Asuhan Keperawatan Asma Bronchial

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Asthma bronchial adalah suatu penyakit dengan ciri meningkatnya respon trakea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun hasil dari pengobatan.
Kira-kira 2-20% populasi anak dilaporkan pernah menderita asma. Belum ada penyelidikan menyeluruh mengenai angka kejadian asma pada anak Indonesia, namun diperkirakan berkisar antara 5-10%. Asma dapat timbul pada segala umur; 30% penderita bergejala pada umur 1 tahun, sedang 80-90% anak asma mempunyai gejala pertama sebelum umur 4-5 tahun.
Dua pertiga penderita asma bronkial merupakan asma bronkial alergi (atopi) dan 50% pasien asma bronkial berat merupakan asma bronkial atopi. Asma bronkial atopi ditandai dengan timbulnya antibodi terhadap satu atau lebih alergen seperti debu, tungau rumah, bulu binatang dan jamur. Atopi ditandai oleh peningkatan produksi IgE sebagai respon terhadap alergen. Prevalensi asma bronkial non atopi tidak melebihi angka 10%. Asma bronkial merupakan interaksi yang kompleks antara faktor genetik dan lingkungan. Data pada penelitian saudara kembar monozigot dan dizigot, didapatkan kemungkinan kejadian asma bronkial diturunkan sebesar 60-70%.

1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Apa definisi dari Asma bronkial?
1.2.2        Apa etiologi dari Asma bronkial?
1.2.3        Bagaimana klasifikasi dari Asma bronkial?
1.2.4        Bagaimana patofisiologi dari Asma bronkial?
1.2.5        Apa saja manifestasi klinis dari Asma bronkial?
1.2.6        Bagaimana penatalaksanaan yang tepat pada penderita Asma bronkial?
1.2.7        Apa saja komplikasi dari Asma bronkial?
1.2.8        Bagaimana proses keperawatan yang sesuai pada Asma bronkial?

1.3  Tujuan Penulisan
1.3.1        Tujuan Umum
Untuk mengetahui secara umum dan keseluruhan mangenai penyakit Asma bronkial agar dapat memeberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan Asma bronkial sebaik mungkin.
1.3.2        Tujuan Khusus
1.      Untuk mengetahui dan memahami definisi dari Asma bronkial
2.      Untuk mengetahui dan memahami etiologi dari Asma bronkial
3.      Untuk mengetahui dan memahami klasifikasi dari Asma bronkial
4.      Untuk mengetahui dan memahami patofisiologi dari Asma bronkial
5.      Untuk mengetahui dan memahami apa saja manifestasi klinis dari Asma bronkial
6.      Untuk mengetahui dan memahami penatalaksanaan yang tepat pada penderita Asma bronkial
7.      Untuk mengetahui dan memahami apa saja komplikasi dari Asma bronkial
8.      Untuk mengetahui dan memahami proses keperawatan yang sesuai pada Asma bronkial

1.4  Manfaat
1.4.1     Bagi mahasiswa
Mahasiswa di Jurusan Keperawatan mendapat informasi tentang konsep dasar Asma bronkial dan Asuhan Keperawatannya.



BAB II
TINJAUAN TEORITIS
2.1 Konsep Dasar
2.1.1 Definisi Asma Bronchial
            Asthma adalah suatu gangguan yang komplek dari bronkial yang dikarakteristikan oleh periode bronkospasme (kontraksi spasme yang lama pada jalan nafas). (Polaski : 1996). Asthma adalah gangguan pada jalan nafas bronkial yang dikateristikan dengan bronkospasme yang reversibel. (Joyce M. Black : 1996). Asthma adalah penyakit jalan nafas obstruktif intermiten, reversibel dimana trakea dan bronkhi berespon secara hiperaktif terhadap stimulasi tertentu. (Smelzer Suzanne : 2001).
Asthma bronchial adalah suatu penyakit dengan ciri meningkatnya respontrakea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun hasil dari pengobatan (The American Thoracic Society).
2.1.2 Klasifikasi Asma Bronchial
Pembagian asma pada anak :
a.         Asma episode yang  jarang.
Biasanya terdapat pada anak umur 3 – 8 tahun. Serangan umumnya dicetuskan oleh infeksi virus saluran nafas bagian atas. Banyaknya serangan 3 – 4 kali dalam 1 tahun. Lamanya serangan dapat beberapa hari, jarang merupakan serangan yang berat.
Gejala yang timbul lebih menonjol pada malam hari. Mengi dapat berlangsung kurang dari 3-4 hari, sedang batuk-batuknya dapat berlangsung 10 – 14 hari. Manifestasi alergi lainya misalnya, eksim jarang terdapat pada golongan ini. Tumbuh kembang anak biasanya baik, diluar serang tidak ditemukan kelainan. Waktu remisi berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Golongan ini merupakan 70 – 75 % dari populasi asma anak.

b.        Asma episode yang sering.
Pada 2/3 golongan ini serangan pertama terjadi pada umur sebelum 3 tahun. Pada permulaan, serangan berhubungan dengan infeksi saluran nafas akut. Pada umur 5 – 6 tahun dapat terjadi serangan tanpa infeksi yang jelas. Biasanya orang tua menghubungkan dengan perubahan udara, adanya alergen, aktivitas fisik dan stress. Banyak yang tidak jelas pencetusya. Frekuensi serangan 3 – 4 kali dalam 1 tahun, tiap serangan beberapa hari sampai beberapa minggu. Frekuensi serangan paling tinggi pada umur 8 – 13 tahun. Pada golongan lanjut  kadang-kadang sukar dibedakan dengan golongan asma kronik ataui persisten. Umumnya gejala paling jelek terjadi pada malam hari dengan batuk dan mengi yang akan mengganggu tidurnya. Pemeriksaan fisik di luar serangan tergantung frekwensi serangan. Jika waktu serangan lebih dari 1 – 2 minggu, biasanya tidak ditemukan kelainan fisik. Hay Fever dapat ditemukan pada golongan asma kronik atau persisten. Gangguan pertumbuhan jarang terjadi . Golongan ini merupakan 2-0 % dari populasi asma pada anak.
c.         Asma kronik atau persisten.
Pada 25 % anak golongan ini serangan pertama terjadi sebelum umur 6 bulan; 75 % sebelum umur 3 tahun. Pada lebih adari 50 % anak terdpat mengi yang lama pada dua tahun pertama, dan 50 % sisanya serangannya episodik. Pada umur 5 – 6 tahun akan lebih jelas terjadinya obstruksi saluran nafas yang persisten dan hampir selalu terdapat mengi setiap hari; malam hari terganggu oleh batuk dan mengi. Aktivitas fisik sering menyebabkan mengi. Dari waktui ke waktu terjadiserangan yang berat dan sering memerlukan perawatan di rumah sakit.
Terdapat juga gologan yang jarang mengalami serangan berat, hanya sesak sedikit dan mengisepanjang waaktu. Biasanya setelah mendapatkan penangan anak dan orang tua baru menyadari mengenai asma pada anak dan masalahnya. Obstruksi jalan nafas mencapai puncakya pada umur 8 – 14 tahun, baru kemudian terjadi perubahan, biasanya perbaikan. Pada umur dewasa muda 50 % golongan ini  tetap menderita asma persisten atau sering. Jarang yang betul-betul bebas mengi pada umur dewasa muda. Pada pemeriksaan fisik jarang yang normal; dapat terjadi perubahan bentuk thoraks seperti dada burung (Pigeon Chest), Barrel Chest dan terdapat sulkus Harison. Pada golongan ini dapat terjadi gangguan pertumbuhan yakni, bertubuh kecil. Kemampuan aktivitas fisik kurangsekali, sering tidak dapat melakukan olah raga dan kegiatan lainya. Juga sering tidak masuk sekolah hingga prestasi belajar terganggu. Sebagian kecil ada mengalami gangguan psiko sosial

Ø  Sedangkan Berdasarkan penyebabnya, asma bronkhial dapat diklasifikasikan menjadi 3 tipe, yaitu:
a.    Ekstrinsik (alergik)
Ditandai dengan reaksi alergi yang disebabkan oleh faktor-faktor pencetus yang spesifik, seperti debu, serbuk bunga, bulu binatang, obat-obatan (antibiotik dan aspirin), dan spora jamur.Asma ekstrinsik sering dihubungkan dengan adanya suatu predisposisi genetik terhadap alergi.
b.    Intrinsik (non alergik)
Ditandai dengan adanya reaksi non alergi yang bereaksi terhadap pencetus yang tida k spesifik atau tidak diketahui, seperti udara dingin atau bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi saluran pernafasan dan emosi.Serangan asma ini menjadi lebih berat dan sering sejalan dengan berlalunya waktu dan dapat berkembang menjadi bronkhitis kronis dan emfisema. Beberapa pasien akan mengalami asma gabungan.
c.    Asma gabungan
Bentuk asma yang paling umum.Asma ini mempunyai karakteristik dari bentuk alergik dan non-alergik.

2.1.3   Etiologi
a.    Faktor Predisposisi
-       Genetik
Yang diturunkan adalah bakat alergi meskipun belum diketahui bagaimana cara penurunannya. Penderita dengan penyakit alergi biasanya mempunyai keluarga dekat yang juga menderita penyakit alergi. Karena adanya bakat alergi ini,penderita sangat mudah terkena penyakit asma bronkhial jika terpapar dengan faktor pencetus. Selain itu hipersentifisitas saluran pernafasannya juga bisa diturunkan.
b.    Faktor Presipitasi
1.    Alergen
Alergen dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
1)      Inhalan, yang masuk melalui saluran pernapasan (ex: debu, bulu binatang, serbuk bunga, spora jamur, bakteri dan polusi)
2)      Ingestan, yang masuk melalui mulut (ex: makanan dan obat-obatan)
3)      Kontaktan, yang masuk melalui kontak dengan kulit (ex: perhiasan, logam dan jam tangan)

2.    Perubahan cuaca
Cuaca lembab dan hawa pegunungan yang dingin sering mempengaruhi asma. Atmosfir yang mendadak dingin merupakan faktor pemicu terjadinya serangan asma. Kadang-kadang serangan berhubungan dengan musim, seperti: musim hujan, musim kemarau, musim bunga. Hal ini berhubungan dengan arah angin serbuk bunga dan debu.
3.    Stress
Stress/ gangguan emosi dapat menjadi pencetus serangan asma, selain itu juga bisa memperberat serangan asma yang sudah ada. Disamping gejala asma yang  timbul harus segera diobati penderita asma yang mengalami stress   / gangguan emosi perlu diberi nasehat untuk menyelesaikan masalah pribadinya. Karena jika stressnya belum diatasi maka gejala asmanya belum bisa diobati.
4.    Lingkungan kerja
Mempunyai hubungan langsung dengan sebab terjadinya serangan asma. Hal ini berkaitan dengan dimana dia bekerja.  Misalnya orang yang bekerja di laboratorium hewan, industri tekstil, pabrik asbes, polisi lalu lintas. Gejala ini membaik pada waktu libur atau cuti.
5.    Olah raga/ aktifitas jasmani yang berat
Sebagian besar penderita asma akan mendapat serangan jika melakukan aktifitas jasmani atau aloh raga yang berat. Lari cepat paling mudah menimbulkan serangan asma. Serangan asma karena aktifitas biasanya terjadi segera setelah selesai aktifitas tersebut.
2.1.4   Manifestasi Klinis
Biasanya pada penderita yang sedang bebas serangan tidak ditemukan gejala klinis, tapi pada saat serangan penderita tampak bernafas cepat dan dalam, gelisah, duduk dengan menyangga ke depan, serta tanpa otot-otot bantu pernafasan bekerja dengan keras. Gejala klasik: sesak nafas, mengi (wheezing), batuk, dan pada sebagian penderita ada yang merasa nyeri di dada. Pada serangan asma yang lebih berat, gejala yang timbul makin banyak, antara lain: silent chest, sianosis, gangguan kesadaran, hiperinflasi dada, takikardi, dan pernafasan cepat-dangkal. Serangan asma sering terjadi pada malam hari.

2.1.5   Patofisiologi
Asma ditandai dengan kontraksi spastik dari otot polos bronkhiolus yang menyebabkan  sukar bernafas. Penyebab yang umum adalah hipersensitivitas bronkhiolus terhadap benda-benda asing di udara. Reaksi yang timbul pada asma tipe alergi diduga terjadi dengan cara: seseorang alergi àmembentuk sejumlah antibodi IgE abnormal à reaksi alergi. Pada asma, antibodi ini terutama melekat pada sel mast yang terdapat pada interstisial paru yang berhubungan erat dengan bronkhiolus dan bronkhus kecil. Bila seseorang menghirup alergen maka antibodi IgE orang tersebut meningkat, alergen bereaksi dengan antibodi yang telah terlekat pada sel mast dan menyebabkan sel ini akan mengeluarkan berbagai macam zat, diantaranya histamin, zat anafilaksis yang bereaksi lambat (yang merupakan leukotrien), faktor kemotaktik eosinofilik, dan bradikinin. Efek gabungan dari semua faktor ini akan menghasilkan edema lokal pada dinding bronkhiolus kecil maupun sekresi mukus yang kental dalam lumen bronkhiolus dan spasme otot polos bronkhiolus sehingga menyebabkan tahanan saluran napas menjadi sangat meningkat.
Pada asma, diameter bronkhiolus berkurang selama ekspirasi daripada selama inspirasi karena peningkatan tekanan dalam paru selama ekspirasi paksa menekan bagian luar bronkhiolus. Bronkhiolus sudah tersumbat sebagian maka sumbatan selanjutnya adalah akibat dari tekanan eksternal yang menimbulkan obstruksi berat terutama selama ekspirasi.pada penderita asma biasanya dapat melakukan inspirasi dengan baik dan adekuat tetapi hanya sekali-kali melakukan ekspirasi. Hal ini menyebabkan dispnea. Kapasitas residu fungsional dan volume residu paru menjadi sangat meningkat selama serangan asma akibat kesulitan mengeluarkan udara ekspirasi dari paru. Hal in dapat menyebabkan barrel chest.




2.1.6   WOC

-


2.1.7   Komplikasi
Berbagai komplikasi yang mungkin timbul adalah:
a.       Status asmatikus,adalah setiap serangan asma berat atau yang kemudian menjadi berat dan tidak memberikan respon (refrakter) adrenalin dan atau aminofilin suntikan dapat digolongkan pada status asmatikus. Penderita harus dirawat dengan terapi yang intensif.
b.      Atelektasis, adalah pengerutan sebagian atau seluruh paru-paru akibat penyumbatan saluran udara (bronkus maupun bronkiolus) atau akibat pernafasan yang sangat dangkal.
c.       Hipoksemia, adalah tubuh kekurangan oksigen
d.      Pneumotoraks, adalah terdapatnya udara pada rongga pleura yang menyebabkan kolapsnya paru.
e.       Emfisema, adalah penyakit yang gejala utamanya adalah penyempitan (obstruksi) saluran nafas karena kantung udara di paru menggelembung secara berlebihan dan mengalami kerusakan yang luas.

2.1.8   Penatalaksanaan
Prinsip umum pengobatan asma bronkhial adalah:
1.      Menghilangkan obstruksi jalan nafas dengan segera
2.      Mengenal dan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan serangan asma
3.      Memberikan penerangan kepada penderita atau keluarganya mengenai penyakit asma. Meliputi pengobatan dan perjalanan penyakitnya sehingga penderita mengerti tujuan pengobatan yang diberikan dan bekerjasama dengan dokter atau perawat yang merawat.

Ø  Pengobatan pada asma bronkhial terbagi 2, yaitu:
1)        Pengobatan non farmakologik
-       Memberikan penyuluhan
-       Menghindari faktor pencetus
-       Pemberian cairan
-       Fisioterapi
-       Beri O bila perlu
2)        Pengobatan farmakologik
-  Bronkodilator: obat yang melebarkan saluran nafas. Terbagi dalam 2 golongan:
a)    Simpatomimetik/andrenergik (adrenalin dan efedrin)
Nama obat: Orsiprenalin (Alupent), fenoterol (berotec), terbutalin (bricasma).
b)   Santin (teofilin)
Nama obat: Aminofilin (Amicam supp), Aminofilin (Euphilin Retard), Teofilin (Amilex)
Penderita dengan penyakit lambung sebaiknya berhati-hati bila minum obat ini.
-  Kromalin
Kromalin bukan bronkodilator tetapi merupakan tetapi merupakan obat pencegah serangan asma. Kromalin biasanya diberikan bersama-sama obat anti asma yang lain dan efeknya baru terlihat setelah pemakaian 1 bulan.
-  Ketolifen
Mempunya efek pencegahan terhadap asma seperti kromalin.Biasanya diberikan dosis 2 kali 1 mg/hari.Keuntungan obat ini adalah dapat diberikan secara oral.

2.2    Konsep Dasar Asuhan Keperawatan
2.2.1 Pengkajian
1.      Identitas
Pada asma episodik yang jarang, biasanya terdapat pada anak umur 3-8 tahun.Biasanya oleh infeksi virus saluran pernapasan bagian atas. Pada asma episodikyang sering terjadi, biasanya pada umur sebelum 3 tahun, dan berhubungan dengan infeksi saluran napas akut. Pada umur 5-6 tahun dapat terjadi serangan tanpa infeksi yang jelas.Biasanya orang tua menghubungkan dengan perubahan cuaca, adanya alergen, aktivitas fisik dan stres.Pada asma tipe ini frekwensi serangan paling sering pada umur 8-13 tahun. Asma kronik atau persisten terjadi 75% pada umur sebeluim 3 tahun.Pada umur 5-6 tahun akan lebih jelas terjadi obstruksi saluran pernapasan yang persisten dan hampir terdapat mengi setiap hari.Untuk jenis kelamin tidak ada perbedaan yang jelas antara anak perempuan dan laki-laki.
2.      Keluhan utama
Batuk-batuk dan sesak napas
3.      Riwayat penyakit sekarang
Batuk, bersin, pilek, suara mengi dan sesak napas.
4.      Riwayat penyakit terdahulu
Anak pernah menderita penyakit yang sama pada usia sebelumnya.
5.      Riwayat penyakit keluarga
Penyakit ini ada hubungan dengan faktor genetik dari ayah atau ibu, disamping faktor yang lain.
6.      Riwayat kesehatan lingkungan
Bayi dan anak kecil sering berhubungan dengan isi dari debu rumah, misalnya tungau, serpih atau buluh binatang, spora jamur yang terdapat di rumah, bahan iritan: minyak wangi, obat semprot nyamuk dan asap rokok dari orang dewasa.Perubahan suhu udara, angin dan kelembaban udara dapat dihubungkan dengan percepatan terjadinya serangan asma.
7.      Riwayat tumbuh kembang
8.      Riwayat imunisasi
9.      Riwayat nutrisi
10.  Pemeriksaan Fisik / Pengkajian Persistem
a.         Sistem Pernapasan / Respirasi; Sesak, batuk kering (tidak produktif), tachypnea, orthopnea, barrel chest, penggunaan otot aksesori pernapasan, Peningkatan PCO2 dan penurunan O2,sianosis, perkusi hipersonor, pada auskultasi terdengar wheezing, ronchi basah sedang, ronchi kering musikal.
b.         Sistem Cardiovaskuler; Diaporesis, tachicardia, dan kelelahan.
c.         Sistem Persyarafan / neurologi; Pada serangan yang berat dapat terjadi gangguan kesadaran : gelisah, rewel, cengeng? apatis? sopor? coma.
d.        Sistem perkemihan; Produksi urin dapat menurun jika intake minum yang kurang akibat sesak nafas
e.         Sistem Pencernaan / Gastrointestinal; Terdapat nyeri tekan pada abdomen, tidak toleransi terhadap makan dan minum, mukosa mulut kering.
f.          Sistem integument; Berkeringat akibat usaha pernapasan klien terhadap sesak nafas.


2.2.2 Diagnosa Keperawatan
1.    Ketidakefektifan pola napas b.d penyempitan bronkiolus
2.    Ketidakefektifan bersihan jalan nafas b.d sekresi lendir
3.    Gangguan rasa nyaman b.d rasa gatal akibat respon imun

2.2.3 Intervensi

Diagnosa
NOC
NIC
-          Ketidakefektifan pola napas berhubungan dengan penyempitan bronkiolus
Ø  respiratory status: ventilation
Ø  respiratori status: airway patency
kriteria hasil :
-          mendemonstrasikan batuk efektif dan suara nafas yang bersih, tidak ada sianosis dyspneu (mampu mengeluarkan spultum, mampu bernafas dengan mudah, tidak ada pursed lips)
-          menunjukan jalan nafas yang paten (klien tidak merasakan tercekik, irama nafas, frekuensi pernapasan dalam rentang normal, tidak ada suara nafas abnormal)
-          tanda-tanda vital dalam rentang normal ( tekanan darah, nadi, pernapasan )
Airway management
-          Buka jalan napas, gunakan chin lift atau jaw thurts bila perlu.
-          Posisikan pasien untuk memaksimalkan ventilasi
-          identifikasi pasien perlunya pemasangan alat jalan napas buatan.
-          lakukan fisioterapi dada jika perlu.
-          keluarkan sekret dengan batuk atau suction.
-          auskultasi suara napas, catat adanya suara tambahan.
-          berikan pelembab udara kassa basah NaCl lembab.
-          Atur intake untuk cairan mengoptimalkan keseimbangan.
-          Monitor respirasi dan status o2 oxygen therapy
-          Bersihkan mulut, hidung dan secret trakea.
-          Pertahankan jalan napas yang paten.
-          Atur  peralatan oksigenasi.
-          Monitor aliran oksigen.
-          pertahankan posisi pasien.
-          onservasi adanya tanda tanda hipoventilasi.
-          Monitor adanya kecemasan pasien terhadap oksigenasi vital sign monitoring
-          Monitor TD, nadi, suhu, dan RR.
-          catat adanya fluktuasi tekanan darah.
-          Monitor VS saat pasien berbaring, duduk, atau berdiri.
-          Auskultasi TD pada kedua lengan dan bandingkan.
-          Monitor TD, nadi, RR, sebelum, selama, dan setelah aktivitas.
-          Monitor kualitas dari nadi.
-          Monitor frekuensi dan irama pernapasan.
-          Monitor suara paru.
-          Monitor pola pernapasan abnormal.
-          Monitor suhu, warna, dan kelembaban kulit.
-          Monitor sianosis perifer.
-          Monitor adanya coshing triad ( tekanan nadi yang melebar, bradikardi, peningkatan sistolik ).
-          identifikasi penyebab dari perubahan vital sign.
Ketidakefektifan bersihan jalan napas berhubungan dengan sekresi lendir yang berlibhan
v  respiratory status: ventilation
v  respiratori status: airway patency

kriteria hasil
-          mendemonstrasikan batuk efektif dan suara nafas yang bersih, tidak ada sianosis dyspneu (mampu mengeluarkan spultum, mampu bernafas dengan mudah, tidak ada pursed lips)
-          menunjukan jalan nafas yang paten (klien tidak merasakan tercekik, irama nafas, frekuensi pernapasan dalam rentang normal, tidak ada suara nafas abnormal)
-          mampu mengidentifikasikan dan mencegah faktor yang dapat menghambat jalan nafas
-          auskultasi suara nafas sebelum dan sesudah suctioning
-          informasikan pada klien dan keluarga tentang suctioning
-          minta klien nafas dalam sebelum suction dilakukan
-          berikan O2 dengan menggunakan nasal untuk memfasilitasi suction nasotrakeal
-          anjurkan pasien untuk istirahat dan nafas dalam setelah kateter dikeluarkan dari nasotrakeal
-          monitor status oksigen pasien
-          hentikan suction dan berikan oksigen apabila pasien menunjukan bradikardi, peningkatan satu rasi O2.
-          buka jalan nafas gunakan teknik chinlift atau jaw thrust bila perlu
-          auskultsi suara nafas, catat adanya suara tambahan
-          monitor respirasi dan status Oksigen
Ganguan rasa nyaman berhubungandengan rasa gatal akibat respon imun

v  Ansiety
v  Fear Leavel
v  Sleep Deprivation
v  Comfort, Readines For Enchanced
Kriteria hasil :
-          mampu mengontrol kecemasan
-          status lingkungan yang nyaman
-          mengontrol nyeri
-          kualitas tidur dan istirahat adekuat
-          agresi pengendalian diri
-          respon terhadap pengobatan
-          kontrol gejala
-          status kenyamanan meningkat
-          dapat mengontrol ketakutan
-          keinginan untuk hidup
-          support sosial

Anxiety Reduction
-          gunakan pendekatan yang menenangkan
-          jelaskan semua prosedur dan apa yang dirasakan selama prosedur
-          pahami persektif pasien terhadap situasi stress
-          temani pasien untuk memberi keamanan dan mengurangi takut
-          lakukan bback/neck rub
-          dengarkan dengan penuh perhatian
-          identifikasikan tingkat kecemasan
-          bantu pasien untukmengungkapkan perasaan, ketakutan, persepsi
-          instruksikan pasien menggunakan tekhnik relaksasi
-          berikan obatuntuk mengurangi kecemasan

2.2.4 Implementasi
Menurut Patricia A. Potter (2005), Implementasi merupakan pelaksanaan dari rencana tindakan keperawatan yang telah disusun/ ditemukan, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasien secara optimal dapat terlaksana dengan baik dilakukan oleh pasien itu sendiri ataupun perawat secara mandiri dan juga dapat bekerjasama dengan anggota tim kesehatan lainnya seperti ahli gizi dan fisioterapis. Perawat memilih intervensi keperawatan yang akan diberikan kepada pasien.
Berikut ini metode dan langkah persiapan untuk mencapai tujuan asuhan keperawatan yang dapat dilakukan oleh perawat :
1.      Memahami rencana keperawatan yang telah ditentukan
2.      Menyiapkan tenaga dan alat yang diperlukan
3.       Menyiapkan lingkungan terapeutik
4.      Membantu dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari
5.      Memberikan asuhan keperawatan langsung
6.      Mengkonsulkan dan memberi penyuluhan pada klien dan keluarganya.
Implementasi membutuhkan perawat untuk mengkaji kembali keadaan klien, menelaah, dan memodifikasi rencana keperawatn yang sudah ada, mengidentifikasi area dimana bantuan dibutuhkan untuk mengimple-mentasikan, mengkomunikasikan intervensi keperawatan.
Implementasi dari asuhan keperawatan juga membutuhkan pengetahuan tambahan keterampilan dan personal. Setelah implementasi, perawat menuliskan dalam catatan klien deskripsi singkat dari pengkajian keperawatan, Prosedur spesifik dan respon klien terhadap asuhan keperawatan atau juga perawat bisa mendelegasikan implementasi pada tenaga kesehatan lain termasuk memastikan bahwa orang yang didelegasikan terampil dalam tugas dan dapat menjelaskan tugas sesuai dengan standar keperawatan.





2.2.5 Evaluasi
Evaluasi adalah stadium pada proses keperawatan dimana taraf keberhasilan dalam pencapaian tujuan keperawatan dinilai dan kebutuhan untuk memodifikasi tujuan atau intervensi keperawatan ditetapkan. Evaluasi yang diharapkan pada pasien dengan asma bronchial  adalah :        
1.      Pola nafas kembali efektif
2.      Bersihan jalan nafas kembali efektif
3.      Pasien merasakan nyaman.



















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asuhan Keperawatan Asma Bronchial"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */