MAKALAH DIAGNOSA KEPERAWATAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Setelah menyelesaikan pengkajian keperawatan, perawat melanjutkan pada diagnosa keperawatan,yang merupakan penilaian klinis tentang respons individu,keluarga,atau kamunitas terhadap masalah kesehatan aktual atau potensial atau proses kehidupan.diagnosa keperawatan adalah pernyataan yang menggambarkan respon aktual atau potensial klien terhadap masalah kesehatan yang perawat mempunyai lisensi dan kompeten untuk mengatasinya.
Diagnosa keperawatan memberikan dasar untuk pemilihan intervensi untuk mencapai hasil yang menjadi  tanggung gugat perawat (NANDA,1990; Carpenito,1993). Hasil dan intervensi dipilih dalam kaitannya dengan diagnosa keperawatan tertentu (McCloskey & Bulechek,1992). Alasan untuk merumuskan diagnosa keperawatan setelah menganalisis data pengkajian adalah untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang melibatkan klien dan keluarganya dan untuk memberikan arah asuhan keperawatan.pernyataan diagnosa keperawatan adalah hasil dari proses diagnostik selama perawat menggunakan pemikiran kritis, diagnosa kepearawatan dikembangkan untuk klien,keluarga, atau komunitaas dan mencakup data fisik perkembangan, intelektual, emosi, sosial dan spiritual yang didapapatkan selama pengkajian.
1.2  Rumusan  Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Analisa data ?
2.      Apa yang dimaksud dengan Diagnosa Keperawatan ?
3.      Bagaimana standar Diagnosis Keperawatan : NANDA ?

1.3  Tujuan
Dalam pembuatan tugas ini, adapun tujuan yang hendak dicapai penulis yaitu:
1. Untuk mengetahui mengenai analisa data.
2.  Untuk mengetahui pengertian diagnosa keperawatan.
3.  Untuk mengetahui standar diagnosa keperawatan: NANDA.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Analisa Data
Analisis data merupakan kemampuan kognitif dalam pengembangan daya berfikir dan penalaran yang dipengaruhi oleh latar belakang ilmu dan pengetahuan, pengalaman, dan pengertian keperawatan. Dalam melakukan analisis data, diperlukan kemampuan mengkaitkan data dan menghubungkan data tersebut dengan konsep, teori dan prinsip yang relevan untuk membuat kesimpulan dalam menentukan masalah kesehatan dan keperawatan klien.
Ø  Dasar analisis :
1.  Anatomi – fisiologi
2.  Patofisiologi penyakit
3.  Mikrobiologi – parasitologi
4.   Farmakologi
5.   Ilmu perilaku
6.   Konsep-konsep (manusia, sehat-sakit, keperawatan, dll)
7.   Tindakan dan prosedur keperawatan
8.   Teori-teori keperawatan.

Ø  Fungsi analisis :
1. Dapat menginterpretasi data keperawatan dan kesehatan, sehingga data yang diperoleh memiliki makna dan arti dalam menentukan masalah dan kebutuhan klien
2. Sebagai proses pengambilan keputusan dalam menentukan alternatif pemecahan masalah yang dituangkan dalam rencana asuhan keperawatan, sebelum melakukan tindakan keperawatan.

Ø  Pedoman Analisis Data :
1.  Menyusun kategorisasi data secara sistematis dan logis
2.  Identifikasi kesenjangan data
3.  Menentukan pola alternatif pemecahan masalah
4.  Menerapkan teori, model, kerangka kerja, nrma dan standart, dibandingkan dengan data senjang
5.  Identifikasi kemampuan dan keadaan yang menunjang asuhan keperawatan klien
6.  Membuat hubungan sebab akibat antara data dengan masalah yang timbul.

Ø  Cara analisis data :
1.  Validasi data, teliti kembali data yang telah terkumpul
2.  Mengelompokkan data berdasarkan kebutuhan bio-psiko-sosial dan spiritual
3.  Membandingkan dengan standart
4.  Membuat kesimpulan tantang kesenjangan (masalah keperawatan) yang ditemukan

2.2 Definisi Diagnosa Keperawatan
·         Definisi secara umum: Pernyataan yang menguraikan respon aktual atau potensial klien terhadap masalah kesehatan yang perawat mempunyai izin dan berkompeten untuk mengatasinya.
·         Menurut para ahli :
1)   Gordon ( 1976 ) :
Diagnosa keperawatan adalah masalah kesehatan aktual atau potensial dimana perawat, dengan pendidikan dan pengalamannya, mampu dan mempunyai izin untuk mengatasinya.
2)   Aspinall (1976) :
Diagnosa keperawatan adalah suatu proses kesimpulan klinis dari perubahan yang teramati dalam kondisi fisik atau fisiologis pasien; jika proses ini terjadi secara akurat dan rasional, maka proses tersebut akan mengarah pada indentifikasi tentang kesimpulan penyebab simptomatologi.
3)   Roy ( 1982) :
Diagnosa keperawatan adalah frase singkat atau istilah yang meringkaskan kelompok indikator penting (empiris) yang mewakili pola keutuhan manusia.
4)   Carpenito ( 1987)
Diagnosa keperawatan adalah pernyataan yang menggambarkan respon manusia ( keadaan sehat atau perubahan pola interakasi aktual atau potensial ) dari individu atau kelompok perawat yang secara legal mengidentifikasi dan dimana perawat dapat mengintruksikan intervensi definitif untuk mempertanyakan keadaan sehat atau untuk mengur                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             angi, menyingkirkan, atau mencegah perubahan.        
5)   NANDA (1990) :
Diagnosa keperawatan adalah penilaian klinis tentang respon individu , keluarga, atau komunitas terhadap masalah kesehatan dan proses kehidupan aktual atau potensial. Diagnosa keperawatan memberikan dasar pemilihan intervensi keperawatan untuk mencapai hasil dimana perawat bertanggunggugat.
            Semua diagnosa keperawatan harus didukung oleh data, dimana menurut NANDA diartikan sebagai definisi karakteristik yang dinamakan tanda dan gejala. Tanda adalah sesuatu yang dapat diobservasi sedangkan gejala adalah sesuatu yang dirasakan oleh klien.
Diagnosis keperawatan ditetapkan berdasarkan analisis dan interpretasi data yang diperoleh dari pengkajian keperawatan klien. Diagnosis keperawatan memberikan gambaran tentang masalah atau status kesehatan klien yang nyata (aktual) dan kemungkinan akan terjadi, dimana pemecahannya dapat dilakukan dalam batas wewenang perawat. Dari definisi diatas jelas bahwa diagnosa keperawatan yang dirumuskan harus sesuai dengan kewenangan perawat.
2.3 Kategori Diagnosa Keperawatan
1. Diagnosa Keperawatan Aktual
Diagnosa keperawatan aktual menurut NANDA adalah diagnosa yang menyajikan keadaan klinis yang telah divalidasikan melalui batasan karakteristik mayor yang diidentifikasi. Diagnosa keperawatan mempunyai empat komponen : label, definisi, batasan karakteristik, dan faktor yang berhubungan.
Label merupakan deskripsi tentang definisi diagnosis dan batasan karakteristik. Definisi menekankan pada kejelasan, arti yang tepat untuk diagnosa. Batasan karakteristik adalah karakteristik yang mengacu pada petunjuk klinis, tanda subjektif dan objektif. Batasan ini juga mengacu pada gejala yang ada dalam kelompok dan mengacu pada diagnosis keperawatan, yang teridiri dari batasan mayor dan minor. Faktor yang berhubungan merupakan etiologi atau faktor penunjang. Faktor ini dapat mempengaruhi perubahan status kesehatan. Faktor yang berhubungan terdiri dari empat komponen : patofisiologi, tindakan yang berhubungan, situasional, dan maturasional. Penulisan rumusan diagnosis ini adalah : PES (problem + etiologi + simtom).
2. Diagnosa Keperawatan Risiko atau Risiko Tinggi
Menurut NANDA, diagnosa keperawatan risiko adalah keputusan klinis tentang individu, keluarga atau komunitas yang sangat rentan untuk mengalami masalah dibanding individu atau kelompok lain pada situasi yang sama atau hampir sama.
Diagnosa keperawatan ini mengganti istilah keperawatan potensial dengan menggunakan “risiko terhadap atau risiko tinggi terhadap”. Validasi untuk menunjang diagnosis resiko tinggi adalah faktor resiko yang memperlihatkan keadaan dimana kerentanan meningkat terhadap klien atau kelompok dan tidak menggunakan batasan karakteristik. Penulisan rumusan diagnosis ini adalah : PE (problem & etiologi).
3. Diagnosa Keperawatan Kemungkinan
Menurut NANDA, diagnosa keperawatan kemungkinan adalah pernyataan tentang masalah yang diduga masih memerlukan data tambahan dengan harapan masih diperlukan untuk memastikan adanya tanda dan gejala utama adanya faktor resiko.
4. Diagnosa Keperawatan Sejahtera
Menurut NANDA, diagnosa keperawatan sejahtera adalah ketentuan klinis mengenai individu, kelompok, atau masyarakat dalam transisi dari tingkat kesehatan khusus ke tingkat kesehatan yang lebih baik. Cara pembuatan diagnosa ini adalah dengan menggabungkan pernyataan fungsi positif dalam masing-masing pola kesehatan fungsional sebagai alat pengkajian yang disahkan. Dalam menentukan diagnosa keperawatan sejahtera, menun    jukkan terjadinya peningkatan fungsi kesehatan menjadi fungsi yang positif.


5. Diagnosa Keperawatan Sindrom
Menurut NANDA, diagnosa keperawatan sindrom adalah diagnosa yang terdiri dari sekelompok diagnosa keperawatan aktual atau resiko, yang diduga akan muncul karena suatu kejadian atau situasi tertentu.
Menurut NANDA ada 2 diagnosa keperawatan sindrom
1)      Sindrom trauma pemerkosaan
Contoh : cemas, takut, sedih, gangguan pola istirahat dan tidur.
2)      Resiko sindrom penyalahgunaan
Contoh :    -    Resiko Konstipasi
-          Resiko perubahan fungsi pernafasan
-          Resiko infeksi
-          Resiko gangguan aktifitas

2.4 Komponen  Diagnosa Keperawatan
  Rumusan diagnosa keperawatan mengandung tiga komponen utama, yaitu :
1.      Problem (P/masalah), merupakan gambaran keadaan klien dimana tindakan Keperawatan dapat diberikan. Masalah adalah kesenjangan atau penyimpangan dari keadaan normal yang seharusnya tidak terjadi.
Tujuan : menjelaskan status kesehatan klien atau masalah kesehatan klien secara jelas dan sesingkat mungkin. Diagnosis keperawatan disusun dengan menggunakan standar yang telah disepakati (NANDA, Doengoes, Carpenito, Gordon, dll), supaya
a. Perawat dapat berkomunikasi dengan istilah yang dimengerti secara umum
b. Memfasilitasi dan mengakses diagnosa keperawatan
c. Sebagai metode untuk mengidentifikasi perbedaan masalah keperawatan dengan masalah medis
d. Meningkatkan kerjasama perawat dalam mendefinisikan diagnosis dari data pengkajian dan intervensi keperawatan, sehingga dapat meningkatkan mutu asuhan keperawatan.
2. Etiologi (E/penyebab), keadaan ini menunjukkan penyebab keadaan atau masalah kesehatan yang memberikan arah terhadap terapi keperawatan. Penyebabnya meliputi : perilaku, lingkungan, interaksi antara perilaku dan lingkungan. Unsur-unsur dalam identifikasi etiologi :
a. Patofisiologi penyakit : adalah semua proses penyakit, akut atau kronis yang dapat menyebabkan / mendukung masalah.
b. Situasional : personal dan lingkungan (kurang pengetahuan, isolasi sosial, dll)
c. Medikasi (berhubungan dengan program pengobatan/perawatan) : keterbatasan institusi    atau rumah sakit, sehingga tidak mampu memberikan perawatan.
d. Maturasional
Adolesent : ketergantungan dalam kelompok
Young Adult : menikah, hamil, menjadi orang tua
Dewasa : tekanan karier, tanda-tanda pubertas.
4.      Sign & symptom (S/tanda & gejala), adalah ciri, tanda atau gejala, yang merupakan informasi yang diperlukan untuk merumuskan diagnosis keperawatan. Jadi rumusan diagnosis keperawatan adalah : PE / PES.
Perumusan harus jelas dan singkat dari respon klien terhadap situasi atau keadaan yang dihadapi
1.      Spesifi dan akurat (pasti)
2.      Dapat merupakan pernyataan dari penyebab
3.      Memberikan arahan pada asuhan keperawatan
4.      Dapat dilaksanakan oleh perawat
pencerminan keadaan kesehatan klien

2.5 Persyaratan Diagnosa Keperawatan
Persyaratan diagnosa keperawatan, meliputi:
1.    Perumusan harus jelas dan singkat berdasarkan respon klien terhadap Situasi atau keadaan kesehatan yang sedang dihadapi.
2.    Spesifik dan akurat.
3.    Merupakan pernyataan dari: P (Problem) + E (Etiologi) + S (Sign/Simptom)
atau P (Problem) + E (Etiologi).
4.    Memberikan arahan pada rencana asuhan keperawatan.
5.    Dapat dilaksanakan intervensi keperawatan oleh perawat.

2.6 Diagnosis Keperawatan NANDA-I 2012-2014
vDomain I : Promosi Kesehatan
Kelas 1: Kesadaran Kesehatan                     
Kelas 2: Manajemen Kesehatan
vDomain II : Nutrisi
Kelas 1: Makan                                             
Kelas 2: Pencernaan
Kelas 3: Absorpsi
Kelas 4: Metabolisme                                    
Kelas 5: Hidrasi
vDomain III : Eliminasi dan Pertukaran
Kelas 1: Fungsi Urinarius                    
Kelas 2: Fungsi Gastrointestinal
Kelas 3: Fungsi Integumen
Kelas 4: Fungsi Pernapasan
vDomain IV : Aktivitas / Istirahat
Kelas 1: Tidur/Istirahat                        
Kelas 2: Aktivitas/Latihan                   
Kelas 3: Keseimbangan Energi
Kelas 4: Respons Kardiovaskuler/Pulmonal
Kelas 5: Perawatan Diri         
vDomain V :  Persepsi/Kognisi
Kelas 1: Perhatian                                
  Kelas 2: Orientasi
Kelas 3: Sensasi/Persepsi
Kelas 4; Kognisi                                  
Kelas 5: Komunikasi
vDomain VI : Persepsi Diri
Kelas 1: Konsep Diri                         
Kelas 2: Harga Diri
Kelas 3: Citra Tubuh
vDomain VII Hubungan Peran
Kelas 1: Peran Pemberi Asuhan        
Kelas 2: Hubungan Keluarga
Kelas 3: Performa Peran                      
vDomain VIII : Seksualitas
Kelas 1: Identitas Seksual
Kelas 2: Fungsi Seksual
   Kelas 3: Reproduksi
vDomain IX Koping/Toleransi Stres
Kelas 1: Respons Pascatrauma            
Kelas 2: Respons Koping
Kelas 3: Stres Neurobehavioral  
vDomain X : Prinsip Hidup
Kelas 1: Nilai                                    
Kelas 2: Keyakinan
Kelas 3: Keselarasan Nilai/Keyakinan/Tindakan
vDomain XI : Keamanan/Perlindungan
Kelas 1: Infeksi                                 
Kelas 2: Cedera Fisik                        
Kelas 3: Perilaku Kekerasan
Kelas 4: Bahaya Lingkungan
Kelas 5: Proises Pertahanan Tubuh   
Kelas 6: Termoregulasi
vDomain XII : Kenyamanan
Kelas 1: Kenyamanan Fisik                 
Kelas 2: Kenyamanan Lingkungan
Kelas 3: Kenyamanan Sosial
vDomain XIII :  Pertumbuhan/Perkembangan
Kelas 1: Pertumbuhan
Kelas 2: Perkembangan

2.7   Prioritas Diagnosa Keperawatan.
Menyusun prioritas sebuah diagnosa keperawatan hendaknya diurutkan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan utama klien, dengan kategori:
1)             Berdasarkan tingkat Kegawatan
a)        Keadaan yang mengancam kehidupan
b)        Keadaan yang tidak gawat dan tidak mengancam kehidupan.
c)        Persepsi tentang kesehatan dan keperawatan.
2)             Berdasarkan Kebutuhan maslow,yaitu Kebutuhan fisiologis,kebutuhan keamanan dan keselamatan,kebutuhan mencintai dan dicintai,kebutuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.









BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Diagnosis Keperawatan merupakan keputusan klinik tentang respon individu, keluarga dan masyarakat tentang masalah kesehatan aktual atau potensial, dimana berdasarkan pendidikan dan pengalamannya, perawat secara akontabilitas dapat mengidentifikasi dan memberikan intervensi secara pasti untuk menjaga, menurunkan, membatasi, mencegah dan merubah status kesehatan klien (Carpenito, 2000; Gordon, 1976 & NANDA).
            Diagnosis keperawatan ditetapkan berdasarkan analisis dan interpretasi data yang diperoleh dari pengkajian keperawatan klien. Diagnosis keperawatan memberikan gambaran tentang masalah atau status kesehatan klien yang nyata (aktual) dan kemungkinan akan terjadi, dimana pemecahannya dapat dilakukan dalam batas wewenang perawat.
3.2 Saran                                                                                   
            Penulis menyarankan agar petugas kesehatan dapat berkerja profesional dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang perawat yang idela dan bertanggung jawab. Sehingga pasien dapat merasakan kepuasan atas asuhan keperawatan yang diberikan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH DIAGNOSA KEPERAWATAN"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */