Makalah Pariwisata Di Riau

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Riau merupakan salah satu profesi yang ada di pulau Sumatra. Sejarah mencatat bahwa Riau merupakan salah satu daerah yang pernah mencapai kejayaan di masa lampau dengan adanya bukti sebagai daerah memiliki peradaban melayu.Pada zaman dahulu tercatat ada beberapa kerajaan yang berada di daerah riau diantaranya kerajaan Indragiri,Kerajaan palalawan,Kerajaan Siak Sri Indrapura,Dan kerajaan riau lingga.
Bukti peninggalan sejarah melayu di Riau sampai sekarang masih bias kita lihat,peninggalan-peninggalan itu di jadikan asset bagi riau dalam mengembangkan budaya melayu riau.Peninggalan-peninggalan itu di jadikan objek wisata yang bias di lihat oleh masyarakat yang ingin mengenal budaya melayu baik itu masyarakay Riau sendiri atau pun masyarakat lainya.
Banyak terdapat objek pariwisata yang ada di riau wisata alam,wisata budaya,wasata sejarah.Kita sebagai masyarakat riau harus menjaga wisata yang ada di riau dan bias mengolahnya agar bias menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat di sekitar objek wisata itu.

1.2 Rumusan masalah
Dari latar belakang di atas adapun rumusan masalah yang akan di bahas adalah :
1.     Apakah kebudayaan melayu itu
2.     Apa visi riau 2020
3.     Objek wisata alam  yang terdapat di riau
4.     Objek wisata sejarah yang terdapat di riau
5.     Objek wisata budaya yang terdapat di riau

1.3 Tujuan dan manfaat makalah

Adapun tujuan pembahasan dari makalah ini adalah :
1.     Memenuhi tugas yang di berikan dosen pengantar ilmu pariwisata ibu Ir. Eni Sumiarsih.M.SC
2.     Menambah pengetahuan kita tentang riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu.
3.     Memajukan lagi objek wisata yang ada di riau
4.     Memperkenalkan ragam objek wisata di riau
5.     Untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke objek wisata di riau
6.     Mengembangkan pariwisata Riau

Adapun manfaat dari pembuatan makalah tentang objek wisata yang ada di riau :
1.     Lebih mengenal riau sebagai pusat kebudayaan melayu
2.     Menambah wawasan tentang objek wisata riau
3.     Manambah wawasan tentang kebudayaan melayu

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Riau dan budaya melayu
Kebudayaan melayu merupakan cirri khas dari daerah melayu yang di hasilkan dalam kehidupan orang-orang melayu.Salah satu daerah yang di tempati orang-orang melayu adalah provinsi Riau.Namun memasuki abad ke 21 ini daerah riau sudah terbagi menjadi 2 provinsi riau daratan yang ibu kotanya adalah Pekanbaru dam kepulauaan riau yang ibu kotanya adalah Tanjung pinang.Walau sudah terpecah menjadi 2 provinsi namun pada hakikatnya tetaplah menjadi provinsi riau yang kaya akan budaya melayu serta peninggalan-peninggalan sejarah melayu.
Sebagai provinsi yang mayoritasnya penduduknya adalah orang melayu,riau menjadi pusat pariwisata yang unik bagi orang-orang yang ingin mengenal kebudayaan melayu dan orang-orang melayu,maupun kondisi alam serta adat istiadat orang melayu yang unik dan mengagumkan.

2.2 Visi Riau di tahun 2020
Riau memiliki visi di tahun 2020 untuk menjadi pusat kebudayaan melayu di mana bunyi dari visi tersebut adalah “ terwujudnya provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis,sejahtera lahir dan batin di asia tenggara tanhun 2020 “.

Dengan mengembangkan pariwisata budaya melayu yang ada di daerah Riau inidi harapkan dapat memajukan perekonomian masyarakat sekitar daerah riau yang menjadi pusat pariwisata di mana akan di kembangkan dari sector wisata sejarah,budaya,serta dukungan keadaan alam dari segi perekonomian bisa riau semembuka usaha yang berhubungan dengan wisata seperti membuka usaha kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas daerah tersebu,menjadi pemandu wisata,membuka usaha kuliner,atau apa pun yang tujuanya untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.
Riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu
Letek provinsi riaunyang berdekatan dengan Malaysia dan singapura yang terkenal sebagai kawasan serumpun ini membuat riau dapat di jadikan sebagai gerbang emas untuk pariwisata budaya melayu.
Objek wisata di Riau
Adapun objek wisata yang dapat di kunjungi di riau adalah :
2.3    Wisata alam
Meskipun di riau tidak terdapat pegunungan seperti halnya di provinsi-provinsi lainya tidak membuat riau miskin akan wisata alam.
Adapun beberapa objek wisata alam yang terletak di beberapa kabupaten di Riau di antaranya :
1.    Air terjun guruh gemurai
objek wisata ini terletak di kabupaten kuantan singing tepatnya di kecamatan kuantan mudik (lubuk jambi) tepatnya di desa kasang yang jaraknya sekita 25 kilometer dari Teluk kuantan.
Air terjun guruh gemurai sendiri memiliki arti yang menurut penduduk setempat adalah air terjun yang memiliki suara gemuruh akibat percukan airnya.
Dari pintu masuk tersebut para pengunjung harus melewati hutan gundul yang telah di Tanami pohon karet dengan berjalan kaki ke sana sejauh  2 km untuk sampai ke lokasi air terjun.
Untuk biaya tiket masukke objek wisata ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp.2000 untuk anak-anak dan Rp.3000 untuk orang dewasa.

2.   Taman pemancingan alam mayang
Objek wisata ini terletak di kecamatan tenayan raya kota pekanbaru,di objek wisata ini para pengunjung dapat memancing dan menikmati suasana sejuk karna di tempat ini terdapat pepohonan yang rindang.
Taman pemancingan yang luasnya mencapai 18.560 meter dan terbagi atas 3 kolam ini di kelilingi oleh pohon yang rindang sehingga pengunjung betah untuk bersantai di sini.Hanya dengan membayar Rp.20.000 pengunjung dapat memancing ikan yang ada di kolam adapun ikan yang terdapat di kolam seperti ikan gurami,ikan nila,ikan sepat siam dan lainya.
Di tempat ini juga terdapat lokasi outbond yang di buka pada pikul 08.00sampai 18.00 dan pengunjung di pungut biaya sebesar Rp.15.000
Kawasan pemancingan alam mayang juga di lengkapi dengan fasilitas di antaranya kantin,mushola,took-toko yang menyediakan alat9alat memancing,hiburan music,dll.

3.   Taman nasional bukit tiga puluh
Objek wisata ini terdapat di pematang rebah kabupaten indra giri hulu.
Taman nasional bukit tiga puluh dengan luas sekita 508.000 hektar dataran rendah dan hutan perbukitan.
Uniknya di pedalaman ini kita dapat menjumpai suku talang mamak yang hidup di pedalaman.

4.   Wisata pantai
Kita dapat menikmati suasana pantai di provinsi riau dan kepulauan riau,ada pun beberapa pantai yang terdapat di provinsi riau adalah pantai rupat,pantai pasir panjang,pantai selat baru,pantai bintan,pantai sebong pantai nongsa,pantai trikora,pantai lagoi.

·        Pantai rupat
Pantai rupat merupakan salah satu pantai indah di provinsi riau yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di bali.pantai rupat mempunyai panjang sekitar 11 kilometer dengan lebar 30 meter .
Panatai rupat memiliki keistimewaan yakni pasirnya yang putih,ombaknya yang tidak terlalu besar,banyak terdapat umang-umang,para wisatawan juga dapat melihat perbukitan Malaysia,rumah-rumah nelayan dan lainya.
Pantai ini berlokasi terletak di pinggir selat malaka di pilau rupat kabupaten bengkalis,provisi riau.Untuk akses menuju pulau ini wisatawan hendaknya menggunakan jalur transportasi laut dari pelabuhan dumai.
·        Pantai lagoi
Pantai lagoi terletak di kecamatan bintan utara kabupaten bintan kepulauan riau.
Akses untuk menuju ke pantai ini dapat memulai perjalanan dari tanjung pinang dengan menggunakan mobil dengan waktu yang di butuhkan sekitar 1,5 jam dari tanjung pinang.
Ketika menginjakan kami di pantai ini anda akan di suguhi pemandangan alami dengan iringan suara ombakyangdapat menentramkan hati.
Fasilitas yang terdapat di pantai lagoi adalah resort dengan fasilitas lapangan golf,kolam renang dan spa.


2.4  Wisata sejarah
Adapun beberapa objek wisata sejarah yang ada di riau dan kepulauan riau,diantaranya :

1.     Candi muara takus
Terletak di desa muara takus,kecamatan XIII kota Kampar.Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi tua,candi bungsu,candi mahligai stupa,serta palangka.
Bahan bangunan candi terdiri dari batu pasir,batu sungai,dan batu bata,candi muara takus satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di riau.
Candi yang bersifat budhistis ini merupakan bukti pernah adanya agama budha yang berkembang di kawasan ini.

2.     Istana siak
Kerajaan siak adalah sebuah kerajaan melayu islam yang terbesar di riau.Kini sebagai bukti sejarah atas kebesaran kerajaan melayu islam tersebut dapat di lihat peninggalan kerajaan tersebut berupa kompleks istana kerajaan siak yang di bangun oleh Sultan Assyaidid Syarif Hasim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 dengan nama Assirayatu Hasyima lengkap dengan peralatan kerajaan.
            Sekarang istana kerajaan Siak Sri Indra Pura di jadikan tempat penyimpanan benda-benda koleksi kerajaan antara lain : kursi singgasana kerajaan yang berbalut emas,duplikat mahkota kerajaan,brankas kerajaan,paying kerajaan,tombak kerajaan,komet sebagai barang langka dan menurut cerita hanya ada 2 di dunia,serta barang-barang lainya.

3.     Mesjid raya pekanbaru
Mesjid raya dan makam marhum bukit serta makam mahrum pekan,Mesjid raya pekanbaru terletak di kecamatan senapelan memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan masjid tertua di pekanbaru,masjid ini di bangun pada abad ke 18 dan sebagai bukti kerajaan siakpernah berdiri di kota ini pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai sultan ke empat dan ke lima dari kerajaan siak sri indra pura.
            Di areal mesjid terdapat sumur yang mempunyai nilai magis untuk membayar zakat atau nazar yang sudah di hajatkan sebelumnya.

4.     Mesjid raya sultan riau atau mesjid penyengat
Mesjid ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang sangat termasyur yang terletak di kepulauan riau.
Bangunan masjid ini berwarna kuning yang terlihat sangat indah dan kono ceritanya terbuat dari putih telur.

5.     Kelenteng hoo an kiong (vihara sejahtera sakti/tua pek kong bio)
Kelenteng ini adalah kelenteng tertua yang ada di selat panjang dan juga merupakan kelenteng tertua di provinisi riau.
            Kelenteng ini di dirikan pada masa kolonial belanda dan sampai sekarang belum  tau kapan berdirinya kelenteng ini.Sejarawan memprediksi kelenteng ini berumur lebih dari 150 tahun setelah terlihat dari relief arsitektur bangunanya.

6.     Benteng tujuh lapis
Benteng tujuh lapir terletak di daerah dalu-dalu kecamatan tambusai kabupaten rokan hulu.Benteng tujuh lapis ini di buat oleh masyarakat dalu-dalu pada masa perang paderi atas petuah tuanku tambusai dan di tinggalkan pada 28 desember 1839.

2.5   Wisata budaya
1.     Upacara bakar tongkang
Upacara ini menjadi unggulan provinsi riau yang berasal dari kabupaten Rokan Hilir,upacara bakar tongkang merupakan salah satu kekayaan budaya dari provinsi riau yang telah internasional.
            Wisata bakar tongka merupakan sebuah kisah pelayaran dari masyarakat keturunan tionghoa yang melarikan diri dari si penguasa siam di saratan indo china pada abad ke-19.

2.     Pacu jalur di Teluk kuantan
Pacu jalur adalah salah satu iven kebanggan provinsi riau,khususnya kabupaten kuantan singing.Ada yang mengatakan pacu jalur sama dengan even wisata dayung perahu naga,itu salah besar.
            Pacu jalur dengan dayung perahu naga hanya lah mirip karna pacu jalur mempunyai keunikan sendiri di mulai dari mencari pohon besar untuk perahu,pembuatanya sampai ke gelanggang pacu memiliki ritualmya masing-masing,hal ini lah yang menjadi daya tarik dari pacu jalur dan even pacu jalur memiliki daya tarik yang mendunia.
Setiap even pacu jalur di adakan selalu ada peserta dari luar negri yang turut serta.

3.     Perayaan imlek di kepulauan meranti
Hamper setiap tahun perayaan imlek di kota ini di rayakan sangat meriah bahkan juga termasuk peraaan imlek yang paling meriah di kawasan provinsi Riau.Apalagi pemerintah daerah kabupaten meranti juga sudah menjadikan iven perayaan imlek sebagai salah satu asset wisata tahunan yang masuk ked alam kalender wisata Riau.
Puluhan ribu orang baik dari selat panjang maupun luar selatpanjang seperti Malaysia,hongkong,china,Taiwan,Australia akan membanjiri kota selat panjang untuk turut serta memeriahkan perayaan imlek.
Perayaan imlek bagi sejumlah warga tionghoa selatpanjang yang berasal dari luar maupun dalam daerah maupun negri,di jadikan ajang tradisi pulang kampung.Hal ini sudah berlangsung lama bahkan mereka anggap sebagai momen penting untuk mudik ke selatpanjang tanah kelahiran mereka.
            Walaupun puncak perayaan acara perayaan tahun tahun baru imlek di selat panjang berlangsung pada hari ke-6 bulan pertama tahun baru imlek yang biasanya di sebut Cuelak  tetapi kemeriahannya sudah terasa di hari H-7 yaitu seminggu sebelum perayaan imlek.

Demikialah beberapa objek wisata yang ada di riau dan kepulauan riau yang dapat menjadikan riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu.
Riau yang menjadi pusat kamaharajaan melayu dan kebudayaanya terus berkembang kini memasuku abad 21 dimana ere globalisasi tengah terjadi oleh karena itu kita sebagai orang melayu hendaknya dapat menjadikan riau sebagai pusat pariwisata kebudayaan melayu dan daerah tujuan wisata yang terkenal.
Dan masih banyak lagi objek wisata yang belum terpaparkan di atas oleh karna itu maru wujudkan visi riau 2020 dan menjadikan riau sebagai pusat pariwisata budaya melayu di asia.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Budaya melayu merupakan cirri khas dari daerah melayuyang di hasilkan dari dalam kehidupan orang melayu.
Sebagai provinsi yang mayoritas penduduknya dalah orang melayu,Riau menjadi pusat pariwisata yang unik bagi orang-orang yang ingin mengenal budaya dan kehidupan orang-orang melayu.Banyak sekali pusat pariwisata di riau ini baik itu peninggalan sejarang,perpustakaan melayu,maupun kondisi alam serta adat istiadat orang melayu yang unik dan mengagumkan.Serta sangat banyak objek wisata yang terdapat di riau mulai dari objek wisata alam,sejarah,budaya dan lainya.

3.2 Saran
            Kita sebagai orang melayu yang ada di daerah riau ini hendaknya dapat memajukan pariwisata budaya melayu kita agar di kenal orang banyak.
Dengan banyaknya wisatawan yang dating ke objek wisata yg ada do riau dapat membantu perekonomian masyarakatan tempat itu,maka dari itu kita harus menjaga,memelihara,mengembangkan,memajukan,melestarikan,objek wisata riau dan kebudayaan melayu.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/riau di akses 4 april 2012

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pariwisata Di Riau"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */