MAKALAH TERAPI KOGNITIF

Terapi kognitif adalah sistem yang dikembangkan oleh Aaron Beck, menekankan pentingnya sistem kepercayaan dan pemikiran dalam menentukan perilaku dan perasaan. Terapi kognitif berfokus pada pemahaman penyimpangan kepercayaan dan menggunakan teknik untuk merubah pemikiran mal-adaptif juga mendampingi afektif dan metode behavior. Dalam proses terapi, perhatian adalah perhatian yang ditujukan pada pemikiran bahwa individu mungkin tidak mengetahui dan untuk mementingkan sistem kepercayaan.
SEJARAH TERAPI KOGNITIF 
Mekipun beberapa teori psikoterapi menekankan aspek kognitif dari pengobatan, terapi kognitif diasosiasikan dengan karya Aaron Beck. Ia lahir pada tahun 1921, menerima gelar sarjana dari Brown University dan gelar dokter tentang obat dari Universitas Yale pada tahun 1946.
 Beck menerapkan konsep-konsep dari pemikiran otomatis, keyakinan yangmenyimpang, dan skema kogniti dari  gangguan lain. sebagai contoh, ia menjelaskan gangguan kecemasan sebagai dominasi ancaman kegagalan atau tertinggal. Dari observasi pasien dan sesi transkip, Beck mengidentifikasikan skema kognitif yang umum untuk orang yang berbeda-beda tipe gangguan emosinya dan mengembangkan strategi untuk menyembuhkannya.
Teori Yang Mempengaruhi
Meskipun banyak teori psikoterapi kognitif Beck yang didasarkan pada pengamatan dari pekerjaan klinis, Ia dan rekan-rekannya juga telah dipengaruhi oleh teori-teori lain dari psikoterapi, psikologi kognitif dan ilmu pengetahuan kognitif. Karena pelatihannya sebagai psikoanalis, Beck membuat beberapa konsep dari psikoanalisis dalampekrjaannya. Selain itu ada kesamaan antara terapi kognitif dan dan karya Albert Ellis dan Alfred Adler, terutama mereka menekankan pada pentingnya kepercayaan. Juga, teori kepribadian George Kelly dan karya Jean Piagetpada perkembangan kognisi mempunyai peran dalam memahami kognisi dalam kepribadian. Upaya untuk mengembangkan model komputer dari pemkiran intelektual, suatu aspek dari ilmu pengetahuan kognitif, juga berkonstribusi untuk melanjutkan perkembangan psikoterapi kognitif.
Pengaruh Saat Ini
  Penelitian dalam psikologi kognitif dan bidang terkait adalah penting dalam memajukan teknik baru dalam terapi kognitif. Seperti terliaat kemudian, hasil penelitian adalah bagian penting dari perkembangan metode baru danpengujian efektivitas terapi kognitif. Penelitian ini dipublikasikan secara luas di jurnal terapi kognitif seperti terapi Perilaku Kognitif, Terapi Kognitif dan Penelitian, Jurnal Psikoterapi Kognitif, dan Praktek Kognitif dan Perilaku.
TEORI KOGNITIF DARI KEPRIBADIAN 
Terapis kognitif sangat prihatin dengan dampak pada pemikiran kepriadian individu. Meskipun proses kognitif tidak dianggap penyebab gangguan psikologis, mereka merupakan komponen yang signifikan. Secara khusus, pemikiran otomatis yang mungkin orang tidak sadar bisa signifikan dalam perkembangan kepribadian.  Pemikiran seperti itu merupakan aspek keyakinan individu atau skema kognitif, yang penting dalam memahami bagaimana individu membuat pilihan dan menarik kesimpulan dalam kehidupan mereka. Yang menarik dalam memahami gangguan psikologis adalah gangguan kognitif, ketidakakuratan cara berpikir yang berkonstribusi terhadap ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan dalam kehidupan individu.
Penyebab dan Gangguan Psikologis
Pada saat tertekan, ketika individu melihat situasi sebagai ancaman, pikiran mereka mungkin terganggu. Ini bukan pemikiran yang tidak akurat yang menyebabkan gangguan psikologis lebih tepatnya, itu adalah kombinasi dari faktor biologis, perkembangan, dan lingkungan (Beck & Weishaar, 1989). Terlepas dari penyebab gangguan psikologis, pikiran-pikiran otomatis cenderung menjadi bagian penting dari proses tersebut.
Pemikiran Otomatis
Seperti disebutkan sebelumnya, pemikiran otomatis adalah konsep kunci dalam psikoterapi kognitif-nya Beck. Pemikiran seperti itu terjadi secara spontan, tanpa usaha atau pilihan. Pada gangguan psikologis, pemikiran-pemikiran otomais sering terdistorsi, ekstim, atau tidak akurat
Model Kogntif dari Skema Perkembangan
Skema maladaptif awal adalanh salah satu yang menganggap individu benar tentang diri dan dunia mereka. Skema ini resisten berubah dan menyebabkan kesulitan dalam kehidupan individu. Biasanya skema diaktifkan oleh perubahan dunia seseorang, seperti kehilangan pekerjaan.
Dalam mempelajari skema maladaptif awal, Young (1999) telah menginndentifikasikan 18 yang telah diklasifikasikan kedalam lima domain berikut: pemutusan dan penolakan, otonnomi gangguan dari kinerja, batas gangguan, ketidaklangsungan lainnya, dan kewaspadaan dan hambatan berlebihan.
pengalaman anak usia dini – perkembangan dari skema, keyakinan dasar dan kondisi keyakinan – kejadian kritis (aktivasi dari skema, keyakinan dasar dan kondisi keyakinan
pemikiran otomatis : Emosi, Perilaku dan Respon Psikologis
Skema Kognitif  dalam Terapi
Ada dua tipe dasar skema kognitif: positif (adaptif) dan negatif (maladaptif). Apa yang bisa menjadi skema adaptif dalam satu situasu mungkin maladaptif ditempat lain.
Dalam penjelasan skema lebih lanjut, Clark, Beck, dan Alford (1999) mendaftarkan lima jenis dari skema: (1) Kognitif-Konseptual; menyediakan cara untuk menyimpan, menafsirkan, dan membuat arti dari dunia kita. (2) Afektif; mencakup baik perasaan positif dan negatif. (3) Fisiologis; mencakup persepsi fungsi fisik, seperti reaksi panik yang dapat membuat sesak nafas. (4) Perilaku; tindakan yang diambil, seperti melarikan diri ketika takut. (5) Motivasi; berkaitan dengan skema perilaku yang sering mereka lakukan, contohnya keinginan untuk menhindari rasa sakit, untuk makan dan untuk bermain. Skema-skema ini dapat adaptif atau maladaptif.
Distorsi Kognitif
Freeman (1987) dan DeRubeis, Tang, dan Beck (2001) membahas berbagai umum gangguan kognitif yang dapat ditemukan pada gangguan psikologis yang berbeda. Sembilan diantaranya yaitu: semua-atau-tidak sama sekali berpikir, abstraksi selektif, membaca pikiran, prediksi negatif, sebagai bencana, generalisasi berlebihan, pelabelan dan bukan pelabelan, maksimalisasi atau minimalisasi dan personalisasi.
TECHNIQUES
Terapi kognitif menekankan pendekatan kehati-hatian untuk mendetail dan memerankan proses berpikir dalam perubahan perilaku dan afektif. Dalam menetapkan tujuan, ahli terapi kognitif hadir untuk memberi kesalahan yang mengganggu individu mencapai tujuannya. Hal ini tercermin dalam metode penilaian yang memerlukan individu untuk memantau, menempuh, dan menunjukan dalam berbagai cara kognisi, perasaan, dan perilaku. Karakteristik dari terapi kognitif adalah bahwa terapis dan klien berkerja sama untuk mencapai tujuan pasien dengan menggunakan format yang memungkinkan untuk memberi umpan balik dan mendiskusikan tentang kemajuan klien. Meskipun teknik terapi digunakan untuk membawa perubahan termasuk kognitif, elemen afektif dan perilaku, pendekatan kognitif untuk merubah pemikiran otomatis dan skema kognitif ditekankan disini.
Assesmen Pada Terapi Kognitif
Perhatian yang diberikan pada assesmen masalah dan kognisi klien, keduanya diberikan di awal terapi dan pada seluruh prosesnya, sehingga terapis lebih jelas mengkonsep dan mendiagnosa permasalahan klien. Karena proses asesmen, tidak hanya fokus pada pemikiran klien yang spesifik, perasaan dan perilaku, tapi juga keefektifan teknik terapi karena mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku mereka. Strategi khusus untuk assesmen telah banyak dirancang untuk gangguan psikologis yang berbeda, seperti kecemasan dan depresi (JS Beck, 1995, 2005; Whisman 2008; Wills, 2009), yaitu:
Wawancara. Dalam evaluasi awal, terapis kognitif mungkin ingin mendapatkan gambaran umum dari berbagai topik sementara pada saat yang sama juga menciptakan hubungan kerja yang baik dengan klien. Topik yang dibahas mirip dengan penilaian yang dilakukan oleh terapis lainnya dan mencakup pada masalah yang diajukan, sejarah perkembangan (termasuk keluarga, sekolah, karir, dan hubungan sosial), traumatis pada pengalaman masa lalu, riwayat medis dan psikiatris, dan tujuan klien. Terapis mungkin menggunakan wawancara terstruktur yang telah dikembangkan sebelumnya (Beck et al. (1990) menekankan pentingnya mendapatkan rincian laporan peristiwa.

COGNITIVE CONCEPTUALIZATION DIAGRAM
Pemantauan Diri. Metode lain yang digunakan untuk assesmen adalah pengalaman klien, emosi, dan perilaku diluar kantor terapis adalah pemantauan diri. Pada dasarnya, klien menyimpan catatan peristiwa, perasaan dan/atau pikiran. Hal ini dapat dilakukan dalam buku harian, dalam sebuah rekaman atau dengan mengisi daftar pertanyaan.
Pengambilan sampel berpikir. Metode lain untuk mendapatkan informasi mengenai sampel berpikir (Blankstein & Segal, 2001). Memiliki nada suara interval yang diacak dirumah dan kemudian merekam pikiran mereka dalam sebuah tape rekorder atau notebook. Pengambilan sampel pikiran dapat berguna dalam mendapatkan data yang berhubungan dengan situasi yang spesifik, seperti bekerja dan sekolah. Namun, pengambilan sampel berpikir dapat mengganggu aktifitas klien dan dapat menjadi hal yang menjengkelkan. Juga, tidak relevan dengan pencatatan masalah klien.
Skala dan kuesioner. Selain teknik ini, sebelumnya dikembangkan laporan kuesioner atau skala assesmen yang dapat digunakan sebagai penilaian irasional kepercayaan diri, pernyataan diri atau distorsi kognitif (Whisman, 2008).

TERAPHEUTIC PROCESS
Proses assesmen terus berkembang. Sebagai data baru yang terkumpul, terapis dan klien dapat mengembangkan hal baru. Dalam beberapa hal, proses terapi dapat dilihat sebagai gabungan eksplorasi ilmiah dimana keduanya terapis dan klien tes asumsi yang baru. Pada proses ini terapis menggunakan keterampilan pendengaran yang fokus pada perasaan klien, agak mirip dengan pendekatan Carl Rogers, untuk lebih memahami masalah klien dan mengembangkan hubungan.
Sebagai kelangsungan terapi, pendekatan penemuan yang dibimbing digunakan untuk menolong klien belajar tentang pikiran mereka yang tidak akurat. Aspek lain dari proses terapi adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pikiran otomatis dan penugasan pekerjaan rumah, yang telah dilakukan seluruh terapi. Sebagai klien yang mencapai tujuan mereka, pemutusan direncanakan, dan klien bekerja pada bagaimana mereka menggunakan apa yang harus mereka pelajari ketika terapi telah berhenti. Sebagai kelangsungan terapi, klien berpindah dari pengembangan wawasan kedalam keyakinan mereka untuk bergerak menuju perubahan. Terutama  dengan masalah yang sulit dan kompleks, wawasan pada pengembangan skema kognitif negatif merupakan hal penting. Semua aspek terapeutik dijelaskan secara lengkap disini.
Penemuan yang dipandu. Kadang–kadang disebut Socratic dialog, penemuan yang dipandu membantu klien mengubah kepercayaan dan asumsi maladaptif. Terapis memandu klien dalam menemukan cara baru untuk berpikir dan berperilaku yang menggunakan informasi yang ada untuk menantang keyakinan.
klien 1: Aku merasa takut ketika saya melaporkan pekerjaan baruku pada hari Senin, orang akan berpikir saya tidak bisa melakukan pekerjaan itu.
terapis: Apakah pendapat saya tentang asumsi yang Anda buat?
klien: Seperti saya membaca pikiran. Seperti saya tahu hal-hal yang akan terjadi.
terapis: Dan apakah asumsi yang Anda buat?
klien: Yang saya tahu adalah keluarga baru saya akan memikirkan saya.
Teknik tiga pertanyaan. Suatu bentuk khusus dari metode Sokrates, tiga pertanyaan yang terdiri dari serangkaian tiga pertanyaan yang dirancang untuk membantu klien merevisi pemikiran negatif. Setiap pertanyaan menyajikan cara bertanya lebih lanjut dan membawa keyakinan tentang berpikir lebih objektif.
1.Apakah bukti kepercayaan?
2.Bagaimana Anda menginterpretasikan kepercayaan?
3.Jika ini benar, apakah implikasinya?
Sebuah contoh singkat dari teknik ini menunjukkan bagaimana perluasan dari metode Socratesdan bagaimana dapat membantu individu dalam mengubah kepercayaan mereka. Liese (1993) memberikan contoh teknik tiga pertanyaan yang digunakan pasien yang mengidap AIDS.
Dr: Jim, Anda bilang pada saya di bebeerapa menit yang lalu bahwa beberapa orang akan mencemooh Anda ketika mereka belajar mengenai penyakit Anda (refleksi). Apakah Anda memiliki bukti mengenai hal ini?
Jim: Saya tidak memiliki bukti, saya hanya merasakan seperti itu.
Dr: Anda “hanya merasakan hal itu” (refleksion) bagaimana lagi Anda bisa melihat situasinya?
Jim: Saya rasa teman sejati saya tidak akan meninggalkan Anda.
Dr: Jika beberapa orang melakukannya pada faktanya, meninggalkan Anda, apa yang menjadi implikasinya?
Jim: Saya rasa itu akan dipertahankan, selama teman sejati saya tidak meninggalkan saya (Lise, 1993, p. 83)
Menentukan pikiran yang otomatis. Kepentingan intervensi awal adalah untuk meminta klien untuk mendiskusikan dan merekam pikiran negatif. Menentukan pengalaman menggunakan pemikiran disfungsional record (Gambar 10.3) dan membawa mereka ke sesi berikutnya dapat membantu untuk bekerja disesi yang berikutnya. Contoh otomatis pikiran dan membantu pasien memahami pikiran mereka ada disini.
Selama sesi pertama, saya bertanya pada klien Anda seberapa sering ia berpikir bahwa dia harus berpikiran negatif. Jawabannya adalah bahwa dia merasakannya pada waktunya, tetapi jarang. Mengingat dari Beck Depression 38 teori, pemikiran saya adalah bahwa ia harus lebih lagi dari sebelumnya. Dia memperkirakan lebih dari 2-3 hari. Sebagai pekerjaan rumah tugas saya memintanya untuk merekam pikiran sebanyak mungkin. Saya perkirakan bahwa ia memiliki pikiran negatif selama beberapa hari dan pada akhir minggu ia akan memiliki 50 catatan pengakaman. Dengan cepat ia menjawab “saya tidak akan pernah bisa melakukannya, akan terlalu sulit bagi saya. Saya akan gagal” saya menanggapi, untuk menunjukkannya dia sudah punya tiga dari 47 yang dibutuhkan (Freeman et al. 1990, hal. 12-13)
Treatment Kognitif Pada Gangguan Psikologis
Para terapis kognitif mungkin telah mengembangkan penjelasanyang lebih spesifik tentang treatment untuk gangguan psikologis daripada pendekatan terapeutik lainnya. Karena jenis distorsi kognitif yang dialami pasien dapat bervariasi dalam setiap gangguan, dan karena terdapat banyak teknik kognititf, contoh-contoh yang diberikan disini tidak dimaksudkan untuk mewakili sebuah aplikasi universal terapi kognitif untuk masing-masing empat gangguan ini, yaitu:
Depresi: Paul
Beck (1967) aplikasi awal terapi kognitif adalah depresi. Clark, Beck dan Alford (1999) telah menjelaskan secara menyeluruh alasan terapi kognitif digunakan sebagai treatment untuk depresi dalam dasar-dasar teori kognitif ilmiah dan terapi depresi. Lima aplikasi praktis untuk pengobatan depresi memanfaatkan pendekatan Beck secara menyeluruh: Komponen esensial dari terapi kognitif-perilaku untuk depresi (Persons, Davidson, & amp; Tompkins, 2001), Terapi kognitif bagi gangguan Bipolar (Lam, Jones, Hayward, & amp; Bright, 1999), Pencegahan kecemasan dan depresi (Dozois & amp; Dobson, 2004), Mengadaptasi terapi kognitif bagi depresi (Whisman, 2008), dan terapi kognitif bagi pasien bunuh diri: aplikasi ilmiah dan klinis (Wenzel, Brown, & amp; Beck, 2009).
Banyak konseptual depresi termasuk triad kognitif, yang menyediakan sebuah kerangka untuk aplikasi kognitif dan strategi lain. Istilah triad kognitif mengacu pada pandangan negatif yang dimiliki orang yang tertekan tentang diri mereka sendiri, dunia mereka, dan masa depan mereka. Dari segi persepsi, orang yang tertekan melihat diri mereka itu tidak berharga, kesepian, dan tidak memadai. Dengan cara yang sama, mereka melihat dunia sebagai salah satu yang membuat tuntutan yang sulit dan menyajikan rintangan yang mencegah mereka memenuhi tujuan mereka. Ketika mereka melihat masa depan, orang yang tertekan memiliki pandangan suram; masalah-masalah mereka hanya bisa memperburuk, dan mereka tidak akan berhasil. Dengan persepsi seperti itu, orang yang tertekan cenderung menjadi ragu-ragu, putus asa, lelah dan apatis. Distorsi kognitif mereka mungkin termasuk orang-orang yang dibahas sebelumnya: berpikir all-or-nothing, catastrophizing, overgeneralization, abstraksi selektif, membaca pikiran, prediksi negatif, personalisasi, pelabelan dan mislabeling, dan pembesaran atau cara minimasi.
Dalam bagian ini, saya menjelaskan strategi perawatan yang disarankan oleh Liese dan Larson (1995) dalam pendekatan secara rinci mereka untuk pengobatan depresi dengan Paulus. Dalam pendekatan mereka, mereka mendirikan hubungan terapeutik kolaboratif yang mengarah ke konseptualisasi masalah Paul, yang mencakup penilaian dasar keyakinan dan skema kognitif. Mereka kemudian mendidik Paul dengan menyajikan informasi penting yang relevan dengan keyakinan dasar. Selain itu, mereka menerapkan metode Sokrates, teknik tiga-pertanyaan dan catatan harian untuk membantu Paul membuat perubahan dalam pikiran dan perilaku.
Konseptualisasi masalah Paul termasuk diagnosis psikiater, penentuan masalah saat ini, sejarah perkembangan masa kanak-kanak, dan profil dasar keyakinan dan pikiran otomatis. Paul adalah seorang pengacara berusia 38 tahun yang baru-baru ini mengetahui bahwa ia terkena AIDS. Dia sedih, mengalami kesulitan tidur dan berkonsentrasi dan merasa sangat cemas. Menurut Liese dan Larson (1995), dia sedang mengalami sebuah episode depresi besar keparahan moderat. Sebagai anak tunggal, Paul diperkirakan akan berkinerja baik di sekolah dan melakukannya. Sebagai akibat dari hubungan dengan orang tua dan sekolah, Paul berkembang di dua keyakinan yang signifikan tentang dirinya: “Saya dicintai hanya ketika aku mempersilahkan orang lain” dan “Saya cukup hanya ketika orang lain mencintai saya”
Paul mencari seks , cinta , dan persetujuan melalui hubungan seksual dengan pria lain . Perilaku ini tercermin dalam upaya untuk menghindari rasa kesepian . Ketika ia memasuki terapi , perilakunya itu tercermin dalam keyakinan dasar tertentu .
“Sekarang, saya benar-benar dicintai dan cacat”
“saya kecewa kepada semua masalah yang saya punya”
“Saya pantas terkena AIDS karna prilaku saya”
Terapis menjelaskan diagnosisnya bersama Paul. Sensitif terhadap kesedihan dan rasa takut Paul, terapis harus empati dengan apa yang dirasakan Paul. Namun, Paul terkejut menemukan tingginya struktur dalam terapi kognitif. Selama sesi kedua Paul berkomentar bahwa struktur membuat terapi tampak seperti “semacam bukan kepribadiannya”.  Dengan banyak dorongan dari terapis, Paul mampu mengakui ke terapis: “tampaknya anda lebih konsen pada pemecahan masalah daripada melihat saya sebagai seorang manusia”.  Mereka membahas keyakinan ini, dan Paul belajar dari terapis nya bahwa keyakinan itu mencerminkan pikiran. Paul akhirnya menyadari bahwa kehangatan dan empati dari terapisnyamenunjukkan bahwa terapistnya benar-benar peduli tentang dirinya. Ia lalu belajar bahwa struktur terapeutik akan berkontribusi secara substansial mendefinisikan masalah dan menyelesaikan masalah mereka.
Untuk membantu Paul yag mengalami depresi, terapis menggunakan metode Sokrates (dipandu penemuan) . Dengan cara ini paul dapat menyadari bahwa dirinya tidak berakhir.
Dalam dialog ini, terapis telah memulai untuk membantu Paul merasa lega secara emosional hanya dengan membimbingnya untuk  berpikir tentang hubungan pentingnya dengan Curt dan teman-temannya. Metode Sokrates memfasilitasi kemampuan Paul untuk menemukan sendiri pikiran positifnya, sumber daya dan kekuatannya daripada saran dari terapisnya.
Untuk berurusan lebih dengan masalah perasaan bahwa hidupnya terbuang sia-sia, terapis menggunakan teknik tiga pertanyaan.
Dalam interaksi singkat tersebut, terapis Paul membantunya untuk menjadi lebih objektif tentang dirinya sendiri. Pada kenyataannya, ketika Paul menyadari bahwa hidupnya memiliki makna, ia mulai mengalami kelegaan secara emosi.
Terapis Paul  telah melengkapi setidaknya dua DTRs  ketika Paul pertama memulai terapi. Pada waktu itu Paul melaporkan perasaannya yang sangat tertekan. Oleh karena itu, “memasuki konseling” ditulis dalam kolom situasi dan “depresi” ditulis dalam kolom emosi. Paul mengungkapkan bahwa pikirannya tentang konseling adalah: “ini adalah keputusasaan. Saya tidak berguna”.  Ini ditulis dalam kolom pikiran otomatis. Terapis membantu Paul, dengan menggunakan metode Sokrates untuk mengidentifikasi respon rasional terhadap keyakinannya “ini adalah keputusasaan”. Dengan dorongan, Paul mengusulkan alternatif, lebih kepada pemikiran adaptif. “Faktanya, saya tidak bisa mengatakan bahwa tidak ada harapan”.  “Mungkin ada beberapa harapan untuk saya”.
Selain itu, terapis Paul menggunakan PR yang termasuk mengisi jadwal kegiatan mingguan. Melalui pendekatan ini terapi kognitif, Paul mampu mengurangi rasa tertekan dan menemukan makna yang lebih dalam hidupnya.
Gangguan Kecemasan Umum: Amy
 Dalam menerapkan triad kognitif pada kecemasan, Beck, Emery dan Greenberg (1985) membahas peran dari ancaman. Individu mungkin melihat dunia itu berbahaya, dimana bencana mungkin terjadi atau orang-orang mungkin menyakiti mereka. Ancaman ini dapat diterapkan untuk diri sendiri, dimana orang-orang takut untuk menyatakan diri mereka sendiri atau untuk mencoba mengatasi ancaman atau bahaya. Pandangan ini berlanjutan ke dalam pandangan mereka tentang masa depan, di mana mereka percaya bahwa mereka akan mampu menangani peristiwa yang mereka anggap berbahaya.  Orang yang cemas cenderung memahami peristiwa itu berisiko dan kemampuan minimal mereka.
 Freeman dan Simon (1989) mengidentifikasi skema kognitif signifikan kecemasan yang hypervigilance. Individu dengan skema ini biasanya memiliki sejarah menjadi waspada terhadap lingkungannya. Beberapa mungkin sangat sadar akan siapa yang sakit, cuaca, kondisi jalan, atau yang tampak pada wajah seseorang. Orang dengan kecemasan rendah dapat memahami faktor-faktor lingkungan tetapi tidak memiliki pikiran otomatis yang mengindikasikan bahwa situasi ini merupakan ancaman kepada mereka. Mereka memiliki penilaian yang akurat tentang risiko dan bahaya, tidak satu hypervigilant.
Gangguan Obsesif: Ahli Listrik
Sebagian besar individu dengan pikiran obsesif (mereka bahwa klien terus-menerus khawatir tentang sesuatu) cenderung untuk mencari kepastian dalam situasi yang lain biasanya dipercaya bahwa itu aman. Misalnya, orang sehat secara fisik yang obses mungkin khawatir berulang kali mendapatkan kanker, sedangkan individu-individu lain yang tidak terobsesi akan tidak perlu khawatir terus-menerus mengenai  risiko rendah tapi mengatasi masalah dengan melakukan pemeriksaan fisik sekali setiap tahun atau dua tahun.
Dalam menggambarkan pikiran otomatis yang khas individu dengan masalah obsesif-kompulsif, Beck, Freeman, dan Associates (2004) membuat daftar sejumlah pikiran khas otomatis.
1. Bagaimana jika saya lupa membawa sesuatu?
2. Saya  lebih baik mengerjakan ini lagi untuk memastikan bahwa hal ini sudah benar.
3.Sebaiknya saya menjaga lampu tua ini karena mungkin saja suatu saat saya membutuhkannya.
4. Saya harus mengerjakannya sendiri atau pekerjaan ini tidak akan terselesaikan dengan baik.
Mendasari pikiran otomatis ini adalah asumsi bahwa Beck et al. (2004) percaya bahwa individu yang memiliki pikiran obsesif membuat tentang diri mereka sendiri dan dunia mereka.
“Ini adalah perilaku, keputusan, dan emosi yang benar dan salah”
“Membuat kesalahan berarti  harus siap menerima kritikan dan hukuman”
“Saya harus sempurna dalam mengendalikan lingkungan saya seperti diri saya”, “hilangnya kontrol adalah hal yang tidak tertahankan”, dan “kehilangan kontrol itu berbahaya”.
“Jika sesuatu mungkin atau memang berbahaya, pasti akan ada yang kecewa dengan hal itu”
“Salah satu cukup kuat untuk memulai atau mencegah terjadinya bencana dengan ajaib ritual atau obsesif perenungan”
Banyak pikiran-pikiran yang masuk ke dalam pandangan serupa dari isu-isu yang relevan dengan obsesif-kompulsif yang dijelaskan oleh Taylor, kurios, Thordarson, Steketee, Frost (2002) dan Purdon (2007). Ini termasuk harga yg terlalu tinggi dari ancaman, ketidakpastian intoleransi, tanggung jawab, perfeksionisme, kontrol mental dan pentingnya pikiran.
Harga yang terlalu tinggi dari ancaman. Orang-orang dengan gangguan obsesif-kompulsif mungkin menaksir terlalu tinggi kemungkinan bahwa hal-hal buruk terjadi. Sebagai contoh, seseorang mungkin percaya dia menghadapi banyak bahaya dalam hidupnya. Salah satu metode untuk berurusan dengan ini adalah untuk memeriksa makna dari pikiran untuk orang daripada konten.
Intoleransi ketidakpastian. Memiliki keyakinan bahwa orang harus tahu pasti tentang apa yang akan terjadi merupakan kepercayaan umum orang dengan gangguan obsesif-kompulsif. Misalnya, mereka mungkin berpikir “Jika saya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi ketika saya pergi berlibur, saya harus melakukan sesuatu yang salah”. Pelacakan perlu mengetahui apa yang akan terjadi pada liburan dan waktu yang dihabiskan untuk mencoba mengetahui melalui pendekatan klien mungkin bisa bermanfaat dan tidak memikirkan mereka sendiri.
Tanggung jawab. Beberapa orang merasa bahwa itu adalah tanggung jawab mereka untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari bahaya. Mereka mungkin percaya bahwa jika mereka tidak membersihkan sesuatu dengan sangat hati-hati, seseorang mungkin akan dirugikan oleh kuman mereka. Ada beberapa metode yang mungkin efektif. Salah satu adalah untuk memeriksa apa yang akan terjadi jika orang lain sebagai bertanggung jawab sebagai klien.
Mental kontrol. Orang-orang dengan gangguan obsesif-kompulsif mungkin merasa bahwa mereka harus mengendalikan pikiran impulsif atau hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, jika seseorang yang terbang di pesawat dan tidak dapat mengendalikan pikiran mereka bahwa pesawat itu akan hancur, keyakinannya mungkin akan membuatnya gila. Salah satu metode adalah untuk menunjukkan bahwa klien harus berusaha untuk mengendalikan pikiran mereka dan kemudian membandingkan hasilnya (Clark, 2004).
Perfeksionisme. Percaya bahwa masalah ini memiliki solusi yang sempurna dan kesalahan tidak dibuat adalah pandangan perfeksionisme yang dimiliki orang dengan gangguan obsesif-kompulsif. Sebagai contoh, “jika saya tidak bisa menjawab semua soal pada tes matematika dengan benar, berarti Saya gagal”. Mencari tahu yang klien kagumi dan bertanya tentang kesalahan atau perilaku sempurna orang itu dapat menjadi metode yang berguna untuk berurusan dengan orang yang perfeksionisme.
Pentingnya pikiran. Ini merujuk kepada pandangan bahwa pikiran dapat menyebabkan atau bertanggung jawab atas tindakan (sekering pikiran dan tindakan). “Jika orang berpikir bahwa seseorang mungkin mati, itu bisa menjadi kenyataan” ini adalah contoh. Sebuah metode untuk membantu klien dalam pikiran dan tindakan yang akan dibahas dalam bagian berikutnya.
Bagi orang-orang dengan obsesi, rasa bersalah sering mengikuti dari tidak mengerjakan apa yang  seharusnya. Individu-individu tersebut, hampir tidak pernah cukup mengurangi kecemasan hanya untuk saat ini, tidak dalam jangka panjang.
Tujuan dasar dari terapi ini adalah untuk membantu pasien melihat pikiran sebagai hal yang relevan untuk tindakan lebih lanjut dan untuk mengembangkan penerimaan terlepas dari pikiran yang mengganggu. Dalam mengumpulkan data tentang pikiran-pikiran ini, Wells telah mengembangkan versi modifikasi dari pemikiran disfungsional rekor untuk obsesif-kompulsif.
Penyalahgunaan Obat: Bill
Penerapan terapi kognitif untuk penyalahgunaan zat menyeluruh dan kompleks, dijelaskan secara rinci dalam kognitif terapi dari penyalahgunaan zat (Beck, Wright, Newman, & amp; Liese, 1993). Meskipun pengobatan menyalahgunakan obat pasien mengikuti model kognitif yang agak mirip dengan pengobatan gangguan lain, ada perbedaan yang signifikan. Hubungan terapeutik mungkin sulit karena pasien mungkin tidak masuk perawatan secara sukarela, mungkin terlibat dalam kegiatan kriminal, mungkin memiliki sikap negatif tentang terapi dan mungkin mau jujur tentang penggunaan obat mereka. Juga, pasien mungkin tidak secara sukarela mengungkapkan penyalahgunaan narkoba. Kadang-kadang mereka dapat menolak untuk mendiskusikan mereka penyalahgunaan zat dan fokus pada masalah lain seperti depresi (Newman, 2008). Terapis harus bertanya tidak hanya tentang penggunaan, tetapi juga tentang tingkat keparahan mendesak untuk menggunakan (J. S. Beck, 2005). Ketika menetapkan tujuan, terapis fokus tidak hanya pada menjadi obat gratis, tetapi juga pada bagaimana ini akan memecahkan masalah lain, seperti masalah keuangan dan pekerjaan.    Orang-orang yang menyalahgunakan obat cenderung memiliki tiga jenis dasar keyakinan: antisipatif, orientasi bantuan, dan permisif (Beck et al., 1993). Antisipatif keyakinan merujuk pada harapan penguatan, keyakinan orientasi bantuan sering merujuk pada penghapusan gejala karena psikologis atau fisiologis penarikan. Keyakinan permisif adalah mereka yang merujuk pada gagasan bahwa semua hak untuk menggunakan obat-obatan. Contohnya “Saya dapat menggunakan obat-obatan, saya tidak menjadi kecanduan” dan “ini oke untuk digunakan semua orang”. Keyakinan permisif ini self-deceiving dan dapat dianggap rasionalisasi atau alasan. Fokus utama dari terapi kognitif adalah untuk menantang dan mengubah berbagai keyakinan.
Untuk mengubah sistem keyakinan pengobat, Beck dan rekan-rekannya (1993) menyarankan enam metode, yaitu: menilai keyakinan, berorientasi pasien ke model terapi kognitif, memeriksa dan pengujian adiktif keyakinan, mengembangkan mengendalikan keyakinan, berlatih aktivasi keyakinan baru, dan menugaskan PR.   
Terapis membantu klien mereka berurusan dengan masalah seperti reaksi dari anggota keluarga atau masalah keuangan. Stres dari pekerjaan atau dari teman-teman yang penyalahgunaan obat-obatan juga dapat menambahkan masalah pasien. Selain itu, ketika bekerja dengan penyalahgunaan obat, terapis mengajarkan klien metode untuk mencegah dan berurusan dengan penyimpangan dalam perawatan. Individu belajar untuk berurusan dengan slip tunggal sehingga mereka tidak akan memberi diri mereka izin untuk memiliki banyak (kambuh) (C. A. Diefenbeck, komunikasi pribadi, 2 Januari 2006). Seluruh proses perawatan obat, metode Sokrates sering digunakan, seperti teknik lain yang membantu obat pelaku mengubah keyakinan terdistorsi.
Meskipun bagian ini telah berfokus pada gangguan depresi, umum kecemasan, obsesif berpikir dan penyalahgunaan zat, terapi kognitif telah diterapkan untuk banyak kekhawatiran lain. Beberapa contoh adalah agoraphobia, posttraumatic stress disorder, kesedihan, bulimia dan anoreksia, obesitas, narsisme, gangguan kepribadian batas, skizofrenia, kepribadian ganda dan sakit kronis.
APPLICATION
Terapi kognitif adalah daerah yang sangat aktif dari praktek dan penelitian. beberapa terapis dan peneliti telah mengembangkan arah baru dalam penerapan terapi  kognitif yang terkait dengan karya Aaron Beck. Terapi kognitif berbasis Mindfulness adalah pendekatan kelompok delapan sesi yang dirancang untuk membantu mencegah kambuhnya individu yang memiliki depresi berat. Pendekatan lain yang dirancang untuk individu dengan gangguan kepribadian dan masalah psikologis yang parah adalah bahwa dari skema-terfokus terapi kognitif yang menilai dan perubahan signifikan kognitif skema. Ada perawatan manual atau panduan untuk pendekatan ini.
Brief Cognitive Therapy
Untuk berbagai gangguan, seperti depresi dan kecemasan, terapi kognitif cenderung singkat, biasanya antara 12 dan 20 sesi. Ketika terapis mungkin dapat bertemu pasien dua kali seminggu untuk bulan pertama dan kemudian per minggu untuk beberapa bulan mendatang. Sejumlah faktor mempengaruhi waktu psikoterapi, seperti kemauan klien untuk melakukan pekerjaan rumah, jangkauan dan kedalaman masalah, dan berapa lama klien telah memiliki masalah. Untuk kepribadian narsistik, borderline, dan gangguan lainnya, treatment sering membutuhkan waktu antara 18 dan 30 bulan, dengan pertemuan dua atau tiga kali seminggu selama awal terapi. Faktor-faktor lain, seperti gaya terapis dan pengalaman dan potensi untuk kambuh, juga dapat mempengaruhi panjang terapi kognitif.
Mindfulness-Based Cognitive Therapy
Terapis kognitif telah menambahkan teknik meditasi mindfulness untuk strategi pengobatan mereka dalam berbagai gangguan (Teasdale, Segal, & Williams, 2003). Pengurangan stres berbasis mindfulness menggunakan filosofi Buddhis untuk membantu orang berhubungan secara lebih efektif untuk pikiran dan perasaan. Tidak fokus pada mengubah isi pikiran atau perasaan (Salmon et al, 2004.). Terapi  kognitif berbasis kesadaran mirip dalam hal tidak berfokus pada perubahan konten pikiran dan perasaan, tetapi berbeda karena dirancang untuk audiens yang spesifik.
Terapi  kognitif berbasis kesadaran adalah metode spesifik dari pelatihan kelompok yang digunakan dengan individu yang mempunyai depresi (biasanya depresi besar) untuk mencegah kambuh (Barnhofer et al, 2009;. Crane, 2009; Segal, Teasdale, & Williams, 2004; Segal, Williams, & Teasdale, 2002; Williams, Teasdale, Segal, & Kabat-Zinn, 2007). Pendekatan ini berfokus pada bagaimana membantu klien mengubah cara mereka untuk mempunyai pikiran negatif mereka (dan perasaan dan sensasi tubuh). Untuk melakukan ini, mereka mengingkari pikiran. Pengingkaran ini mengacu pada pemahaman bahwa pikiran hanyalah pikiran, bukan realitas (Spiegler & Guevremont, 2010). Misalnya jika Anda berpikir "Saya malas, " adalah deskripsi diri yang tidak akurat, melankan pikiran. Dengan melatih kesadaran, Anda bisa menghapus atau menjauhkan dari pikiran itu dan tidak terlibat dalam pemikiran.
Terapi  kognitif berbasis kesadaran adalah program pelatihan kelompok selama delapan minggu yang terdiri dari sesi yang berdurasi 2-jam (Segal et al, 2002;.. Segal et al, 2004). Sebuah Fokus dari program ini adalah tidak mengendalikan pikiran tetapi menyerahkan kendali dari pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh. Dengan menerima pikiran-pikiran, perasaan, dan perubahan sensasi, klien menghasilkan perubahan dan mencegah kekambuhan depresi. Empat sesi  pertama digunakan untuk mengajar dan berlatih bagaimana untuk mengurus pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh dan tidak mengevaluasinya. Empat sesi yagn terakhir ini digunakan terhadap perubahan dalam suasana hati dengan menggunakan teknik kesadaran. Klien diajarkan untuk melihat bagaimana pikiran mereka dapat mempengaruhi mereka merasa secara emosional dan fisik. Menggunakan pekerjaan rumah, klien diajarkan untuk menerapkan teknik ini dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka dapat meminta anggota keluarga untuk membantu dengan metode ini sehingga mereka lebih baik dapat mencegah kambuhnya depresi. Penelitian yang terbatas telah menunjukkan bahwa terapi kognitif berdasarkan kesadaran telah membantu dalam mencegah terjadinya kembali depresi besar (Evans et al. 2008; Fresco et al, 2007;. Kuyken et al, 2008;. Segal et al, 2004).
Schema-Focused Cognitive Therapy
Dikembangkan oleh Jeffrey Young dan rekan-rekannya (Kellogg & Young, 2008; Riso, du Toit, Stein, & Young, 2007; Young, 1999; Young & Brown, 1999; Young et al,. 2008), skema yang berfokus pada terapi kognitif berasal dari dan melengkapi terapi kognitif Beck. Namun, berbeda dari beberapa cara. Terapi kognitif berfokus skema telah dikembangkan untuk individu dengan gangguan kepribadian seperti gangguan borderline, serta masalah sulit seperti gangguan makan, pelecehan anak, dan penyalahgunaan zat. Dalam terapi kognitif yang berfokus skema, lebih menekankan pada hubungan klien-terapis. Juga, terapis lebih mungkin untuk menjelajahi skema yang dikembangkan pada anak usia dini dari pada terapi kognitif tradisional (Spiegler & Guevremont, 2010). Dalam bekerja dengan skema sejak kecil, terapis cenderung menggunakan teknik pengalaman gestalt  seperti dijelaskan dalam Bab 7. Seperti dijelaskan sebelumnya (hal. 374), skema adalah tema atau cara berpikir yang terdiri dari satu set keyakinan tentang diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Young (1994) menggambarkan lima keyakinan inti utama yang mungkin muncul di masa kecil dan membuat kesulitan yang menyebabkan gangguan psikologis yang parah, yaitu:
Pengabaian / ketidakstabilan. Ada kesulitan dalam mengembangkan hubungan saling percaya, orang lain dipandang tidak stabil atau tidak dapat diandalkan.
Ketidakpercayaan / pelecehan. Individu dapat mengharapkan bahwa orang lain mungkin ingin menyakiti, melecehkan, mengejek, atau memanipulasi mereka.
Kurangnya emosi. Orang lain mungkin mengecewakan klien dengan tidak memenuhi kebutuhan mereka seperti dukungan emosional  atau dengan tidak memberikan perhatian yang cukup atau perlindungan.
Pembelaan diri / malu. Individu mungkin merasa buruk, tidak dicintai, atau inferior, yang mungkin mengakibatkan klien menjadi sensitif terhadap kritik, penolakan menyalahkan, atau. Mereka mungkin canggung tentang karakteristik ini.
Sosial isolasi / malu. Mungkin ada rasa sendirian, tidak merasa cocok dalam kelompok atau masyarakat, dan umumnya menjadi berbeda dari orang lain. Mungkin ada skema lain dari ini, tetapi ini adalah yang umum. Biasanya, skema dimulai pada masa kanak-kanak dan terus sampai dewasa. Ketika skema ini diaktifkan oleh pikiran atau persepsi peristiwa, individu mungkin merasa cemas atau tertekan, yang dapat menunjukkan diri pada gangguan psikologis. Salah satu tugas pertama terapis adalah untuk melakukan penilaian spesifik terhadap skema dari klien untuk menentukan tema masalah penting ke klien.  Untuk melakukan ini, terapis harus terlebih dahulu mengidentifikasi skema yang menyebabkan masalah. Kedua, terapis mengaktifkan skema dengan menggunakan pencitraan atau role play (bermain peran). Seringkali subjek dari pencitraan atau bermain  peran adalah insiden yang mengganggu yang terjadi di masa kecil. Skema tersebut kemudian dibahas dalam perubahan fase terapi. Ketiga, terapis menkonsepkan skema atau tema klien serta perasaan dan tindakan yang klien tunjukkan kapan skema diaktifkan. Terakhir, terapis menggambarkan penilaian skema atau tema ke klien. Ini kemudian menetapkan tahap untuk perubahan terapi.
Ada beberapa teknik khusus yang terapis dapat digunakan secara langsung berhubungan dengan  skema. Salah satu contoh adalah pengalaman atau teknik Gestalt, skema dialog, di mana peran klien memainkan "suara" atau pesan dari skema. Setelah ini, klien dapat bermain peran atau mengartikulasikan "suara" mereka atau respon yang sehat untuk skema. Teknik dua kursi Gestalt ini digunakan dengan klien memainkan peran skema di satu kursi dan respon yang sehat untuk skema di kursi lainnya. Teknik merupakan review kehidupan di mana terapis akan meminta klien untuk menunjukkan bukti untuk mendukung atau menolak skema. Skema ini dan lainnya yang berfokus pada teknik dapat digunakan dan juga beberapa tambahan teknik terapi kognitif.
Terapi Kelompok
Dalam terapi kognitif kelompok, perubahan terapeutik hadir bukan sebagai akibat dari wawasan yang muncul dari interaksi kelompok tetapi sebagai hasil dari klien memanfaatkan strategi perubahan yang konsisten dengan model kogitif
White (200b) menggunakan deskripsi ini untuk menjelaskan pendekatan kognitif. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari itu, kami ingin melacak berlangsungannya pikiran, perasaan, dan perilaku. Inilah yang disebut dengan model kognitif. Semakin Anda mampu mengenali reaksi langsung pada bagian Anda, pengalaman Anda mungkin akan lebih masuk akal untuk Anda dan Anda akan dapat menentukan dimana Anda ingin menciptakan perubahan. Pendekatan kognitif untuk setiap sesi kelompok cenderung berpusat secara spesifik, terstruktur, dan masalah yang berorientasi pada perubahan. Dengan demikian, akan lebih sesuai sebelum sesinya untuk menggunakan ukuran perubahan, seperti Beck Deppression Inventory untuk memantau alternatif dan gejala.
Untuk mensukseskan terapi kognitif kelompok, kekompakkan kelompok dan fokus pada tugas harus diutamakan. Kekompakkan diharapkan untuk menjalin hubungan baik dengan anggota lain, untuk berpikir tentang mereka di setiap sesinya, dan memiliki belas kasih bagi anggota lain. Fokus tugas adalah salah satu yang berusaha untuk menyelesaikan maslaah. Untuk mewujudkan fokus tugas dan kohesi, terapis harus membuat model partisipasi dan kolaborasi. Terapis disini dapat mengambil peran mengarahkan, bukan dlaam arti membantu anggota kelompok apa yang harus dilakukan tetapi dalam arti pengorganisasian kelompok.
Free (2007) telah mengembangkan panduan untuk pendekatan psychoeducational untuk terapi kognitif kelompok. Program ini terdiri dari 25 sesi dengan lima modul dan setiap modul memiliki 4-6 sesi yang berlangsung sekitar satu jam pada setiap sesinya. Panduan ini menyediakan informasi mengenai administrasi program termasuk slide PowerPoint. Terdapat lima modul psychoeducational.
Modul Satu: Keyakinan Permukaan (Surface Belief) dan Proses. Modul ini mencakup dasar-dasar kelompok, diskusi tentang pikiran dan perasaan, kesalahan logis, menggunakan logika yang tepat, dan melawan kesalahan logis. 
Modul Dua: Di bawah Permukaan (Beneath the surface). Modul ini menjelajahi keyakinan negatif Anda. Termasuk model umum dari emosi, gangguan perilaku, dan kepribadian. Juga mengidentifikasi konten skema negatif dengan menggunakan metode panah vertikal.
Modul Tiga: Pengujian Keyakinan Anda. Pada bagian ini keyakinan dapat diubah dan peserta mempelajari dan menerapkan analisis permusuhan.  Peserta berikutnya menantang keyakinan mereka menggunakan pendekatan investigasi. Kemudian peserta belajar bagaimana melakukan analisis ilmiah.
Modul Empat: Mengubah Pikiran dan Perasaan Anda. Peserta belajar tentang melawan dan berpartisipasi dalam debat permusuhan. Topik lainnya adalah pergeseran persepsi proposisional, pergeseran emosonal, dan pergeseran konten skema.
Modul Lima: Mengubah Perilaku Kontraproduktif Anda. Termasuk dalam bagian ini adalah perilaku memilih perubahan perilaku, membuat perencanaan perubahan perilaku diri, pemecahan maslaah, latihan kognitif-perilaku, dan memelihara keuntungan.
Empat modul pertama fokus pada perubahan kognitif, modul terakhir fokus pada perubahan perilaku. Anggota kelompok bekerja sama dengan terapis untuk menyarankan memikirkan cara-cara baru tentang situasi dan perilaku baru untuk dicoba. Bereksperimen dengan alternatif baru untuk masalah lama, baik di dalam dan di luar kelompok merupakan aspek penting dari terapi kognitif kelompok.
Menggunakan Terapi Kognitif dengan Teori Lain
Karena terapi kognitif memiliki kedua komponen perilaku dan afektif, ia menarik pada teori lain, khususnya terapi perilaku dan REBT. Bila menggunakan terapi kognitif, perilaku perawatan banyak digabungkan, seperti in vivo eksposur, penguatan positif, pemodelan, teknik relaksasi, pekerjaan rumah, dan kegiatan bertingkat. Terapi kognitif berbagi dengan terapi perilaku yang menekankan pada hubungan kolaboratif dengan klien dan penggunaan eksperimen dalam mencoba pekerjaan rumah perilaku dan kognitif. Istilah cognitivebehavioral digunakan untuk menggambarkan terapis yang menggabungkan teknik dari Bab 8 (perilaku) dengan Bab 9 (kognitif) dan bab ini (kognitif). Ketika menarik dari terapi perilaku untuk pekerjaan mereka, ahli terapi kognitif juga memperhatikan perasaan dan suasana hati klien, menggabungkan aspek empati dari terapi yang berpusat pada klien. Untuk lebih mengintegrasikan pengalaman klien dan afektif pengalaman dalam terapi, Fodor (1987) menyarankan menggunakan teknik gestalt seperti kursi kosong atau latihan kesadaran. Juga, pendekatan gestalt untuk pencitraan yang  menggunakan respon emosional sebagai cara untuk mengakses kognisi untuk memberikan gambaran keyakinan dan untuk membantu klien menyadari afek yang menyakitkan (Edwards, 1989). Dengan menggunakan metode perilaku dan gestalt, ahli terapi kognitif membuat perawatan terapi lebih fleksibel dan lebih efektif dalam berurusan dengan aspek masalah nonkognitif  individu.
Terapi kognitif berbagi dengan terapi perilaku rasional emotif (Rational Emotive Behavior Therapy/ REBT) banyak teknik dan strategi, tetapi ada beberapa perbedaan penting. REBT menantang keyakinan irasional, terapi kognitif membantu klien mengubah kepercayaan menjadi hipotesis mereka dapat kontes. Perbedaan lain yang penting adalah bahwa terapi kognitif mendekati gangguan psikologi dengan mengidentifikasi skema kognitif dan distorsi serta perilaku dan perasaan yang yang umum untuk setiap gangguan, sedangkan REBT berfokus pada metode untuk mengubah belief yang irasional terlepas dari sifat gangguan psikologis. Meskipun keduanya berbeda dalam hal pendekatan filosofis terhadap gangguan psikologis, baik praktisi kognitif dan REBT cenderung menggunakan Socrates dan metode disputational dalam menangani sistem kepercayaan klien.
Awalnya dikembangkan karena ketidakpuasan Beck dengan terapi  psikoanalitik, terapi kognitif menggunakan beberapa konstruksi psikoanalitik. Keduanya,  kognitif dan terapi psikoanalitik percaya bahwa perilaku dapat dipengaruhi oleh keyakinan. Namun, psikoanalisis menekankan pentingnya keyakinan bawah sadar, sedangkan terapi kognitif berfokus pada sistem kepercayaan sadar. Konsep pikiran otomatis dalam terapi kognitif menyandang kemiripan dengan prasadar dari psikoanalisis.
Tidak hanya ahli terapi kognitif menarik pada berbagai teori lainnya dalam pekerjaan mereka tetapi ahli teori lainnya telah ditarik pada terapi kognitif. Terapi behavior dan terapi kognitif berbagi penekanan pada penilaian rinci dan bereksperimen dengan metode perubahan. Selain itu, terapis Adlerian dan REBT menekankan metode kognitif Beck di pendekatan mereka dan menggunakan banyak strategi kognitif yang dibahas dalam bab ini. Juga, ahli terapi yang menggunakan teori lain mungkin tidak menggunakan penilaian rinci  dalam pekerjaan mereka tetapi mungkin memeriksa distorsi kognitif klien mereka dan menggunakan teknik kognitif, seperti decatastrophizing, untuk membantu membawa perubahan. Karena terapi kognitif, yang dimulai pada tahun 1960, telah menjadi popular, integrasi ke dalam terapi lain kemungkinan akan berlanjut.
CONTRIBUTION
Penelitian
Selama bertahun-tahun ada minat yang besar dalam mempelajari efektivitas terapi kognitif, terutama dalam kontras dengan perilaku, psikodinamik, dan tritmenpsychopharmacological. Butler dan JS Beck (2001) me-review 14 meta-analisis pada terapi kognitif yang mencakup 325 studi dan 9.138 individu. Meta-analisis termasuk beberapa gangguan psikologis dan memiliki banyak temuan yang paling signifikan adalah bahwa terapi kognitif memberikan bantuan kepada mereka yang menerima pengobatan sebagai kontras dengan mereka yang menerima plasebo atau lainnya mengontrol kondisi. Tanpa ragu, jumlah terbesar dari upaya telah dikhususkan untuk penelitian tentang depresi. Beberapa meta-analisis pada penelitian metode yang efektif mengobati depresi disajikan di sini, karena dua studi yang membandingkan kognitif terapi dengan perawatan lainnya. Selain itu, penelitian tentang efektivitas terapi kognitif sebagai pengobatan untuk kecemasan umum dan gangguan obsesif dijelaskan.
Penelitian pada Depresi
Bahwa klien depresi mendapatkan manfaat dari psikoterapi, dengan keuntungan sebanding dengan farmakoterapi. Mereka menyimpulkan bahwa terapi kognitif secara signifikan membantu pasien lebih baik bila dibandingkan dengan daftar tunggu, antidepresan, dan terapi lainnya. Terapi kognitif untuk depresi tidak menghasilkan secara signifikan hasil yang lebih baik daripada terapi perilaku. Mempelajari remaja, terapi kognitif ditemukan menjadi unggul dalam wait-list, relaksasi, dan terapi suportif pada akhir pengobatan dan pada 6 - 12 minggu follow-up dalam 13 studi (Reinecke, Ryan, & DuBois, 1998). Selain itu, skala besar studi-Pengobatan untuk Remaja dengan studi depresi  (Treatment for Adolesence with Depression Study/ TADS)-telah menunjukkan bahwa menggabungkan terapi farmakologi dengan metode kognitif dan perilaku dapat efektif dalam membantu depresi remaja (Ginsburg, Albano, Findling, Kratochvil, & Walkup, 2005). Metode kognitif  yang sangat membantu dalam mengobati depresi termasuk pemantauan suasana hati, mengidentifikasi distorsi kognitif, dan counterthoughts realistis berkembang (Rohde, Feeny, & Robins, 2005). Terapi kognitif untuk gejala depresi telah menunjukkan pola serupa dari berubah dalam mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dan membantu pasien kembali ke normal atau keadaan kurang tertekan  (Bhar et al., 2008).
Penerapan terapi kognitif untuk depresi terus menjadi topik yang diselidiki secara luas. Tang dan DeRubeis (1999) menemukan bahwa keuntungan dalam tritemen terapi kognitif untuk depresi dari perubahan yang signifikan dalam pemikiran tentang masalah terkait dengan depresi yang terjadi pada sesi sebelumnya. Beevers & Miller (2005) melaporkan bahwa individu yang telah berpartisipasi dalam terapi kognitif (dibandingkan dengan terapi keluarga) yang mampu menangani lebih efektif dengan pikiran negatif dan tidak selalu menjadi tertekan oleh pikiran. Studi  lain (Teasdale et al, 2001.) menunjukkan bahwa kambuh dapat dikurangi dengan pelatihan pasien yang disengaja bukan otomatis dalam cara mereka memproses pikiran yang tidak diinginkan.
Perbandingan telah dilakukan dengan teori-teori lain dari terapi. Perbandingan pada terapi yang berpusat pada klien dengan terapi kognitif dalam sampel dari 65 pasien Perancis, Cottraux dkk. (2009) menemukan bahwa pasien dalam terapi kognitif adalah dipertahankan dalam terapi lagi dan menunjukkan perbaikan jangka panjang pada langkah-langkah global dibandingkan dengan terapi yang berpusat pada klien. Juga,  dalam terapi kognitif menunjukkan perbaikan di awal merasa penuh harapan dan bertindak kurang impulsif dari terapi yang berpusat pada klien. Kedua REBT dan terapi kognitif telah terbukti membawa perubahan dalam pikiran otomatis, sikap disfungsional, dan keyakinan tidak rasional (sebuah konsep REBT; Szentagotai, Daud, Lupu, & Cosman, 2008). Juga, baik kognitif terapi dan REBT ditemukan memakain biaya yang jauh lebih efektif daripada farmakoterapi dalam sampel pasien Rumania di jurusan gangguan depresi (Sava, Andrea, Lupu, Szentagotai, & David, 2009). Membahas terapi kognitif dan psikoterapi interpersonal, Weissman (2007) menyimpulkan bahwa tetap dua terapi yang paling sering diuji dalam studi tentang depresi unipolar.
Penelitian Generalized Anxiety
Dalam kajian tentang efektifitas terapi kognitif dengan pasien yang memiliki gejala gangguan kecemasan umum. Hollodan Beck (1994) menyimpulkan bahwa terapi kognitif berhasil mengurangi tingkat distress. Mereka melaporkan bahwa terapi kognitif telah lebih efektif daripada terapi perilaku atau farmakologi, terutama dalam menjaga perubahan terapi dari waktu ke waktu. Salah satu alasan terapi kognitif bisa lebih baik dibanding terapi perilaku dengan gangguan kecemasan umum adalah bahwa ada beberapa sasaran perilaku spesifik untuk terapi perilaku yang berfokus pada perilaku, sedangkan terapi kognitif dapat berfokus pada kognisi yang terdistorsi mengenai keyakinan yang berhubungan dengan ancaman atau hal yang mengancam.
Namun, meta-analisis dari lima penelitian bahwa terapi kognitif dibandingkan dengan terapi relaksasi menemukan bahwa baik dalam membantu pengobatan gangguan kecemasan umum (Siev &Chambless, 2007). Sebuah meta-analisis dari 16 studi tentang tritmen gangguan kecemasan umum menunjukkan bahwa terapi perilaku kognitif secara signifikan lebih efektif daripada kondisi waiting-list (Gould, Safren, Washington, & Otto, 2004). Juga menggabungkan terapi kognitif dengan terapi perilaku adalah lebih efektif daripada terapi perilaku saja. Tritmen difokuskan untuk membantu pasien mentoleransi ketidakpastian, menentang keyakinan yang keliru mengenai kekhawatiran, dan meningkatkan pendekatan keduanya untuk memecahkan maslaah yang berkontribusi pada kecemasan. Sebuah tinjauan kemanjuran gangguan kecemasan umum dan gangguan kecemasan lain memberikan bukti efektifitas terapi kognitif.
Penelitian Gangguan obsesif
Abramovich (1997), meninjau studi teknik kognitif dibandingkan dengan eksposur dan pencegahan kompulsif, ditemukan teknik kognitif untuk setidaknya sama efektifnya dengan eksposur. Clark (2005) percaya bahwa terapi kognitif dapat berguna dalam melengkapi terapi pemaparan dalam pengobatan gangguan obsesif-kompulsf.
Dalam menangani obsesif-kompulsif, Salkovskis dan Westbrook(1989) menungjukkan bahwa obsesi dapat dibagi dalam pikiran obsesif dan konpulsif kognitif.
Meskipun telah diberikan contoh studi penelitian yang mengevaluasi efektifitas terapi kognitif dengan depresi, gangguan kecemasan umum, dan berpikir obsesi, terapi kognitif telah dievaluasi dengan gangguan lainnya. Banyak penelitian-penelitian baru yang telah dilakukan pada efektifitas terapi kognitif dalam mengobati individu dengan gangguan defisit perhatian dengan hiperaktifitas (McDermott, 2009), gangguan panik (Otto, Powers,Stathopoulou, & Hofmann, 2008), agrophobia, dan stres paska trauma (Butler & Beck, 2001; Hollon, 2003).
Fokus utama lain dari terapi kognitif ini telah dilakukan pengobatan untuk penyalahgunaan narkoba dan alkohol (Newman, 2008), dan rokok (Perkins, Conklin, & Levine, 2008). Gangguan berat seperti skizofrenia juga telah menjadi subjek penelitian, tetapi kurang luas dari masalah psikologis lain (Beck et al, 2009;. Beck, Rektor,Stolar, & Grant, 2009; Sensky, 2005).

LIMITATION
Isu Gender
Dalam analisis terhadap distorsi kognitif yang umum untuk wanita, Davis dan Padesky (1989) menggambarkan masalah-masalah yang terkait dengan menghargai diri sendiri, merasa terampil, dan merasa bertanggung jawab dalam hubungan, kekhawatiran yang mungkin terjadi dalam masalah citra tubuh, hubungan dengan mitra, pengambilan peran, masalah kerja, dan lain sebagainya. Menurut Davis dan Padesky, keuntungan dari terapi kognitif adalah bahwa terapi kognitif mengajarkan klien untuk membantu dirinya sendiri dan mengambil tangguang jawab untuk mengenali skema negatif dirinya yang mengganggu sehingga menjadi otonom dan kuat.
Davis dan Padesky (1989) juga menggambarkan tantangan menggunakan terapi kognitif untuk membatu perempuan membantah pikiran dan keyakinan mereka sementara pada saat yang sama mengenali nilai daripada dirinya sendiri. Karena terapi kognitif aktif dan terstruktir, terapis harus berhati-hati untuk tidak mengambil terlalu banyak kekuasaan atau tanggung jawab dalam kontrak terapeutik.
Terapi kognitif juga dapat membantu laki-laki dalam pemecahan masalah (Mahalik, 2005). Pria mungkin lebih nyaman dengan penekanan terapi kognitif pada pikiran daripada emosi. Terapi kognitif juga dapat diterapkan untuk gay dan lesbian (Martell, 2008;Martell, Safren, & Pangeran, 2004) yang berurusan dengan maslaah “out” (yang menceritakan tentang menjadi gay, bagaimana cara memberitahu, dan kapan harus membantu), depresi, kecemasan, dan maslaah hubungan. Karena terdaoat informasi yang salah tentang banyak hal mengenai gau dan potensal tentang menjadi gay, proses terapi dapat dilanjutkan secara bertahap, dengan klien mengambil tanggung jawab untuk siapa, kapan, dan bagaimana cara memberitahu tentang menjadi gay (Martell, 2008).
Isu Kebudayaan
Karena kognitif terapis menekankan hubungan kolaboratif dengan klien, mereka akan dapat memastikan nilai-nilai dan keyakinan yang mengganggu fungsi psikologis yang efektif. Keyakinan tersebut dapat mempengaruhi bagaimana pasien memahami terapi dan terapis. Terapi kognitif juga berfokus tidak hanya pada sistem kepercayaan tetapi juga pada perilaku dan perasaan, memberikan kerangka kerja yang luas untuk menangani masalah multikultural.
Namun, proses terapi interpesonal yang tampaknya sesuai nilai-nilai budaya remaja lebih baik daripada terapi kognitif, sebagai bekas yang membawa perubahan dalam konsep diri dan kemampuan beradaptasi, sedangkan terapi kognitif tidak. Dowd (2003) menunjukkan bahwa untuk menjadi terbuka terhadap budaya lain, terapis mungkin perlu mendengarkan lebih hati-hati untuk klien mereka, menghabiskan waktu dalam budaya lain, atau mungkin belajar bahasa lain. Atau bahkan menggunakan penerjemah bahasa. Oleh karena menyebarnya popularitas terapi kognitif, sehingga perlu dilakukan aplikasi untuk individu-individu dari budaya yang berbeda dan kebutuhan untuk bersikap responsif terhadap isu-isu budaya.
Behavioris melihat teori ini lemah karena sifat abstrak dari pikiran dan kesulitan dalam mendefinisikannya. Apa yang dapat dilihat sebagai kritik diri oleh salah satu peneliti mungkin terlihat seperti pernyataan rasional oleh orang lain. Selain itu, tidak ada definisi yang disepakati atau penerapan teori. Hal ini dilihat sebagai cukup baru dan sementara itu menerima banyak penelitian, teori yang mendasari pengembangan kepribadian lemah di terbaik. Jadi sementara itu mungkin memiliki hasil yang sangat positif dalam pengobatan, tidak memberikan pemahaman yang kuat tentang pembangunan. Untuk neo-Freudian, ini mungkin berarti bahwa terapi kognitif hanya pendekatan sementara dan tidak membahas alasan sebenarnya di balik masalah kepribadian.

BACA JUGA :

  1. Makalah Penciptaan Ayat Suci Al-Qur'an
  2. Makalah Penciptaan Hutan (Perlindungan dan Pemanfaatan Hutan)
  3. Makalah Penciptaan Laut Beserta Ayat-Ayatnya Dalam Al-Quran
  4. Makalah Penciptaan Malaikat Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH TERAPI KOGNITIF"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */