham paling untung / top gainer stock) bakalan naik lagi keesokan harinya. 

Jika anda ingin belajar pola2 saham gorengan untuk scalping, anda bisa pelajari juga praktik2nya disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading.

2. Permintaan tinggi bisa saja hanya terjadi dalam waktu satu hari

Seperti yang saya tuliskan di poin pertama, sangat mungkin saham2 yang sedang banyak permintaan dan naik tinggi di hari itu, kenaikannya hanya berlangsung dalam satu hari. Dan keesokan hari saham akan kembali turun drastis, karena bandar sudah merasa untung banyak. 

Artinya, dalam memilih saham, jangan hanya melihat saham berdasarkan saham yang paling untung di hari tersebut. Ada banyak faktor yang harus anda pertimbangkan, terutama ANALISA TEKNIKAL saham itu sendiri.   

3. Waran termasuk dalam daftar top gainer 

Saham top gainer yang bisa anda lihat melalui software trading, juga memasukkan waran sebagai daftar top gainer. Jadi kalau di hari itu ada waran yang naik puluhan persen dan masih dalam daftar saham paling untung, dan anda langsung berasumsi bahwa waran ini bakalan memberikan profit besar keesokan harinya, maka justru sebaliknya, waran memiliki risiko besar. 

Semua tahu bahwa waran adalah produk turunan saham yang risikonya cukup besar untuk ditradingkan. Di pos ini: Trading Saham: Risiko Beli Waran, saya sudah menjelaskan dengan detail mengapa waran sebaiknya dihindari terutama untuk trader saham pemula.

Kesimpulannya, kalau anda ingin mencari saham yang bisa menghasilkan profit maksimal, carilah saham2 yang bagus secara analisa teknikal (chart), bukan hanya memilih dan membeli berdasarkan saham2 yang naik paling tinggi di hari itu. 

Pilihlah dan screening saham2 yang sesuai dengan karakter pribadi anda. Kalau saham2 yang ada dalam top gainer bukanlah tipikal saham yang anda sukai untuk trading, maka jangan memaksakan untuk mentradingkannya.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saham Paling Untung Hari Ini"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */