Makalah Gerontik Askep Umum Lansia

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Usia lanjut adalah sesuatu yang harus diterima sebagai suatu kenyataan dan fenomena biologis. Kehidupan itu akan diakhiri dengan proses penuaan yang berakhir dengan kematian (Hutapea, 2005).  Menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita (Constantinides 1994).
Kondisi kesehatan fisik dan mental pada orang lansia biasanya mulai menurun. Beberapa perubahan fisik yang diasosiasikan dengan penuaan dapat terlihat jelas oleh seseorang pengamat biasa meskipun mereka berdampak pada beberapa lansia lebih dari yang lain.
Saat ini, jumlah masyarakat Indonesia hampir sekitar 250 juta dan komposisi masyarakatnya juga sangat beragam. Dan Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki komposisi masyarakat yang disebut “Triple Burden”, dimana jumlah kelahiran bayi yang masih tinggi, masih dominannya penduduk muda, dan jumlah lansia yang terus meningkat. Seiring meningkatnya jumlah lansia, berbagai macam gangguan kesehatan juga dapat dialami para lansia. Oleh karena itu dibutuhkan pelayanan kesehatan yang mampu mengatasi permasalahn lansia, diantaranya dengan tindakan keperawatan.
Keperawatan gerontik adalah ilmu yang membahas fenomena biologis, psiko dan sosial serta dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia dengan penekanan pada upaya prevensi dan promosi kesehatan sehingga tercapai status kesehatan yang optimal bagi lanjut usia. Aplikasi secara praktis Keperawatan gerontik adalah dengan menggunakan proses keperawatan (pengkajian, diagnosa keperawatan,perencanaan, implementasi dan evaluasi).

1.2.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah :
a.     Untuk memenuhi tugas terstruktur mata kuliah keperawatan gerontik.
b.    Untuk mengetahui tentang asuhan keperawatan dasar bagi lansia.
c.     Untuk mengetahui pendekatan keperawatan lansia.
d.    Untuk mengetahui asuhan keperawatan yang diberikan pada lansia.

1.3.Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan makalah ini diharapkan Mahasiswa di Jurusan Keperawatan mendapat informasi tentang landasan teori asuhan keperawatan pada lansia.

1.4.Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam penulisan makalah ini adalah :
BAB I      Pendahuluan (Latar Belakang; Tujuan Penulisan; Manfaat Penulisan; Sistematika Penulisan)
BAB II    Tinjauan Teoritis (Definisi lansia; Kegiatan asuhan keperawatan lansia; Pendekatan keperawatan lansia; Tujuan askep lansia, Fokus askep lansia, Konsep askep lansia)
BAB III    Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Daftar Pustaka



BAB II
TINJAUAN TEORITIS

2.1    Definisi Lanjut Usia
Menurut UU no 4 tahun 1945 Lansia adalah seseorang yang mencapai umur 55 tahun, tidak berdaya mencari nafkah sendiri untuk keperluan hidupnya sehari-hari dan menerima nafkah dari orang lain (Wahyudi, 2000).
Proses menua merupakan proses yang terus menerus (berlanjut) secara alamiah dimulai sejak lahir dan umumnya dialami pada semua makhluk hidup (Nugroho Wahyudi, 2000). Menurut WHO, batasan lansia meliputi:
1)    Usia Pertengahan (Middle Age), adalah usia antara 45-59 tahun
2)    Usia Lanjut (Elderly), adalah usia antara 60-74 tahun
3)    Usia Lanjut Tua (Old), adalah usia antara 75-90 tahun
4)    Usia Sangat Tua (Very Old), adalah usia 90 tahun keatas
2.2    Kegiatan Asuhan Keperawatan Dasar Bagi Lansia
Kegiatan asuhan keperawatan dasar bagi lansia menurut Depkes, dimaksudkan untuk memberikan bantuan, bimbingan pengawasan, perlindungan dan pertolongan kepada lanjut usia secara individu maupun kelompok, seperti di rumah / lingkungan keluarga, Panti Werda maupun Puskesmas, yang diberikan oleh perawat. Untuk asuhan keperawatan yang masih dapat dilakukan oleh anggota keluarga atau petugas sosial yang bukan tenaga keperawatan, diperlukan latihan sebelumnya atau bimbingan langsung pada waktu tenaga keperawatan melakukan asuhan keperawatan di rumah atau panti.
Adapun asuhan keperawatan dasar yang diberikan, disesuaikan pada kelompok lanjut usia, apakah lanjut usia aktif atau pasif, antara lain:
a.         Untuk lanjut usia yang masih aktif, asuhan keperawatan dapat berupa dukungan tentang personal hygiene: kebersihan gigi dan mulut atau pembersihan gigi palsu: kebersihan diri termasuk kepala, rambut, badan, kuku, mata serta telinga: kebersihan lingkungan seperti tempat tidur dan ruangan : makanan yang sesuai, misalnya porsi kecil bergizi, bervariai dan mudah dicerna, dan kesegaran jasmani.
b.         Untuk lanjut usia yang mengalami pasif, yang tergantung pada orang lain. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan asuhan keperawatan pada lanjut usia pasif pada dasarnya sama seperti pada lanjut usia aktif, dengan bantuan penuh oleh anggota keluarga atau petugas. Khususnya bagi yang lumpuh, perlu dicegah agar tidak terjadi dekubitus (lecet).

2.3    Pendekatan Keperawatan Lanjut Usia
a.       Pendekatan fisik
Perawatan yang memperhatikan kesehatan obyektif, kebutuhan, kejadian-kejadian yang dialami klien lanjut usia semasa hidupnya, perubahan fisik pada organ tubuh, tingkat kesehatan yang masih bias di capai dan dikembangkan, dan penyakit yang yang dapat dicegah atau ditekan progresifitasnya. Perawatan fisik secara umum bagi klien lanjut usia dapat dibagi atas dua bagian yaitu :
1)   Klien lanjut usia yang masih aktif, yang keadaan fisiknya masih mampu bergerak tanpa bantuan orang lain sehingga untuk kebutuhannya sehari-hari masih mampu melakukan sendiri.
2)   Klien lanjut usia yang pasif atau yang tidak dapat bangun, yang keadaan fisiknya mengalami kelumpuhan atau sakit. Perawat harus mengetahui dasar perawatan klien usia lanjut ini terutama tentang hal-hal yang berhubungan dengan keberhasilan perorangan untuk mempertahankan kesehatannya.
Perawat perlu mengadakan pemeriksaan kesehatan, hal ini harus dilakukan kepada klien lanjut usia yang diduga menderita penyakit tertentu atau secara berkala bila memperlihatkan kelainan, misalnya: batuk, pilek, dsb. Perawat perlu memberikan penjelasan dan penyuluhan kesehatan, Perawat harus mendekatkan diri dengan klien lanjut usia membimbing dengan sabar dan ramah. Sentuhan (misalnya genggaman tangan) terkadang sangat berarti buat mereka.
b.      Pendekatan psikis
Dalam pendekatan psikis, perawat mempunyai peranan penting untuk mengadakan pendekatan edukatif pada klien lanjut usia, perawat dapat berperan sebagai supporter , interpreter terhadap segala sesuatu yang asing, sebagai penampung rahasia yang pribadi dan sebagai sahabat yang akrab. Perawat hendaknya memiliki kesabaran dan ketelitian dalam memberikan kesempatan dan waktu yang cukup banyak untuk menerima berbagai bentuk keluhan agar para lanjut usia merasa puas. Perawat harus selalu memegang prinsip ” Tripple”, yaitu sabar, simpatik dan service.
Pada dasarnya klien lanjut usia membutuhkan rasa aman dan cinta kasih sayang dari lingkungan, termasuk perawat yang memberikan perawatan.. Untuk itu perawat harus selalu menciptakan suasana yang aman , tidak gaduh, membiarkan mereka melakukan kegiatan dalam batas kemampuan dan hobi yang dimilikinya.
Bila perawat ingin merubah tingkah laku dan pandangan mereka terhadap kesehatan, perawat bisa melakukannya secara perlahan –lahan dan bertahap, perawat harus dapat mendukung mental mereka kearah pemuasan pribadi sehinga seluruh pengalaman yang dilaluinya tidak menambah beban, bila perlu diusahakan agar di masa lanjut usia ini mereka puas dan bahagia.


c.       Pendekatan sosial
Mengadakan diskusi, tukar pikiran, dan bercerita merupakan salah satu upaya perawat dalam pendekatan social. Memberi kesempatan untuk berkumpul bersama dengan sesama klien usia berarti menciptakan sosialisasi mereka. Jadi pendekatan social ini merupakan suatu pegangan bagi perawat bahwa orang yang dihadapinya adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain
Tidak jarang terjadi pertengkaran dan perkelahian diantara lanjut usia, hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara yaitu mengadakan hak dan kewajiban bersama. Dengan demikian perawat tetap mempunyai hubungan komunikasi baik sesama mereka maupun terhadap petugas yang secara langsung berkaitan dengan pelayanan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia di Panti Werda.
d.      Pendekatan spiritual
Perawat harus bisa memberikan ketenangan dan kepuasan batin dalam hubungannya dengan Tuhan atau agama yang dianutnya dalam kedaan sakit atau mendeteksi kematian.
Sehubungan dengan pendekatan spiritual bagi klien lanjut usia yang menghadapi kematian, Dr. Tony setyobudi mengemukakan bahwa maut sering kali menggugah rasa takut. Rasa semacam ini didasari oleh berbagai macam factor, seperti ketidakpastian akan pengalaman selanjutnya, adanya rasa sakit dan kegelisahan kumpul lagi dengan kelurga dan lingkungan sekitarnya. Dalam menghadapi kematian setiap klien lanjut usia akan memberikan reaksi yang berbeda, tergantung dari kepribadian dan cara dalam mengahadapi hidup ini. Adapun kegelisahan yang timbul diakibatkan oleh persoalan keluarga perawat harus dapat meyakinkan lanjut usia bahwa kalaupun kelurga tadi di tinggalkan , masih ada orang lain yang mengurus mereka. Sedangkan rasa bersalah selalu menghantui pikiran lanjut usia.
Umumnya pada waktu kematian akan datang agama atau kepercayaan seseorang merupakan factor yang penting sekali. Pada waktu inilah kelahiran seorang iman sangat perlu untuk melapangkan dada klien lanjut usia.
Dengan demikian pendekatan perawat pada klien lanjut usia bukan hanya terhadap fisik saja, melainkan perawat lebih dituntut menemukan pribadi klien lanjut usia melalui agama mereka.

2.4    Tujuan Asuhan Keperawatan Lanjut Usia
Adapun tujuan memberikan asuhan keperawatan pada lanjut usia yaitu,  :
a.       Agar lanjut usia dapat melakukan kegiatan sehari–hari secara mandiri dengan peningkatan kesehatan (Health Promotion), pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan. Sehingga memiliki ketenengan hidup dan produktif sapai akhir hidup.
b.      Mempertahankan kesehatan serta kemampuan dari mereka yang usianya telah lanjut dengan jalan perawatan dan pencegahan.
c.       Membantu mempertahankan serta membesarkan daya hidup atau semangathidup klien lanjut usia (Life Support ).
d.      Menolong dan merawat klien lanjut usia yang menderita penyakit / mengalami  gangguan tertentu ( kronis maupun akut ).
e.       Merangsang para petugas kesehatan ( dokter, perawat )untuk dapat mengenal dan menegakkan diagnosa yang tepat dan dini, bila mereka menjumpai suatu kelainan tertent.
f.       Mencari upaya semaksimal mungkin, agar para klien lanjut usia yang menderita suatu penyakit / gangguan, masih dapat mempertahankan kebebasan yang maksimal tanpa perlu suatu pertolongan (Memelihara kemandirian secara maksimal ).

2.5    Fokus Asuhan Keperawatan Lanjut Usia
Keperawatan lanjut usia berfokus pada :
a.       Peningkatan kesehatan (helth promotion)
b.      Pencegahan penyakit (preventif)
c.       Mengoptimalkan fungsi mental
d.      Mengatasi gangguan kesehatan yang umum.

2.6    Konsep Asuhan Keperawatan Lanjut Usia
2.6.1 Pengkajian
a.    Tujuan dalam pengkajian :
1)   Menentukan kemampuan klien untuk memelihara diri sendiri.
2)   Melengkapi dasar – dasar rencana perawatan individu.
3)   Membantu menghindarkan bentuk dan penandaan klien.
4)   Memberi waktu kepada klien untuk menjawab.
b.    Pengkajiam tersebut meliputi aspek :
1)   Fisik
Wawancara :
a)   Pandangan lanjut usia tentang kesehatan.
b)   Kegiatan yang mampu di lakukan lanjut usia.
c)   Kebiasaan lanjut usia merawat diri sendiri.
d)  Kekuatan fisik lanjut usia : otot, sendi, penglihatan, dan pndengaran.
e)   Kebiasaan makan, minum, istirahat/tidur, BAB/BAK.
f)    Kebiasaan gerak badan / olahraga /senam lanjut usia.
g)   Perubahan-perubahan fungsi tubuh yang sangat bermakna dirasakan.
h)   Kebiasaan lanjut usia dalam memelihara kesehatan dan kebiasaan dalam minum obat.
i)     Masalah-masalah seksual yang telah di rasakan.

Pemeriksaan fisik :
a)   Pemeriksanaan di lakukan dengan cara inspeksi, palpasi, perkusi, dan auskultasi untuk mengetahui perubahan sistem tubuh.
b)   Pendekatan yang di gunakan dalam pemeriksanaan fisik,yaitu : Head to toe dan Sistem tubuh

2)   Psikologis
a)    Bagaimana sikapnya terhadap proses penuaan.
b)   Apakah dirinya merasa di butuhkan atau tidak.
c)    Apakah optimis dalam memandang suatu kehidupan.
d)   Bagaimana mengatasi stress yang di alami.
e)    Apakah mudah dalam menyesuaikan diri.
f)    Apakah lanjut usia sering mengalami kegagalan.
g)   Apakah harapan pada saat ini dan akan datang.
h)   Perlu di kaji juga mengenai fungsi kognitif: daya ingat, proses pikir, alam perasaan, orientasi, dan kemampuan dalam penyelesaikan masalah.

3)   Sosial ekonomi
a)    Darimana sumber keuangan lanjut usia
b)   Apa saja kesibukan lanjut usia dalam mengisi waktu luang.
c)    Dengan siapa dia tinggal.
d)   Kegiatan organisasi apa yang di ikuti lanjut usia.
e)    Bagaimana pandangan lanjut usia terhadap lingkungannya.
f)    Berapa sering lanjut usia berhubungan dengan orang lain di luar rumah.
g)   Siapa saja yang bisa mengunjungi.
h)   Seberapa besar ketergantungannya.
i)     Apakah dapat menyalurkan hoby atau keinginannya dengan fasilitas yang ada

4)   Spiritual
a)    Apakah secara teratur malakukan ibadah sesuai dengan keyakinan agamanya.
b)   Apakah secara teratur mengikuti atau terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan, misalnya pengajian dan penyantunan anak yatim atau fakir miskin.
c)    Bagaimana cara lanjut usia menyelesaikan masalah apakah dengan berdoa.
d)   Apakah lanjut usia terlihat tabah dan tawakal.

2.6.2 Diagnosa Keperawatan
Diagnose keperawatan adalah keputusan klinis mengenai seeorang, keluarga, atau masyarakat sebagai akibat dari masalah kesehatan atau proses kehidupan yang actual dan potensial ( NANDA,1990 ), Diaognose keperawatan memberikan dasar pemilihan intervensi yang menjadi tanggung gugat perawat. Perumusan diagnose keperawatan adalah bagaimana diagnose keperawatan digunakan dalam proses pemecahan masalah. Melalui identifikasi, dapat digambarkan berbagai masalah keperawatan yang membutuhkan asuhan keperawatan. Disamping itu, dengan menentukan atau menyelidiki etiologi masalah, akan dapat dijumpai factor yang menjadi kendala atau penyebab. Dengan menggambarkan tanda dan gejala, akan memperkuat masalah yang ada. Dokumentasi keperawatan merupakan catatan tentang penilaian klinis dari respons individu, keluarga, atau komunitas terhadap masalah kesehatan atau proses kehidupan baik actual maupun potensial.
Untuk memudahkan dalam mendokumentasikan proses keperawatan, harus diketahui beberapa tipe diagnose keperawatan. Tipe diagnose keperawatan meliputi tipe actual, risiko, kemungkinan, sehat dan sejahtera, dan sindroma.
Dari hasil pengkajian dapat dianalisa / disimpulkan, dirumuskan masalah atau diagnosa keperawatan yang mungkin timbul pada lansia. Beberapa masalah keperawatan yang umum ditemukan pada lansia antara lain:
a.         Fisik / Biologi
1)   Gangguan nutrisi : kurang / berlebihan dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan pemasukan yang tidak adekuat.
2)   Gangguan persepsi sensorik : pendengaran, penglihatan sehubungan dengan hambatan penerimaan dan pengiriman rangsangan.
3)   Kurangnya perawatan diri sehubungan dengan penurunan minat dalam merawat diri.
4)   Gangguan pola tidur berhubungan dengan kecemasan atau nyeri.
5)   Perubahan pola eliminasi berhubungan dengan penyempitan jalan nafas atau adanya sekret pada jalan nafas.

b.         Psikososial
1)   Isolasi sosial berhubungan dengan perasaan curiga.
2)    Menarik diri dari lingkungan berhubungan dengan perasaan tidak mampu.
3)   Depresi berhubungan dengan isolasi sosial.
4)   Harga diri rendah berhubungan dengan perasaan ditolak.
5)   Coping tidak adekuat berhubungan dengan ketidakmampuan mengemukakan pendapat secara tepat.
6)   Cemas berhubungan dengan sumber keuangan yang terbatas.

c.         Spiritual
1)   Reaksi berkabung / berduka berhubungan dengan ditinggal pasangan.
2)   Penolakan terhadap proses penuaan berhubungan dengan ketidaksiapan menghadapi kematian.
3)   Marah terhadap Tuhan berhubungan dengan kegagalan yang dialami.
4)   Perasaan tidak tenang berhubungan dengan ketidakmampuan melakukan ibadah secara tepat

2.6.3 Perencanaan
Dalam perencanaan keperawatan, hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi:
a.    Melibatkan klien dan keluarganya dalam perencanaan.
b.    Bekerja sama dengan profesi kesehatan lainnya.
c.    Tentukan prioritas :
1)   Klien mungkin puas dengan situasi demikian.
2)   Bangkitkan perubahan tetapi jangan memaksakan.
3)   Keamanan atau rasa aman adalah utama yang merupakan kebutuhan.
d.   Cegah timbulnya masalah-masalah.
e.    Sediakan klien cukup waktu untuk mendapat input atau pemasukan.
f.     Tulis semua rencana dan jadwal
Sesuai dengan permasalahan yang dialami lansia disusun perencanaan dengan tujuan agar lansia / keluarga dan tenaga kesehatan terutama perawat baik yang melakukan perawatan di rumah maupun dipanti dapat membantu lansia, sehingga dapat berfungsi seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik, psikologis dan sosial dengan tidak tergantung pada orang lain.
Tujuan tindakan keperawatan pada lansia diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar antara lain :
a.    Pemenuhan kebutuhan nutrisi.
b.    Meningkatnya keamanan dan keselamatan.
c.    Memelihara kebersihan diri.
d.   Memelihara keseimbangan istirahat / tidur.
e.    Meningkatkan hubungan interpersonal melalui komunikasi yang efektif.
   2.6.4 Implementasi
Semua tindakan yang telah direncanakan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan lansia. Hal-hal yang perlu diperhatikan:
a.    Berbicara dengan lembut dan sopan.
b.    Memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dilakukan berulan kali, jika perlu dengan gambar.
c.    Memberikan kesempatan pada lansia untuk bertanya.
2.6.5 Evaluasi
Setiap tindakan yang telah dilakukan perlu dievaluasi / dinilai baik verbal maupun non verbal untuk mengetahui sejauh mana lansia atau keluarga mampu melakukan apa yang telah dianjurkan.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kegiatan asuhan keperawatan dasar bagi lansia dimaksudkan untuk memberikan bantuan, bimbingan pengawasan, perlindungan dan pertolongan kepada lanjut usia secara individu maupun kelompok, seperti di rumah / lingkungan keluarga, Panti Werda maupun Puskesmas, yang diberikan oleh perawat.
Dalam keperawatan lanjut usia diperlukan pendekatan baik fisik, psikis, social maupun spiritual. Keperawatan lanjut usia berfokus pada peningkatan kesehatan (helth promotion), pencegahan penyakit (preventif), mengoptimalkan fungsi mental, dan mengatasi gangguan kesehatan yang umum.
3.2 Saran
Adapun saran yang dapat kelompok sampaikan bagi pembaca khususnya mahasiswa/i keperawatan, hendaknya dapat menguasai konsep asuhan keperawatan lansia dan memberikan asuhan keperawatan lansia dengan benar dan tepat sehingga dapat sesuai dengan evaluasi yang diharapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Gerontik Askep Umum Lansia"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */