Makalah Manfaat Pramuka Siaga Lengkap

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti oleh  pelajar untuk mengisi waktu luangnya. Kegiatan ini dilakukan sore hari disekolah – sekolah yang tidak menelan banyak biaya serta mempunyai manfaat baik secara individual maupun sosial. Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.
Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang dipelajari secara tekun dan bukan pula merupakan suatu kesimpulan dari ajaran atau naskah buku, tetapi kepramukaan merupakan proses pendidikan luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, dan praktis. Pramuka dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya membentuk watak. Kegiatan di kepramukaan banyak macamnya baik yang didalam ruangan maupun luar ruangan. Namun diantara kegiatan tersebut yang banyak disukai oleh berbagai kalangan dan bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa kemandirian  dalam diri pelakunya adalah berkemah.Berkemah  yaitu kegiatan bermalam disuatu tempat  dengan menggunakan tenda sebagai rumahnya. Di situlah peribadi –pribadi mandiri akan terbentuk dari seorang pramuka. Didalam perkemahan terdapat banyak sekali kegiatan baik yang menyenangkan, menantang  maupun  yang menarik.Seseorang yang biasanya di rumah tinggal perintah kepada pembantu untuk melakukan sesuatu, tetapi di perkemahan tidak akan ada seperti itu lagi. Hal ini dikarenakan semua kegiatan  dikerjakan sendiri atau bersama kelompoknya sesuai dengan tugas dan fungsi  masing-masing, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi.
            Kegiatan-kegiatan dalam dunia perkemahan inilah yang nantinya dapat membentuk jiwa yang berkepribadian mantap, berani dan tegas. Bahkan yang tak kalah pentingnya adalah menumbuhkan kemandirian pada diri seseorang, sehingga pada akhirnya terciptalah generasi yang tidak cengeng, tangguh, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Generasi ideal yang merupakan harapan bangsa, penerus cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.Dengan demikian dari kegiatan berkemah secara tidak langsung dapat menumbuhkan semangat  dan jiwa kemandiran pada diri pelajar mulai dari tingkat dasar  sampai perguruan tinggi.

            Pramuka dapat dikatakan  sebagai pelengkap pendidikan sekolah dan  keluarga serta pengisi kebutuhan rohani peserta didik yang tidak terpenuhi oleh kedua jenis lembaga pendidikan tersebut. Kepramukaan mengembangkan pengetahuan,bakat dan minat  yang dimiliki oleh peserta didik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui penjelajahan, penelitian, penemuan dan keinginan untuk tahu.Pendidikan  dalam konteks kepamukaan adalah suatu proses pembinaan dan pengembangan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas kecakapan yang dimiliki oleh peserta didik, baik sebagai pribadi maupun sosial (anggota masyarakat).Di gerakan pramuka, proses pendidikan terjadi pada peserta melakukan aktifitas yang menyenangkan, menarik, kreatif dan menantang. Disela-sela kegiatan itulah pembina pramuka melakukan pembinaan watak. Didalam kepramukaan banyak kegiatan yang diikuti, baik dari awal hingga akhir  yang kesemuanya itu memberi manfaat  yang positif bagi anggotanya.





MANFAAT PRAMUKA

Hampir semua yang ia pelajari di Pramuka dapat dipraktekkan dalam aktivitas sehari-hari, misalnya seperti membuat suatu karya dari barang bekas (kardus bekas susu, kaleng susu atau bungkus sabun), memasak, menyiapkan serta merapihkan barang pribadi.
Ia juga belajar untuk bisa bertahan hidup ketika hidup di alam terbuka dengan membuat tenda, membuat api dari kayu, makan dengan bahan seadanya, tidak mengandalkan listrik, jauh dari keramaian dan sulit mencari kebutuhan apapun. Saat suasana seperti inilah ia dididik untuk bisa bertahan hidup.
Banyak sekali manfaat yang didapat olehnya dengan mengikuti kegiatan Pramuka. Apa saja keuntungan mengikuti kegiatan Pramuka sejak usia dini?

A.          Melatih Keuletan
Dengan hukuman menjadi seseorang ulet dalam melakukan sesuatu sehingga apa yang dicita-citakan / diinginkan tidak tercapai begitu saja melainkan dengan perjuangan yang perlu kesabaran. Misalnya dalam membuat tenda dan tempat tidur. Dimana tenda merupakan tempat untuk berteduh. Tenda itu di buat sendiri oleh pramuka-pramuka Dengan kerja keras dan kesabaran secara bersama-sama mendirikan tenda agar berhasil  dengan baik. Apabila mendirikannya asal-asalan, hasilnya tidak akan baik.

B.           Kreatif
Kreatif ini dapat dilihat saat membuat kemah agar menjadi tempat istirahat yang nyaman tepatnya saat membuat tempat tidur, bantalnya juga penerangannya sesuai dengan pepatah bahwa “TIADA ROTAN, AKARPUN JADI”.Seorang pramuka bisa menggunkan barang yang tidak bermanfaat sekalipun menjadi tempat yang nyaman. Tidak perlu membawa kasur atau matras saat berkemah, tetapi rumputpun bisa menjadi tempat tidur yang nyaman. Juga tidak perlu membawa bantal untuk bisa tidur pulas, tetapi cukup dengan tempat pakaian seorang pramuka dapat tidur dengan enak. Dari sini tampak bahwa dengan berkemah pikiran seseorang dapat berkembang dengan baik.

C.          Ketrampilan
Berbagai kegiatan yang dilakukan seorang pramuka dapat membuat tampilnya seseosrang pramuka. Misalnya hampir dalam memasak kegiatan ini secara tidak langsung membuat seorang pramuka harus dapat menampilkan menu yang disajikan untuk makan bersama regunya. Tentunya menu dengan bahan  makanan seadanya, namun sesuai dengan kebutuhan dan selera teman-temannya. Dengan memasak yang berulang-ulang membuat seseornag menjadi trampil

D.          Kejujuran
Kejujuran dapat diperoleh dari perkemahan. Diperkemahan banyak sekali teman-teman dengan membawa barang-barang. Apabila yang tidak jujur pastilah barang teman-teman pramuka banyak yang hilang diperkemhan itulah kejujuran kita di uji dan kita tidak akan mencarinya.Kejujuran adalah sebuah pikiran yang dicita-citakan ksatria. kejujuran itu semacam kehormatan dimana ksatria sejati mementingkan kehormatannya, karena kehormatan itu sesuatu yang suci, seorang pramuka tentunya selalu dapat dipercaya, sekali saja kita tidak jujur, maka dari teman-teman sampai pembina tidak akan percaya hal itu merugikan kita. 

E.           Disiplin
Sikap disiplin secara tidak langsung akan terbentuk pada diri seorang pramuka diperkemahan. Kerena diperkemahan banyak kegiatan yang harus diselesaikan tepat waktu. Mulai dari bangun pagi, kegiatan telah berjalan sesuai dengan yang dijadwakan, sampai dengan menjelang tidur lagi. Semua diikuti dengan penuh gembira dan semangat.
Ketinggalan satu kegiatan saja akan membuat seorang pramuka kehilangan ilmu yang sangat berharga. Padahal kegiatan pramuka juga termasuk pendidikan, sehingga ilmunya diperlukan untuk setiap anggota. Dengan disiplin mengikuti segala kegiatan berarti ilmunya bertambah dan secara otomatis pengetahuan pun akan bertambah. 

F.           Kesederhanaan
Kesederhanan adalah suatu hal yang terbiasa oleh para pramuka, meskipun sebenarnya mereka lebih unggul dari pada orang lain dalam berbagai hal. Namun  begitu mereka tidak pernah sombong, karena kesombongan adalah pantang bagi pramuka, sombong sedikit saja citra buruk mengancam mereka. Kesederhanaan itu dapat dilihat dari segi  cara tidur mereka yang hanya beralas tikar bahkan terkadang rumput kering. Disamping itu juga dari tradisi makan  yang hanya dengan lauk seadanya dan masih banyak lagi yang lain.

G.          Ketabahan hati
Pramuka tidak pernah kenal menyerah, mereka selalu bertahan sampai apa yang diusahakan tercapai. Bekerja keras dan tidak pernah takut kegagalan, karena untuk mendapatkan sesuatu tidak semudah membalikan telapak tangan, melainkan dengan penuh perjuangan. Orang harus bekerja keras  dahulu, agar kelak mendapatkan buah yang manis .
Bila tidak didasari dengan ketabahan niscaya orang akan cepat putus asa bila mengahadapi sesuatu. Pramuka senantiasa tersenyum bila menghadapi kesukaran. Masih bisa diingat saat di perkemahan walaupun panas mengahadang, rasa haus menerjang pramuka tetap semangat dalam mengikuti kegiatan.

H.          Disiplin
Saat anak mengikuti kegiatan Pramuka, pelajaran yang paling dasar adalah pembentukan karakter anak. Ia akan dilatih untuk menyiapkan dan melakukan apapun seorang diri tanpa dibantu orang tua. Ia juga akan dilatih untuk tepat waktu seperti saat bangun tidur, mandi, makan, belajar atau aktivitas lainnya.
Anak yang dilatih disiplin sejak kecil akan terbiasa berdisiplin sehingga akan menjadi kebiasaan yang baik yang terbawa hingga ia dewasa dan dapat bekerja dengan hasil yang memuaskan karena kedisiplinannya tersebut.


I.            Tanggung Jawab
Saat mengikuti kegiatan Pramuka, anak akan dituntut untuk bisa mengambil keputusan dalam hal apapun dan bertanggung jawab dengan keputusannya tersebut. Dalam kegiatan Pramuka, ia harus bertanggung jawab pada saat melakukan tugasnya. Misalnya saat membuat tenda mereka harus bertanggung dengan keselamatan tenda.Pada saat memasak, ia harus bertanggung jawab pada orang lain yang menikmati makanan tersebut. Saat berkemah ia juga belajar tanggung jawab dengan perlengkapannya masing-masing.

J.           Mandiri
Banyak anak yang terbiasa dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangga untuk mengurus diri. Namun dengan mengikuti kegiatan Pramuka ia akan belajar untuk mengurus keperluannya sendiri.Dengan belajar mandiri akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik dibanding dengan mereka yang terbiasa dilayani.

K.          Berkomunikasi
Saat mengikuti kegiatan Pramuka maka anak akan dituntut untuk bisa berhubungan dengan temannya, baik yang satu tim dengannya maupun yang berbeda timnya.
Kegiatan dalam Pramuka lebih banyak dilakukan secara berkelompok sehingga melatih mereka untuk bisa berkomunikasi dengan teman-temannya. Dengan kegiatan ini, maka anak yang tadinya pemalu atau pendiam dapat menjadi lebih berani untuk berbicara dengan orang lain.

L.           Kreatif
Banyak kegiatan yang ada dalam Pramuka yang menuntut anak untuk menggunakan kreativitasnya. Banyak aktivitas yang membuat anak harus menyelesaikan tugasnya dengan menggunakan ide cemerlang mereka. Dengan demikian kreativitas mereka semakin diasah.

M.          Kepemimpinan
Dalam kegiatan Pramuka, tiap anak akan mendapat kesempatan untuk memimpin regunya masing-masing. Saat mendapat kesempatan itulah anak akan belajar mengenai gaya kepemimpinan sehingga ketika memasuki usia dewasa anak bisa menjadi seorang pemimpin, baik ditempat kerja, organisasi, maupun ketika sudah berkeluarga.

N.          Mencintai alam
Banyak kegiatan Pramuka yang dilakukan di luar ruangan atau di alam bebas. Kegiatan tersebut menuntut anak untuk berinteraksi dengan alam, sehingga secara tidak langsung akan mengajarkan mereka untuk mencintai alam dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

O.         Kemampuan Bertahan Hidup
Dalam kegiatan Pramuka anak akan diajarkan berbagai kode sandi, cara mengikat simpul, membuat tenda, memasak dengan peralatans seadanya, P3K, dan kemampuan lainnya yang akan berguna untuk bertahan hidup saat situasi darurat.
Itulah pentingnya mengikuti kegiatan Pramuka, yang akan membentuk karakter yang baik untuk mereka ketika mereka dewasa.


  PENUTUP
  Kegiatan berkemah ternyata memberikan dampak yang positif. Adanya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kemandirian pada diri seseorang. Kemandirian itu sangat berguna bagi seseorang. Sebagai bekal kehidupan dimasa yang akan datang, sehingga seseorang tidak mudah putus asa dan tidak mudah tercengang bila menghadapi berbagai masalah kehidupan.
Kemandirian yang timbul tidak tumbuh dengan sendirinya, melainkan secara bertahap. Dari berbagai kegiatan yang dilakukan dapat membuat seseorang tajam cara berpikirnya, cemerlang ide-idenya dan cakap dalam menghadapi segala persoalan. Banyak dan bervariasinya kegiatan dalam perkemahan merupakan ajang latihan bagi insan-insan pramuka yang pada akhirnya membuat pribadi-pribadi pramuka tangguh, berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, tanpa rasa canggung dan ragu-ragu.
Kemandirian yang timbul dari kegiatan berkemah sangatlah diharapkan sehingga tidak sia-sia kegiatan dilakukan. Karena kegiatan yang berdampak positif sangatlah diharapkan banyak orang. Bila dengan berkemah dapat menuju kearah yang baik, berarti kegiatan tersebut perlu dilestarikan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Manfaat Pramuka Siaga Lengkap"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */