Makalah Dasar-Dasar Dalam Komunikasi Bisnis

BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG MASALAH
Peranan komunikasi dalam proses manajemen saat ini semakin meningkat. Sebagai manajer yang mengelola suatu organisasi, maka diperlukan keterampilan komunikasi yang baik.
Seorang manajer ataupun seorang pekerja perlu memiliki keterampilan komunikasi, baik lisan, tertulis maupun nonverbal.
Keterampilan komunikasi yang harus dikuasai oleh manajer diantaranya:
Memecahkan masalah  dan mengambil keputusan
Mengatasi konflik yang terjadi di dalam perusahaan
Memanfaatkan hubungan masyarakat  untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan
Memotivasi pekerja.

RUMUSAN MASALAH
Masalah yang akan di bahas yaitu mengenai komunikasi bisnis, yang mencakup keterampilan komunikasi baik tertulis maupun lisan dalam mengelola perusahaan

TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu agar masyarakat luas dapat mengetahui  sejauh mana peranan komunikasi bisnis bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan.

BAB  II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin "communicare" yang berarti memberi, mengambil bagian atau meneruskan sehingga terjadi sesuatu yang umum (common), sama atau saling memahami. Dalam perkembangannya komunikasi kemudian didefinisikan sebagai transfer pesan antara dua orang atau lebih. Sedangkan simamora mendefinisikan komunikasi sebagai pengumpulan, pemilihan" pembentukan dan penyampaian symbol antara individu untuk menciptakan makna melalui suatu proses.
Proses komunikasi yang terjadi antara pengirim dan penerima dapat dijelaskan sebagai berikut :
Elemen komunikasi terdiri dari :
- Sumber infomasi (source) adalah orang yang menyampaikan pesan.
- Encoding adalah suatu proses dimana system pusat syaraf sumber informasi memerintahkan sumber informasi untuk memilih simbol- simbol yang dapat dimengerti yang dapat menggambarkan pesan.
- Pesan ( Message ) adalah segala sesuatu yang memiliki makna bagi penerima. Pesan merupakan hasil akhir dari proses encoding. Pesan ini dapat berupa kata - kata ekspresi wajah, tekanan suara, dan penampilan.
- Media adalah cara atau peralatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada penerima.
- Decoding adalah proses dimana penerima pesan menginterpretasikan pesan yang diterimanya sesuai dengan pengetahuan minat dan kepentingannya.
- Feedback ( Umpan balik ) adalah respon yang diberikan oleh penerima pesan kepada pengirim sebagai tanggapan atas informasi  yang dikirim pesan.
- Hambatan (noise ) adalah berbagai hal yang dapat membuat proses komunikasi tidak berjalan dengan efektif . Hambatan tersebut dapat berupa hambatan verbal, nonverbal, fisik atau lingkungan.

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETETAPAN PESAN
Pihak yang terlibat dalam proses komunikasi ( communicator ) memiliki keterampilan yang beragam, misalnya sebagai penulis, pembicara pembaca, pendengar, pemikir atau pemecah masalah.
Ada beberapa faktor yang mempengatuhi ketepatan pesan antara lain :
- Pengetahuan komunikator terhadap permasalahan yang dibicarakan.
- Sikap dan perilaku pihak yang terlibat dalam proses komunikasi.
- Iklim organisasi
- Proses komunikasi

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI
Ada beberapa karakteristik komunikasi yang melekat pada komunikasi.
Adapun karakteristik komunikasi menurut Penrose( 2004 ) adalah:
- Komunikasi adalah proses yang dinamis. Apabila anda berbicara dengan seseorang maka  anda akan terlibat dalam suatu aktivitas yang dapat mengubah perilaku. Mulai pada saat anda pertama kali mengeluarkan kalimat, maka hal ini akan berkesinambungan dan akan terjadi perubahannya yang akan melibatkan ekspresi wajah bahasa tubuh, isyarat,atau gerakan mata.
- Komumikasi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan tidak dapat diubah kembali.
- Komunikasi bersifat proaktif. Komunikasi melibatkan seseorang secara total. Bagaimana kita memilih kata - kata atau bereaksi terhadap suatu kalimat akan dipengaruhi oleh keunikan pribadi kita
- Komunikasi merupakan sesuatu yang interaktif, Komunikasi melibatkan pihak lain.

BENTUK DASAR KOMUINIKASI
Menurut bentuknya komunikasi dapat dikelompokkan menjadi komunikasi
nonverbal dan verbal.
Komunikrsi Nonverbal
Dibandingkan denagn komunikasi verbal, komunikasi nonverbal lebih tidak terstuktur, lebih sulit dipelajari, dan bersifat lebih spontan. Adapun beberapa kelebihan dari komunikasi nonverbal dibandingkan dengan komunikasi verbal yaitu: Lebih dapat dipercaya dan Lebih Efisien
Komunikasi Verbal
Terdapat empat jenis komunikasi verbal yang selalu digunakan di limgkungan bisnis yaitu : berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Suatu penelitian yang menggunakan kalangan bisnis sebagai respondennya.
Menunjukan bahwa kaum bisnis mmggunakan sebagian besar waktunya untuk mendengarkan (45%) dan berbicara (30%). Mereka menggunakan sisa waktunya untuk membaca (16%) dan menulis (9%) hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa kalangan bisnis menggunakan tulisan dan bicara untuk mengirim pesan dan mendengarkan serta membaca untuk menerima pesan.

HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI
Menurut Sigband dan Bell (1993), hambatan dalam proses komunikasi dapat dikelompokan menjadi hambatan nonverbal dan verbal
Hambatan Nonverbal
Perbedaan persepsi
Persepsi merupakan pandangan seseorang terhadap suatu kenyataan atau fakta.
Perbedaan kepentingan
Dalam suatu perusahaan konflik yang timbul disebabkan oleh adanya perbedaan kepentingan antara dua orang yang sedang berkomunikasi.
Perbedaan pengetahuan tentang topik yang dikomunikasikan
Pengetahuan tentang topik yang dibicarakan antara pengirim berita dan penerima berita hendaklah sarna tingkatanya. Apabila terjadi kesenjangan pengetahuan yang cukup besar maka komunikasi yang dilakukan oleh kedua pihak ini tidak akan efektif. Untuk itu maka perlu dilakukan upaya agar kesenjangan itu dapat diminnimalisasi.
Keterlibatan Emisi.
Komunikasi yang baik haruslah bersifat objektif dan rasional, tidak melibatkan emosi pengirim dan penerima yang dapat menimbulkan konflik kepentingan. Untuk itu maka pihak yang berkomunikasi sebaiknya menghindari keterlibatan secara emosi terhadap topik yang dibicarakan.
Kurangnya Introspeksi
Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik kedua pihak yang berkomunikasi hendaklah sealu melakukan evaluasi diri.
Kesalahan dalam menilai penampilan.
Agar komunikasi dapat berjalan dengan efektif maka janganlah penampilan seseorang mempengaruhi informasi yang dikirimnya.
Pesan yang disampaikan kurang jelas.
Salah satu hal yang sering menyebabkan kegagalan komumikasi adalah penerima pesan tidak mengerti apa maksud informasi yang diterimanya Untuk itu maka pesan hanrs dibuat dengan jelas dan disusun dengan sistematis.
Hanya mendengarkan pesan secara pasif
Hambatan Verbal
Menurut Boove dan Thill (2003) ada beberapa hal yang dapat menjadi
Hambatan verbal, antaral ain :
-Kesalahan pemilihan kata
-Kurangnya perbendaharaan kosakata
-Kesalahan p nulisanan atau penggucapan
-Perbedaan level antara pengirim dan penerima pesan.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Dalam perkembangannya komunikasi didefinisikan sebagai transfer pesan antara dua orang atau lebih.
Sebagai seorang manajer yang mengelola suatu organisasi, maka diperlukan keterampilan komunikasi yang baik.
Ada 3 jenis keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh seorang manajer agar dapat mengelola sumber daya dengan baik, yaitu :
l)Keterarrpilan tehnik( Technical Skill )
2)Keterampilan berhubungan dengan pekerja( Human Skill )
3)Keterampilan Konseptual ( Conceptual Skill )
Untuk menguasai ketiga keterampilan ini, maka diperlukan keterampilan komunikasi. Oleh karena itu maka seorang manajer ataupun seorang pekerja perlu
memiliki keterampilan komunikasi baik lisan, tertulis maupun nonverbal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Dasar-Dasar Dalam Komunikasi Bisnis"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */