Makalah Sumber Daya Hewani dan Nabati

BAB 1
SUMBER DAYA HEWAN DAN TUMBUHAN

 1. Latar Belakang
Sumber daya hewan adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan. Hewan adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan hewan (animalia)dan salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta. Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi hewan liar dan hewanpeliharaan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas dan bisa mencarimakan sendiri. Hewaan peliharaan adalah hewan yang dipelihara atas dasar hobi ataukesenangan semata. Dan beda lagi dengan hewan ternak adalah hewan yangdikembang biakan dan kemudian dimanfaatkan atau diperjual belikan. Berdasarkan jenisnya hewan termasu kedalam sumber daya alam biotik dandapat diperbaharui dan diperbanyak jumblah populasinya sedangkan Sumber Daya Alam Nabati atau tumbuhan adalah Sebagian besar sumber daya pangan, berasaldari tanaman budi daya. Tanaman yang kita manfaatkan sebagai sumber karbohidratialah padi, jagung, ubi, ubi kayu dan ubi-ubi lain, seperti gadung kerut, dan ganyong.Yang kita manfaatkan sebagai sumber lemak ialah kelapa, kelapa sawit, dan kacangtanah. Sedangkan yang kita manfaatkan sebagai sumber protein adalah kedelai,kacang hijau, serta jenis kacang- kacangan lainnya. Sayur dan buah-buahan kita manfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral. Sumber daya alam dapat dibedakan menurut sifatnya, yaitu sumber daya alamfisik (tanah, air, dan udara) dan sumber daya alam hayati (hutan, padang rumput,tanaman, pertanian, perkebunan, margasatwa, dan populasi ikan). Menurut Isard, 1972 dalam Soerianegara, 1977, sumber daya alam dapat dilihatdari tiga kemungkinan pemulihannya, yaitu sebagai berikut: 1. Sumber daya alam yang dapat dipulihkan (renewable atau flow reseource) adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui, berupa benda hidup yang dapat dikembangkan terus-menerus sehingga tidak pernah habis. 2. Sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan (nonrenewable, fund atau stock reseources) adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga tidak dapat dikembangkan apabila telah habis, karena berupa benda- benda mati sehingga tidak dapat dikembangbiakan. Contohnya adalah minyak bumi, batu bara, bauksit, emas, perak, dan timah. 3. Sumber daya alam yang tidak akan habis atau pernah (continuous atau inhausetable reseources) adalah sumber daya alam yang berupa benda mati, tetapi mempunyai sifat tidak pernah punah atau habis karena terus-menerus

2. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Sumber daya alam Hewan dan Tumbuhan  ?
2. Pemanfaatan  Sumber daya alam Hewan dan Tumbuhan ?
3. Bagaimana Penyebarannya Sumber daya alam Hewan dan Tumbuhan ?

3.Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini hanya untuk mengetahuipengertian,pengelompokan, pemanfaatan, dan persebarannya dari Sumber daya alam Hewan dan Tumbuhan .   

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1   SUMBER DAYA HEWAN DAN TUMBUHAN

2.1.1 Sumber Daya Hewan
  Sumber daya hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan.Sumberdaya hewani           dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk, seperti:
      A .  kebutuhan pangan
      B . .kebutuhan tenaga atau energi
      C . Sumber daya hewani terdiri atas peternakan dan perikanan:

 A. Peternakan 
Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Peternakan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut: - Peternakan hewan besar, contohnya sapi, kerbau, dan kuda. - Peternakan hewan kecil, contohnya kambing, domba, dan babi. - Ternak unggas, contohnya ayam, itik, dan burung puyuh.

B.Perikanan 
Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya. Di Indonesia, menurut UU RI no. 9/1985 dan UU RI no. 31/2004, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Dengan demikian, perikanan dapat dianggap merupakan usaha agribisnis. Usaha perikanan Indonesia terdiri atas tiga jenis, yaitu :

 - Perikanan air tawar adalah perikanan yang diusahakan di kolam dan perairan umum (sungai,           danau, dan rawa) ataupun lahan sawah (mina padi).

 - Perikanan air payau adalah perikanan yang diusahakan dalam bentuk tambak di muara sungai         ataupun daerah yang dekat dengan air laut

- Perikanan air asin atau laut adalah perikanan yang diusahakan di wilayah perairan laut. Jenis          ikan  yang dihaislkan, antara lain tuna, cakalang, pari, teri, dan cucut.

 Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Termasuk sumber daya alam satwa liar adalah penghuni hutan,penghuni padang rumput, penghuni padang ilalang, penghuni steppa, dan penghuni savana. Misalnya badak, harimau, gajah, kera, ular, babi hutan, bermacam-macam burung, serangga, dan lainnya. Termasuk sumber daya alam hewan piaraan antara lain adalah lembu, kuda,domba, kelinci, anjing, kucing, bermacam- macam unggas, ikan hias, ikan lele jumbo, ikan lele lokal, kerang, dan siput. Terhadap hewan peliharaan itulah sifat terbarukan dikembangkan dengan baik.Selain memungut hasil dari peternakan dan perikanan, manusia jugs melakukanpersilangan untuk mencari bibit unggul guns menambah keanekaragaman ternak. Dipandang dari peranannya, hewan dapat digolongkan sebagai berikut :

a. Sumber pangan, antara lain sapi, kerbau, ayam, itik, lele, dan mujaer.
b. Sumber sandang, antara lain bulu domba dan ulat sutera.
c. Sumber obat-obatan, antara lain ular kobra dan lebah madu.
d. Piaraan, antara lain kucing, burung, dan ikan hiss.

 Untuk menjaga kelestarian satwa Langka, maka penangkapan hewan-hewan dan juga perburuan haruslah mentaati peraturan tertentu seperti berikut ini :

a. Para pemburu harus mempunyai lisensi (surat izin berburu).
b. Senjata untuk berburu harus tertentu macamnya.
c. Membayar pajak dan mematuhi undang-undang perburuan.
d. Harus menyerahkan sebagian tubuh yang diburunya kepada petugas sebagai tropy, misalnya            tanduknya.
e. Tidak boleh berburu hewan-hewan langka.
f. Ada hewan yang boleh ditangkap hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya, ikan salmon       pada musim berbiak di sungai tidak boleh ditangkap, atau kura-kura pads musim akan bertelur.
g. Harus melakukan konvensi dengan baik. Konuensi ialah aturan-aturan yang tidak tertulis tetapi     harus sudah diketahui oleh si pemburu dengan sendirinya. Misalnya, tidak boleh menembak           hewan buruan yang sedang bunting, dan tidak boleh membiarkan hewan buas buruannya lepas      dalam keadaan terluka. Akan tetapi, seringkali peraturan-peraturan tersebut tidak ditaati bahkan      ada yangdiam-diam memburu satwa langka untuk dijadikan bahan komoditi yang                            berharga.Satwa  yang sering diburu untuk diambil kulitnya antara lain macan, beruang, danular,      sedangkan gajah diambil gadingnya


2.1.2 Sumber Daya Tumbuhan

Sumber Daya Alam Nabati Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contoh sumber daya alam nabati, antara lain pertanian, hutan, danperkebunan.

 A . Sumber daya pertanian Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Data statistik pada tahun 2001 menunjukkan bahwa 45% penduduk Indonesia bekerja di bidang agrikultur. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa negara ini memiliki lahan seluas lebih dari 31 juta ha yang telah siap tanam, dimana sebagian besarnya dapat ditemukan di Pulau Jawa. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong. Di samping itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain karet (bahan baku ban), kelapa sawit (bahan baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula pasir). Bentuk pertanian di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pertanian lahan basah (sawah) dan pertanian lahan kering (ladang).
  •  Pertanian lahan basah Usaha pertanian lahan basah hanya dapat dilakukan di daerah yang memiliki cadangan air cukup banyak dan biasanya terdapat di daerah dataran rendah.
  • Pertanian lahan kering Pertanian lahan kering merupakan jenis pertanian padi yang dilakukan di daerah-daerah yang persediaan airnya sangat kurang. Biasanya dilakukan di daerah perbukitan. Jenis padi yang dibudidayakan adalah padi gogo.
 B . Sumber daya hutan Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisisumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alamlingkungannya, yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan (UU RINo.41 tahun 1999). Berdasarkan fungsi pokok, hutan dapat dibedakan menjadi tiga jenis hutan:
  • Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan konservasi masih dapat dibedakan menjadi tiga:
  1.  Kawasan hutan suaka alam adalah hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman.
  2. Kawasan hutan pelestarian alam adalah hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
  3. Taman baru adalah kawasan hutan yang ditetapkan sebagai tempat wisata berburu.
  • Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.
  •  Hutan produksi adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok memproduksi hasil hutan
Apabila dikaji lebih jauh, fungsi hutan bagi kehidupan secara umum dapatdibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

 a. Fungsi klimatologis adalah fungsi yang berkaitan dengan iklim.
 b. Fungsi hidrologis adalah fungsi hutan sebagai penyimpan cadangan air.
 c. Fungsi ekonomis adalah fungsi hutan sebagai penghasil komoditas perdagangan.

Secara umum, manfaat lain yang dapat diambil dari sumber daya hutan adalahsebagai berikut:
  • Kayu
  • Ranting dan daun-daunan yang melapuk dengan tanah merupakan bahan pembentuk humus penyubur tanaman.
  •  Akar pohon-pohon dapat mengikat tanah permukaan sehingga dapat mengurangi kecepatan erosi.
  •  Hutan merupakan paru-paru dunia yang senantiasa menjaga stabilitas CO2 dan O2.
  •  Hutan juga merupakan tempat tinggal berbagai satwa liar

C. Sumber daya perkebunan Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat beragam danmelimpah. Organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen danpati melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, tumbuhan merupakan produsenatau penyusun dasar rantai makanan. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihandapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan hal ini akan berdampakpada rusaknya rantai makanan. Kerusakan yang terjadi karena punahnya salahsatu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat diatasnya. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya:

 a. Bahan makanan: padi, jagung,gandum,tebu
 b. Bahan bangungan: kayu jati, kayu mahoni
 c. Bahan bakar (biosolar): kelapa sawit
 d. Obat: jahe, daun binahong, kina, mahkota dewa
 e. Pupuk kompos.

Ditinjau dari segi pengusahaannya:

a . Perkebunan besar Perkebunan besar adalah jenis perkebunan yang diusahakan oleh perusahaan       swasta dan pemerintah dalam skala besar.
b. Perkebunan rakyat Perkebunan rakyat adalah jenis perkebunan yang diusahakan oleh penduduk      dalam skala kecil 6

2.2  PEMANFAATAN SUMBER DAYA HEWAN DAN TUMBUHAN 

2.2.1 Pemanfaatan Sumber Daya Hewan
  • Sumber daya alam hewani juga dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan sumber sandang. Pakaian manusia, sebagian dibuat dan dihias dengan bulu atau kulit hewan. Misalnya, bulu beruang kutub untuk mantel, kulit buaya, kulit sapi sebagai bahan pembuat tas, sepatu, dan perlengkapan lainnya.
  • Dalam kaitannya dengan benda-benda budaya, hewan dimanfaatkan sebagai benda-benda hasil seni dan nilai budaya manusia. Misalnya, lokan disusun dan dirangkai menjadi benda-benda perhiasan selain itu, hewan-hewan yang bulunya indah diawetkan sebagai hiasan rumah.
  • Sumber daya alam hayati juga dimanfaatkan dalam meningkatkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia. Bentuk dan cara hidup hewan dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan hasil karya dan hasil cipta manusia. Misalnya, bentuk kapal selam menyerupai ikan yang sedang menyelam, bentuk sayap dan cara burung terbang memberikan inspirasi pengembangan industri pesawat terbang, sedangkan kicau burung memberikan inspirasi untuk menciptakan lagu.

2.2.2 Pemanfaatan Sumber Daya Tumbuhan
  • Sebagian besar sumber daya pangan, beraal dari tanaman budi daya. Tanaman yang kita manfaatkan sebagai sumber karbohidrat ialah padi, jagung, ubi, ubi kayu dan ubi-ubi lain, seperti gadung kerut, dan ganyong. Yang kita manfaatkan sebagai sumber lemak ialah kelapa, kelapa sawit, dan kacang tanah. Sedangkan yang kita manfaatkan sebagai sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya. Sayur dan buah-buahan kita manfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral.
  • Tumbuhan juga kita manfaatkan sebagai sumber sandang, misalnya kapas, serat sisal, dan serat haramay. Selain sebagai sumber sandang, tanaman yang menghasilkan serat ini juga kita manfaatkan untuk pembuatan karung goni dan bahan pembungkus lainnya.
  • Beberapa jenis tanaman, dimanfaatkn manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain cengkeh, serih, tengkawang, kayu putih, dan kananga. Tanaman ini sebagian sudah dibudidayakan, tetapi sebagian lain masih tumbuh liar dalam hutan. Prospek ekonomi hasil hutan sangat menarik, sehingga hutan dijadikan sumber daya alam yang sangat penting.
  • Berbagai jenis tanaman, dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias, yang menyemarakkan kehidupan manusia, dan juga meningkatkan nilai budaya. Tanaman yang mempunyai potensi tinggi sebagai tanaman hias adalah anggrek, di samping berbagi jenis tanaman hias lainnya.
  • Berbagai jenis kayu, telah dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel, seperti kayu jati yang telah banyak dibudidayakan, serta kayu dari huta, seperti meranti, rasamala, rotan, bambu, dan kayu jenis lainnya. Kayu hutan ini sebagian diekspor dalam bentuk kayu lapis.
  • Berbagai jenis tumbuhan sebagai sumber obat-obatan, yang lebih dikenal dengan apotik hidup. Kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, temu lawak, dan beberapa jenis tanaman lainnya merupakan bahan dasar untuk membuat obat tradisional.
  • Untuk keperluan industri, orang membudidayakan beberapa jenis tanaman secara luas dalam bentuk perkebunan. Tanaman budi daya industri, antara lain the, kopi, tebu, tembakau, lada, gambir, dan vanila. Tanaman ini merupakan komoditas ekspor penting yang menghasilkan devisa negara


2.3 PERSEBARAN SUMBER DAYA HEWAN DAN TUMBUHAN

2.3.1 Persebaran Sumber Daya Alam Hewan  

Pada umumnya wilayah persebaran fauna di Indonesia dibagi 3 wilayah yaitu,wilayah Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, dan Indonesia BagianTimur. Ketiganya dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Bagian barat lebihcenderung mengikuti ragam hewan Asia, sedangkan bagian timur mengikuti ragamhewan Australia. Ciri-ciri khusus hewan Indonesia terdapat pada wilayah bagiantengah.

2.3.2 Persebaran Sumber Daya Alam Tumbuhan

Persebaran Sumber Daya Alam Nabati Persebaran sumber daya alam hayati diIndonesia ada dua, yaitu persebaran floradan persebaran fauna. Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipisahkan oleh gariskhayal yang berupa palung laut, yaitu yang disebut dengan garis weber dan gariswallace. Garis weber merupakan garis khayal yang memisahkan antara jenis faunabagian barat (Asiatis) dengan fauna bagian tengah. Sedangkan garis wallacemerupakan garis khayal yang memisahkan antara jenis fauna bagian timur (Australis)dengan fauna bagian tengah.  



                                                                         BAB 3
                                                                     PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudahdibudidayakan. Termasuk sumber daya alam satwa liar penghuni hutan, penghunipadang rumput, penghuni padang ilalang, penghuni steppa, dan penghuni savana . Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsipekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalammemikirkan kelanjutan SDM. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan padaterwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia.Maka prioritas utama pengelolaan adalah upaya pelestarian lingkungan, supaya dapatmendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak atau musnahkehidupan bisa terganggu
3.2   Saran
·         Sumber daya alam perlu dilestarikan supaya dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak atau musnah kehidupan bisa terganggu.
·         Saran Penulis merupakan seorang yang tidak lepas dari kesalahan, sehingga masih banyak kekurangan dalam makalah ini, penulis berharap agar pembaca dapat mengembangkan makalah ini dan memberi kritik agar lebih baik untuk waktukedepan. Dan kita juga harus bisa melestarikan sumber daya alam nabati mulai darisumber daya pertanian, sumber daya hutan, dan sumber daya perkebunan .


                                                        DAFTAR PUSTAKA

 Soedjono, dkk. 1996. Biologi SMU II. PT. Multi Adiwitata, BandingWahono, Lili, dkk., 1994.
 Biologi SLTP I. Banding; PT. Sarana Panca KaryaRustam, Nuryani dan Otang Hidayat, 1994,
 Biologi SLTP II. Jakarta; DepartemenPendidikan dan 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam_nabat
ihttp://www.crayonpedia.org/mw/Sumber_Daya_Alam_10.2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Sumber Daya Hewani dan Nabati"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */