Makalah Barbara Dossey



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Barbara Dossey adalah penulis banyak buku dihormati dan memenangkan penghargaan. Bukunya, Florence Nightingale: Mystic, visioner, Penyembuh, berfokus pada dampak filosofis dan praktis kehidupan Florence Nightingale dan bekerja pada keperawatan modern dan manusia. Publikasi terbaru lainnya termasuk Perawat Coaching: Pendekatan Integratif untuk Kesehatan dan Kesejahteraan, The Art and Science of Nurse Coaching, Keperawatan Holistik: Buku Pegangan untuk Praktek, Ahna Standar Keperawatan Holistik, Kurikulum Ahna Inti Keperawatan Holistik(Editor), AACN Handbook of Perawatan Kritis; Ritual Penyembuhan, danProfil Perawat Penyembuh.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Biografi
"Sebagai perintis dalam keperawatan holistik, Barbara adalah pemimpin yang diakui dan otoritas di lapangan. Dia memiliki kemampuan untuk menulis dan mengajar tentang kesehatan holistik dan memberikan pendekatan inovatif dan praktis yang telah membantu menetapkan standar keunggulan."

Lynn Keegan, PhD, RN, AHN-BC, FAAN
Direktur, Konsultan Keperawatan Holistik

Port Angeles, Washington
Dengan semangat dan kefasihan persuasif, Barbara Dossey adalah memperluas domain keperawatan tradisional. Sebagai pelopor dalam gerakan keperawatan holistik, dia bekerja untuk memajukan praktek dan filosofi perawatan holistik, baik dalam profesi kesehatan dan kehidupan orang-orang awam. Barbara mengartikulasikan bagaimana penyembuhan dipromosikan dengan memperhatikan interaksi halus dari tubuh, pikiran, dan jiwa, dan bagaimana berusia berabad-abad konsep dapat berhasil diterapkan di perawatan pasien dan dalam kehidupan sehari-hari.
Barbara Dossey adalah penulis banyak buku dihormati dan memenangkan penghargaan. Bukunya, Florence Nightingale: Mystic, visioner, Penyembuh,berfokus pada dampak filosofis dan praktis kehidupan Florence Nightingale dan bekerja pada keperawatan modern dan manusia. Publikasi terbaru lainnya termasuk Perawat Coaching: Pendekatan Integratif untuk Kesehatan dan Kesejahteraan, The Art and Science of Nurse Coaching, Keperawatan Holistik: Buku Pegangan untuk Praktek, Ahna Standar Keperawatan Holistik, Kurikulum Ahna Inti Keperawatan Holistik (Editor), AACN Handbook of Perawatan Kritis; Ritual Penyembuhan, dan Profil Perawat Penyembuh.
Sebagai pendidik, konsultan, peneliti, dan penulis, Barbara Dossey mendalam mengubah persepsi tentang keperawatan holistik. Seorang guru terinspirasi, ia secara efektif mengintegrasikan sudut pandang non-tradisional dengan tingkat tinggi kesadaran ilmiah dalam kuliah nya di seluruh dunia. Mencakup berbagai keperawatan saat ini dan informasi kesehatan, presentasi nya memberikan menantang, praktis, dan inovatif cara untuk menggabungkan perawatan kesehatan holistik dengan tingkat tinggi kesehatan. Dari pertemuan asosiasi keperawatan untuk perusahaan pertemuan-semua penonton merespon antusias untuk Barbara Dossey yang menembus wawasan dan taat kasih sayang.

B.     Definisi
Alternatif modalitas/komplementer telah didefinisikan sebagai teknik pengobatan yang tujuan adalah untuk membangkitkan penyembuhan, dengan mempertimbangkan hubungan tubuh-pikiran-jiwa dari setiap individu (Dossey, 1995). Penggunaan kata 'alternatif' menjadi populer pada 1990-an ketika pengobatan holistik dianggap sebagai bidang yang baru muncul. Kemudian, pengobatan 'alternatif' berarti praktek dan penyembuhan teknik yang umumnya tidak diajarkan di sekolah kedokteran (Eisenberg, dkk, 1993), dengan demikian, alternatif pandangan yang berlaku.Selanjutnya, penggunaan kata 'alternatif' tersirat bahwa teknik-teknik tertentu yang digunakan bukan dari yang direkomendasikan, perawatan biomedis.Kata 'pelengkap' mendapatkan popularitas di lapangan menyampaikan gagasan bahwa modalitas atau teknik dapat digunakan untuk melengkapi dan meningkatkan perawatan biomedis.
Menurut WHO (World Health Organization), Pengobatan komplementer adalah pengobatan non-konvensional yang bukan berasal dari negara yang bersangkutan, sehingga  untuk Indonesia jamu misalnya, bukan termasuk pengobatan komplementer tetapi merupakan pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang sudah dari zaman dahulu digunakan dan diturunkan secara turun – temurun pada suatu negara.Tetapi di Philipina misalnya, jamu Indonesia bisa dikategorikan sebagai pengobatan komplementer.
Pembentukan dan penamaan National Institutes of Health (NIH) Kantor Pengobatan Alternatif pada tahun 1992 mencerminkan definisi ini. Seiring waktu, bagaimanapun, menjadi jelas bahwa definisi tersebut tidak memadai karena banyak modalitas dibawa ke dalam kurikulum sekolah kedokteran, diajarkan sebagai metode yang sah perawatan, dan dimasukkan dalam praktek medis (Wetzel, Eisenberg, & Kaptchuk, 1998) . Selanjutnya, penggunaan kata 'alternatif' tersirat bahwa teknik-teknik tertentu yang digunakan bukan dari yang direkomendasikan, perawatan biomedis.Kata 'pelengkap' mendapatkan popularitas di lapangan menyampaikan gagasan bahwa modalitas atau teknik dapat digunakan untuk melengkapi dan meningkatkan perawatan biomedis. Dengan demikian, cabang praktek berganti nama menjadi 'CAM', pengobatan komplementer dan alternatif, dan ketika kantor NIH diangkat ke pusat, itu juga diganti sebagai Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif (NCCAM). Menurut NCCAM factsheet, CAM mengacu pada filosofi penyembuhan dan pendekatan pengobatan Barat tidak biasa digunakan, menerima, belajar, memahami, atau membuat tersedia (NCCAM, 2001)
Pembentukan dan penamaan National Institutes of Health (NIH) Kantor Pengobatan Alternatif pada tahun 1992 mencerminkan definisi ini. Seiring waktu, bagaimanapun, menjadi jelas bahwa definisi tersebut tidak memadai karena banyak modalitas dibawa ke dalam kurikulum sekolah kedokteran, diajarkan sebagai metode yang sah perawatan, dan dimasukkan dalam praktek medis (Wetzel, Eisenberg, & Kaptchuk, 1998) . Selanjutnya, penggunaan kata 'alternatif' tersirat bahwa teknik-teknik tertentu yang digunakan bukan dari yang direkomendasikan, perawatan biomedis. Kata 'pelengkap' mendapatkan popularitas di lapangan menyampaikan gagasan bahwa modalitas atau teknik dapat digunakan untuk melengkapi dan meningkatkan perawatan biomedis. Dengan demikian, cabang praktek berganti nama menjadi 'CAM', pengobatan komplementer dan alternatif
Definisi CAM yang disepakati adalah suatu bentuk penyembuhan yang bersumber pada berbagai sistim, modalitas dan praktek kesehatan, yang didukung oleh teori dan kepercayaan.Termasuk di dalamnya latihan atau usaha untuk menyembuhkan diri sendiri. CAM digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit atau juga untuk meningkatkan taraf kesehatan.Walaupun demikian ada perbedaan antara alternatif dan komplementer.Terapi alternatif adalah terapi di luar terapi konvensional.Sementara komplementer berarti pelengkap bagi terapi konvensional yang ada dan telah terbukti bermanfaat.Meskipun belum banyak data ilmiah yang mendukung sistim terapi ini namun masyarakat tetap mencari pengobatan tersebut.Seperti kita ketahui pasien sering bertanya bagaimana pendapat dokter tentang salah satu dari terapi pelengkap ataupun alternatif ini, sebagai dokter alangkah baiknya kita mengetahui baik tidaknya terapi tersebut.

C.    Teori Keperawatan Integral (TIN)
Teori Keperawatan Integral (TIN) adalah teori besar dalam paradigma interaktif-integratif yang menyajikan ilmu dan seni keperawatan. Ini mencakup proses integral, pandangan dunia yang tidak terpisahkan, dan dialog yang tidak terpisahkan yang praksis-teori dalam tindakan. Sebuah proses yang tidak terpisahkan didefinisikan sebagai cara yang komprehensif untuk mengatur fenomena beberapa pengalaman manusia dan realitas dari empat perspektif:
1)   interior individu (personal / disengaja)
2)   eksterior individu (fisiologi / perilaku)
3)   interior kolektif (bersama / budaya)
4)   eksterior kolektif (sistem / struktur)
Praktik keperawatan holistik termasuk (memeluk) dan melampaui (melampaui) dalam proses terpisahkan ini. Sebuah pandangan dunia yang tidak terpisahkan meneliti nilai-nilai, keyakinan, asumsi, makna, tujuan, dan penilaian yang berkaitan dengan bagaimana individu memandang realitas dan hubungan dari atas empat perspektif. Dialog Integral adalah eksplorasi transformatif dan visioner ide dan kemungkinan seluruh disiplin ilmu di mana empat perspektif dianggap sebagai sama pentingnya untuk semua pertukaran, usaha, dan hasil. Dengan kesadaran terpisahkan meningkat dan pandangan dunia yang tidak terpisahkan, perawat memiliki kemungkinan baru dan cara-cara untuk memperkuat kapasitas mereka untuk dialog terpisahkan satu sama lain dan disiplin lainnya. Kita lebih cenderung untuk menaikkan suara keperawatan kolektif kita dan kekuatan untuk terlibat dalam aksi sosial dalam peran profesional dan pekerjaan pelayanan bagi masyarakat-lokal untuk global.
Teori Keperawatan Integral menyesuaikan karya Ken Wilber (1949-), salah satu filsuf baru-paradigma yang paling signifikan Amerika, untuk memperkuat konsep inti penyembuhan. Model terpisahkan Wilber adalah, model empat kuadran elegan yang telah dikembangkan selama 35 tahun. Dalam nya delapan volume Pekerjaan The Dikumpulkan dari Ken Wilber, Wilber mensintesis prestasi monumental para peneliti, teori, teori, dan sekolah yang paling dikenal dan paling berpengaruh berpikir untuk menunjukkan bahwa tidak ada individu atau disiplin dapat menentukan realitas atau memiliki semua jawaban.
Banyak konsep dalam teori keperawatan terpisahkan ini telah diteliti atau berada dalam tahap yang sangat formatif dan eksplorasi dalam pengobatan integral, administrasi kesehatan integral, bisnis terpisahkan, pendidikan kesehatan integral, psikoterapi integral, pembinaan integral, dan banyak lagi. Dalam profesi keperawatan perawat lain juga mengeksplorasi teori integral dan terkait dan ide-ide. Tapi seperti yang belum, tidak ada teori keperawatan yang memiliki landasan filosofis Nightingale sebagai integralis dikombinasikan dengan proses integral dan pandangan dunia yang tidak terpisahkan. Ketika perawat mempertimbangkan penggunaan lensa terpisahkan mereka lebih cenderung untuk memperluas peran perawat dalam dialog interdisipliner dan untuk mengeksplorasi persamaan dan untuk menguji perbedaan dan bagaimana untuk mengatasi disiplin di. Tantangan kita dalam keperawatan adalah untuk meningkatkan kesadaran terpisahkan kami karena kami meningkatkan kapasitas kami keperawatan, kekuatan, dan suara-suara di semua area praktik, pendidikan, penelitian, dan kebijakan kesehatan.

D.    Perawatan Holistik Sebagai Integral untuk Reformasi Kesehatan
Sebuah kepercayaan umum dinyatakan dalam pendidikan dan praktek keperawatan adalah bahwa praktek keperawatan adalah holistik. Tekanan saat untuk menunjukkan orang atau pasien berpusat perawatan telah mengangkat pertanyaan seperti "apa yang keperawatan holistik?" Bagi banyak perawat, jawabannya terkait dengan kemampuan mereka untuk berbaur teknologi, pikiran, dan jiwa dengan tujuan mempromosikan penyembuhan. Keperawatan holistik berarti berlatih dengan pandangan menuju penyembuhan seluruh orang. Praktik keperawatan holistik meningkatkan penyembuhan dengan menyatukan perawatan kami pasien dalam keutuhan pikiran, tubuh dan jiwa, mengetahui bahwa kita tidak dapat selalu mempromosikan pasien potensi optimal untuk menyembuhkan secara fisik ketika pasien secara psikologis atau tertekan secara rohani. Fokus pada penyembuhan orang sebagai seluruh keberadaan adalah sebuah konsep yang kembali lebih dari satu abad ke perawat seperti Florence Nightingale yang berpendapat bahwa peran perawat adalah untuk menciptakan kondisi yang optimal untuk penyembuhan.
Tujuan dalam praktek keperawatan holistik telah berkembang seiring dengan kemajuan kami dalam pengetahuan bio-perilaku kesehatan kita, psiko-imunologi dan review dan integrasi "praktek pengobatan tradisional. Penelitian di bidang kesehatan dan penyembuhan telah memberikan kredibilitas baru untuk berbagai praktek perawatan holistik.
Selama lebih dari tiga puluh tahun, perawat seperti Barbara Dossey di AS telah berusaha untuk membawa teori keperawatan holistik untuk berlatih. Dossey dan lain-lain telah mengamati bahwa "perawat sebagai penyembuh" menggunakan energi mereka sendiri dan peduli interpersonal untuk memfasilitasi pertumbuhan dan proses menuju keutuhan tubuh, pikiran dan jiwa, serta membantu orang dalam pemulihan dari penyakit atau dalam transisi sampai mati ".
Menurut Dossey:
Keperawatan holistik mengharuskan perawat mengintegrasikan perawatan diri / self-tanggung dalam hidup mereka untuk membantu memfasilitasi penyembuhan dan merawat orang lain. Pada gilirannya, ini perawatan diri / self-tanggung mengarah perawat untuk kesadaran yang lebih besar dari keterkaitan semua individu dan hubungan mereka kepada masyarakat manusia dan global.
Dossey telah mengembangkan teori keperawatan terpisahkan yang menempatkan perawatan holistik dalam konteks relasional dan lingkungan perawatan-memberi dan masyarakat. Teori ini berusaha untuk memperluas paradigma kita saat perawatan untuk mengatasi tidak hanya pasien berpusat langsung asuhan keperawatan, tetapi juga bagaimana kita bekerja sama dan menggunakan energi kita sebagai penyedia layanan kesehatan dalam sistem perawatan kesehatan, dan tindakan masyarakat dalam mendukung kesehatan dan penyembuhan.
Gerakan keperawatan holistik telah berkembang selama beberapa dekade terakhir untuk memasukkan perawat yang berlatih secara luas dalam kerangka holistik, serta perawat yang telah terintegrasi berbagai modalitas sekarang dikenal sebagai terapi komplementer atau alternatif untuk mempromosikan penyembuhan. Perawat memainkan peran sentral sebagai penyedia terapi komplementer; dan ini adalah fenomena universal dengan minat dalam penggunaan terapi komplementer di seluruh dunia. Di Amerika Serikat saja, 38% dari orang dewasa dan bahkan lebih (60%) orang dewasa yang lebih tua melaporkan menggunakan beberapa bentuk, menurut NCHS. Banyak perawat yang praktek keperawatan holistik mengintegrasikan pelengkap / modalitas alternatif (CAM) dalam praktek klinis untuk mengobati fisiologis orang, psikologis, dan kebutuhan rohani (lihat daftar side bar). Integrasi ini berfungsi untuk melengkapi dan / atau membantu terapi medis dan keperawatan konvensional. Maksud dari ini tidak hanya memperkaya lingkup praktik keperawatan, tetapi juga membantu pasien individu untuk mengakses potensi penyembuhan mereka yang terbesar.
Pengakuan meluasnya penggunaan terapi gratis didorong US National Institute of Health untuk mendanai penelitian di bidang ini. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis bukti tentang berbagai terapi komplementer. Bukti berdasarkan terapi komplementer dan alternatif adalah salah satu sarana yang dukungan lebih lanjut akan mengumpulkan. Upaya ini telah membantu dalam mengidentifikasi mana terapi bekerja paling efektif di mana situasi; meskipun tantangan masa depan tetap untuk mengidentifikasi "bagaimana dan mengapa".
Seperti Amerika Serikat berjuang untuk mereformasi kebijakan nasional untuk mendukung perawatan diperluas untuk rakyatnya, nilai mempromosikan berbagai gratis pilihan penyembuhan, bersama dengan pilihan tradisional, menjadi perhatian penting. Tantangannya adalah untuk penyedia layanan kesehatan untuk bersatu untuk mendukung kebijakan yang bergerak di luar perawatan penyedia berpusat untuk pendekatan holistik yang mendukung penyembuhan pasien berpusat. Dossey berpendapat bahwa, "perawat perlu untuk menghasilkan visi, keberanian, dan harapan yang diperlukan untuk menyatukan perawat dan keperawatan." Nursing kesatuan dalam mendukung reformasi kesehatan yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan di masa sulit dari lokal ke global. Tindakan ini merupakan cerminan dari teori integral, tapi hampir tidak masalah filsafat - melainkan adalah pragmatis masalah kelangsungan hidup untuk perawatan kesehatan.

E.     Konsep Holisme dan Keperawatan Holistic
Istilah holisme ditemukan oleh jan smuts,seorang negarawan dari Afrika Selatan,dalam bukunya yang berjudul Holisme dan evolution (1926). Smuts membuat teori bahwa alam cenderung menyatukan sesuatu guna membentuk organisme yang utuh dan bahwa factor penentu di alam dan evolusi adalah satu kesatuan,tidak terpisah-pisah. Konsep tersebut semakin diminati pada tahun 1940-an dan 1950-an, saat Dunbar (1945), seorang perintis pengibatan psikomatis, menerbitkan studi menghubungkan stress dan tipe kepribadian dengan penyakit fisik dan Hans Selye(1956) menerbitka teori-teorinya tentang psikofiologi stres. Teoretikus keperawatan Martha Rogers (1970) memperkenalkan filosofinya tentang Ilmu Manusia Sebagai Satu Kesatuan yang Utuh karya penting yang melandasi tahapan teori keperawatan Holistik seperti yang dikemukakan oleh Parse (1981), Nawman (19 86), dan Watson (1988).
Dalam teori holistic, semua organism hidup dipandang sebagai satu kesatuan yang utuh dan berinteraksi yang lebih dari sekedar jumlah bagian-bagiannya. Menurut pandangan ini , setiap gangguan pada salah satu bagian adalah gangguan pada keseluruhan system ; degan kata lain, gangguan tesebut mempengaruhi makhluk secara utuh. Oleh karena itu perawat harus tetap memandang  makhluk sebagai satu kesatuan saat mengkaji salah satu bagian dari individu dan memerhatikan bagaimana bagian tersebut berhubungan dengan yang lain. Perawat juga harus memerhatikan bagaimana individu tersebut berinteraksi  dan berhubungan dengan lingkungan luar dan orang lain.
Teori holistic menyebutkan bahwa kekuatan alam perlu dijaga seimbang atau selaras guna mempertahankan kesehatan. Kehidupan manusia adalah salah satu aspek alam yang harus selaras dengan bagian alam lain. Ketika keseimbangan atau keselarasan alam terganggu,timbul penyakit. Banyak budaya memegang kepercayaan kesehatan yang holistic selama berabad-abad. Kesehatan holistic, kemudian melibatkan individu yang utuh; keutuhan diri dan keseluruhan kualitas gaya hidup orang tersebut.Layanan kesehatan holistic meliputi pendidikan kesehatan, promosi kesehatan, pemeliharaan kesehatan pencegahan penyakit dan perawtan pemulihan-rehabilitas. Identifikasi kebutuhan pasien,serta rencana, implementasi, dan evaluasi perawatan yang holistik membutuhkan kepekaan terhadap nilai-nilai individu, keluarga, dan budaya. Kotak wawancara pengkajian berisi anjuran pertanyaan yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pandangan klien terhadap CAM sambil mengumpulakan riwayat kesehatan.
Tujuan keperawatan holistic sebagai mana deskripsi  American Holistic Nurses Association (AHNA) adalah meningkatkan kesembuhan individu yang utuh dari lahir hingga wafat (Frisch,Dossey,Guzzetta & Quinn,2000).perawat holistic mengenali dimensi biopsikososial dan spiritual individu. Mereka juga mnegenali bahwa individu adalah satu kesatuan yang utuh yang hidupnya terkait dengan keluarga, masyarakat, budaya,dan lingkungan.Standard of Holistic Nursing Practice AHNA  berpusat pada lima nilai inti : filosofi dan pendidikan kesehatan holistic ; etika,teori, dan penelitian holistic; perawatan diri perawat yang holistic; komunikasi holistic, lingkungan terapeutik, dan keragaman budaya ; dan proses perawatan holistic (Dossey,Keegaan,dan guzzeta 2000). Dengan demikian CAM hanyalah satu bagian praktik keperawatan holistic.
Praktisi kesehatan holistic berfokus pada pemikiran yang utuh,perpaduan antara proses linear yang diatur oleh hemisfer kiri otak dan proses pemikiran diuditif yang diatur oleh hemisfer kanan. Otak kiri selalu dianggap sebagai hemisfer yang dominan dan dinilai bermanfaat oleh pengongobatan Barat karena mengatur nalar, dan aspek piker verbal, matematis dan berhitung.

F.     Hubungan Terapi Komplementer Dan Holistik
Terapi komplementer telah didefinisikan sebagai teknik pengobatan yang tujuan adalah untuk membangkitkan penyembuhan, dengan mempertimbangkan hubungan tubuh-pikiran-jiwa dari setiap individu (Dossey, 1995). Dalam hal ini ketika perawat akan melakukan terapi komplementer tersebut, perawat harus tetap memandang makhluk (pasien tersebut) sebagai satu kesatuan saat mengkaji salah satu bagian dari individu tersebut ketika berinteraksi dan berhubungan dengan lingkungan luar dan orang lain. Mereka juga (perawat) mengenali bahwa pasien adalah satu kesatuan yang utuh yang hidunya terkait dengan keluarga, masyarakt, budaya dan lingkungan. Sehingga perawat harus mengkaji masalah pasien secara holistik sebelum melakukan terapi komplementer tersebut.

G.    Konsep Penyembuhan
Penyembuhan lebih sulit dipahami dibandingkan patofiologi. Hingga kini, gagasan mengobati, bukan menyembuhkan, memdominasi cara perawatan keehatan Barat, degan penekanan pada teknologi, kekuatan, anlisis, danj perbaikan bagian yang rusak. Memgobati juga menyiratkan bahwa orang yang memberikan pengobatan adalah pihak yang pasif.
-          Era pengobatan menurut Dossey
Dua praktisi terkenal di bidang CAM adalah Lerry dan Barbara Dossey, Larry Dossey, MD, editor eksekutif Alternative Therapies in Health and Medice yang didirikan pada tahun 1995, menggolonkan era pengobatan menjadi tiga era yang berbeda berdasarkan pendekatannya terhadap sehat, sakit, dan penyembuham (Dossey,1993)
Era I adalah masa pengobatan “fisik”, yang dimulai sejak lahir tahun 1980-an dan tetap berpengaruh dan efektif sampai sekarang. Masa ini berfokus pada pengaruh “sesuatu” pada tubuh dan mencakup terapi medis barat, seperti obat-obatan, pembedahan, radiasi, dan lain-lain . Masa I dipandu oleh hukum klasik dan materi dan energi:alam semesta dan tubuh dipandang sebagai mekanisme seperti jam besar yang berfungsi sesuai prinsip penyebab yang menentu.
Era II adalah masa pengobatan “pikiran tubuh”. Yang berlembang pada pertengahan tahun 1950-an dan masih masih berkembang sampai sekarang. Dossey (1993)  menandai pertengahan taghun 1950-an sebagai permulaan pengobatan Era II karena sejak itu, pendekatan pikiran-tubuh pertama kali mulai menyedot perhatian dikalangan peneliti, persepsi,pikiran,emosi, sikap dan citra ditemukan sangat mempengaruhi tubuh  dan diketahui terapeutik dan penting untuk penyembuhan. Terapi pikran-tubuh berfokus pada membantu indivuidu untuk memakai pikirannya guna menyembuhkan tubuhnya sendiri dan mencakup teknik relaksasi, sebafian besar ripe terapi imajinasi, umpan balik hayati,hipnosis, dan konseling.
Era III adalah masa pengobatan “nonlokal” atau “transpersonal”. Dossey membedakan terapi Era III dari terapi Era II sebagai berikut: Terapi Era I Ddan Era II menitikberatkan pada terapi “lokal”. Terapi tersebut memakai kerangka kerja waktu-ruang klasik yang memandang pikiran sebagai titik terlokalisasi dalam ruang (yaitu,otak dan waktu masa sekarang). Sebaliknya, pengobatan pada Era III tidak memandang  “pikiran” atau “kesadaran” terlokalisasi dalam otak individu dan terbatas pada masa sekarang: bahkan era ini mengklaim bahwa pikiran dapat bergerak menembus waktu dan ruang. Oleh karena itu,pengobatan Era III dipandang sebagai pengobatan nonlokal dan transpersonal :pikiran dianggap sebagai faktor yang dapat mempengaruhi penyembuhan antar individu. Terapi Era III selalu melibatkan seorang pengirim, atau penyembuh.dan seorang penerima, arau orang yang disembuhkan. Terapinya mencakup sentuhan terapi tanpa menmyentuh,doa perantara, imajinasi transpersonal, beberapa tipe penyembuhan perdukunan, dan semua bentuk penyembuhan jarak jauh. Sentuhan terapi tanpa sentuhan dan doa perantara dibahas kemudian dalam bab ini.

-          Bodymind atau minded body
              Barbara Dossey, Phd, RN, telah menjadi seorang pendidik, konsultan,peneliti, dan penulis dalam bidang keperawatan holistik sejak awal tahun 1980-an. Dr. Dossey dan koleganya menggunakan istilah mindedbody untuk menmjelaskan suatu keadaan utuh yang meliputi tubuh, pikiran, dan jiwa (Bartol & Courts,2000). Dahulu,pikrandiyakini terletakdi dalam sruktur anatomis otak: namun, sebagian orang berpendapat bahwa proses ingatan,pikiran, dan perilaku disimpan di seluruh tubuh. Penulis ini lebih menyukai istilah minded body. Untuk menekankan bahwa kualitas yang kita asosiasikan dengan pikiran (termasuk pengetahuan,emosi dan kesadaran) disebarkan kes elruh tubuh. Kesulitan  istilah ini muncul karena tubuh adalah bagian dari pengalaman sehari hari, sementara pikiran dan jiwa adalah konsep abstrak. Menurut Benner dan Wrubel (1989), seseorang bukan pikiran atau jiwa dalam tubuh (pepatah “ghost in the machine”), melainkan perwujudan yang utuh. Benner membahas masalah tersebut bersama para penelaah holistik yang melihat tubuh sebagai kendaraan semata untuk perkembangan atau ekspresi pikiran,jiwa, dan roh sertya mengemukakan bahwa tubuh yang berakal,sadar, dan berkehendak adalah kesatuan yang suci.
Sistem limbik-hipotalamus, yang berpusat di otak dan secara biokimiawi saling terkait dengan semua bagian lain tubuh, memfasilitasi integrasi pikiran,emosi, dan sensasi di tingkat fisiologis dan sel. Landasan teoretis untuk penyembuhan bodymind sangat rumit: teori tersebut mencakup, tetapi tidak terbatas pada transduksi informasi, dan modulasi  sistem otonom, endokrin, imun,n dan neuropeptida (Bartol & Courts,2000)
              Transduksi informasi adalah pengubahan atau informasi informasi atau energi dari satu bentuk ke bentuk lain. Pikiramn dipandang sebagaio cara alamii menerima, menghasilkan, dan mentransduksi informasi. Informasi (sebuah gagasan atau peristiwa) yang baru menentang, menggugah rasa ingin tahu, atau misterius memioliki nilai informasi tertinggi. Informasi tersebut meniumbulkan perubahan dalam tubuh dan pikiran yang mempercepat jaras saraf dan  kesadaran untyuk terhubung guna menghasilkan transduksi oinformasi. Dua contoh transduksi adalah pemakaian teknik relaksasi dan imajinasi. Teknik relaksasi dapat mempengaruhi penurunan tekanan darah, frekuensi jantung, frekuensi pernapasan, dan  nyeri. Imajinasi mengubah citra atau gagsan menjadi tindakan relaksasi dan penyembuhan fisiologis.
              Modulasi pikiran adalah proses pengubahan pesan saraf (pikiran,sikap,perasaan, dan emosi) menjadi molekul perantara neurohormonal dan menghubungkannya dengan semua sistem tubuh yang menimbulkan keadaan sehat atau sakit oleh otak (Bartol & Courts,2000) pikiran memodulasdi aktivitas biokimia sel dalam semua sistem organ utama, yaitu,siostem saraf otonom,sistem endokrin, sistem imun, dan sistem neuropeptida. Semua sistem ini terkait erat:tidak ada satu pun yang dapat dipuisahkan sari yang lain, aktivitas salah satu dari sistem ini dapat memodulasi akjtivitas yang lain.
              Modulasi pikiran melalui sistem saraf otonom digunakan dalam terapi holistik, seperti relaksasi, imajinasi, meditasi, dan terapi musik. Terapi ini menyokong penyembuhan bodymind dengan mengurangi respons simpatis seseorang terhadap stres, sehingga memungkinkan pengaruh menenangkan sistem parasimpatis untuk mendominasi
Pengaruh sistem otonom
Cabang parasimpitis (Relaksasi)
Cabang simpatis (Aktivasi)
Penurunan ukuran pupil
Peningkatann ukuran pupil
Penurunan sekresi lakrimal
Peningkatan sekresi kelenjar lakrimal
Peningkatan aliran saliva
Penurunan aliran saliva
Penurunan frekuensi jantung
Peningkatan frekuensi jantung
Vasodilatasi
Vasokonstriksi
Bronnkokonstriksi
Bronkodilatasi
Peningkatan motilitas dan sekresi lambung
Penurunan motalitas dan sekresi lambung
Peningkatan sekresi pankreas
Penurunan sekresi pankreas

Peningkatan sekresi adrenal (epinetrin dan kortisol)
Peningkatan motalitas usus
Penurunan motalitas usus
*Peningkatan sekresi adrenal menyebabkan respons fight-or-flight atau sidrom adaptasi umum.

Modulasi pikiran melalui sitem imun melibatkan area.Reseptor pada permukaan limfosit T dan B yang dapat mengaktifkan, mengarahkan, dan memodifikasi fungsi imun.Penelitian menunjukkan korelasi langsung antara relaksasi, imajinasi, dan fungsi siostem imun.
Neuropeptida, molekul perantara asam amino yang dihasilkan di berbagai tempat diseluruh tubuh,adalah kunci lain untuk memahami interkoneksi bodymind. ketika melekat pada satu era reseptor, neuropeptida  mempermudah atau menghambat respons seluler. Neuropeptida adalah “molekul perantara” yang bertanggung jawab menghubungkan tubuh dan emosi. Sistem otonom,endokrin, dan imun kendaraan untuk neuropeptida tersebut.
Area lain pada pemikiran-tubuh adalah psikoneurolmunoligi,yang berfokus pada hubungan antara stress, sistem imun,dan hasil kesehatan (DeAngelis, 2002). Emosi dan sosial dan fungsi fisiologis.meskipun penelitian belum menunjukkan pengaruh yang mutlak, terdapat bukti penelitian yang menunjukkan sebaliknya: yaitu aktivitas tubuh memengaruhi otak. Penelitian di masa mendatang dapat mencakup upaya mengidentifikasi jenis intervensi (seperti manajemen stres) yang memodifikasi keadaan psikologis seorang dalam upaya memengaruhi fungsi fiologis mereka.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
CAM yang disepakati adalah suatu bentuk penyembuhan yang bersumber pada berbagai sistim, modalitas dan praktek kesehatan, yang didukung oleh teori dan kepercayaan.Termasuk di dalamnya latihan atau usaha untuk menyembuhkan diri sendiri. CAM digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit atau juga untuk meningkatkan taraf kesehatan. Walaupun demikian ada perbedaan antara alternatif dan komplementer. Terapi alternatif adalah terapi di luar terapi konvensional. Sementara komplementer berarti pelengkap bagi terapi konvensional yang ada dan telah terbukti bermanfaat.

B.     Saran
Semoga makalah kami dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca serta dapat menjaga makalah dari kelompok kami, apabila ada  kritik dan saran bagi makalah kami, kami dapat menerima. Terimakasih.


DAFTAR PUSTAKA

Dossey, B. (2008). A Theory of Nursing Integral. Kemajuan dalam Ilmu Keperawatan 31 (1): E52-E73.
Dossey, B. Keegan, L, (2008). Perawatan holistik: Buku Pegangan untuk Praktek, Edisi Kelima. Boston: Jones & Bartlett.
Frisch, N. (31 Mei, 2001). "Standar Praktik Keperawatan Holistik: A Way untuk Berpikir Tentang Perawatan kami Itu Termasuk Pelengkap dan Alternatif Modalitas" Online Journal of Isu dalam Keperawatan.. Vol. 6 No. 2, Naskah 4.
https://www.scribd.com/doc/243598041/Makalah-Penyembuhan-Alternatif-dan-Komplementer
Dossey, BM dan Keegan, L. (2013).
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.dosseydossey.com/barbara/tin.html&prev=search

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Barbara Dossey"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */