Makalah Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara Dilihat Dari Konteks Sejarah Dan Geopolitik Indonesia




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Gejala kesadaran berbangsa dan bernegara yang belum baik itu dapat kita lihat dalam perilaku individu sebagai rakyat maupun pejabat yang masih menunjukan tindakan-tindakan yang melanggar kaidah hukum, seperti mafia hukum, merusak hutan, pencemaran lingkungan, tindak kriminalitas, lebih mementingkan diri dan kelompok, korupsi, bersikap kedaerahan yang berlebihan (daerahisme) atau etnisitas yang berlebihan, bertindak anarkhis, penggunaan narkoba, kurang menghargai karya bangsa sendiri, mendewakan produk bangsa lain, dan sebagainya.
Benarkah bahwa kesadaran berbangsa dan bernegara rakyat Indonesia melemah?
Berbagai peristiwa di tanah air yang terjadi di negeri kita, dapat kita saksikan di media massa, bagaimana tingkah laku para wakil rakyat, pelajar, mahasiswa dan juga kelompok masyarakat  yang menunjukan tanda- tanda bahwa mereka masih kurang memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. 
Berbangsa dan bernegara merupakan suatu konsep atau istilah yang menunjukkan seseorang individu terikat dan atau menjadi bagian dari suatu bangsa dan negara tertentu. 
Masa reformasi telah berakhir, namun krisis yang melanda negeri ini sangat lambat perubahannya, sangat berbeda dengan Negara- Negara lain yang begitu cepat dapat mengatasi krisis,  Hal ini yang perlu mendapatkan perhatian bagi kita semua,  bahwa kesadaran berbangsa dan bernegara sangat diperlukan.  

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik?
2.      Bagaimana prilaku tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia
Konsep atau makna kesadaran dapat diartikan sebagai sikap perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri dengan dilandasai suasana hati yang ikhlas/rela tanpa tekanan dari luar untuk bertindak yang umumnya dalam upaya mewujudkan kebaikan yang berguna untuk diri sendiri dan lingkungannya. 
Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Indonesia mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia. 
Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara kepada pemuda merupakan hal penting yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa ini, karena pemuda merupakan penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalan panjang bangsa ini. Kesadaran berbangsa dan bernegara ini jangan ditafsir hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam implementasinya, pemuda lebih kreatif menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara itu sendiri.                                         
Makna Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Kesadaran adalah sikap yang tumbuh dari kemuan diri yang dilandasi hati ikhlas tanpa ada tekanan dari luar. Bangsa adalah orang-orang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah juga berpemerintahan sendiri. Sedangkan berbangsa adalah manusia yang memeiliki landasan etika, bermoral dan berakhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil.
 Negara adalah organisai dari kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakai adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan kelompok manusia tersebut. Adapun bernegara adalah manusia dengan kepentingan sama, menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta dalam wilayah Indonesia dan mempunyai cita-cita berlandas niat bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun nasionalisme secara elektrik ke dalam sikap perilaku anatar suku, ras, agam, keturunan, adat, bahasa dan sejarah. .
Kesadaran berbangsa adalah tingkah laku, sikap dan kehidupannya sesuai dengan kepribadian bangsa, mengaitkan dengan cita-cita dan tujuan bangsa. Jadi kesadaran berbangsa dan bernegara indonesia bermakna individu yang hidup dan terikat dalam naungan NKRI harus memiliki sikap perilaku yang tumbuh atas kemuan sendiri yang dilandasi dengan ikhlas.

Pengertian Geopolitik
Geopolitik adalah sistem politik dalam wujud kebijaksanaan nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografiksuatu negara, yang apabila dilaksanakan akan berdamapak langsung kepada sistem politik negara.

Perjanjian Geopolitik Indonesia
1.      Aspek Historis Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Spanyol, Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang dengan waktu 350 tahun. Hingga akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945, yang pernah memiliki wilayah terpisah karena Irian Barat di kuasi Belanda. Hingga RI berhasil merebutnya pada tahun 1963.
2.      Aspek Geografis dan Sosial Budaya Indonesia terdiri atas bangsa yang heterogen dan unik. Heterogen merupakan kepulauan, banyak pulau yang belum bernama juga belum berpenghuni. Sehingga resiko untuk dimiliki oleh negara orang lain terutama pulau kecil yang berbatasan dengan negara lain. Sebagai contoh : pulau Sipadan dan Ligitan yang berhasil menjadi milik Malaysia tahu 2000.
3.      Aspek Geopolitis dan Kepentingan Nasional
·         Geopolitik pertama kali diperkenalkan oleh Frederich Ratzel : Ilmu bumi politik. Geopolitik diartikan ilmu bumi politik mempelajari fenomena politik dari segi geografi.
·         Geopolitik memaparkan dasar pertimbangan dari aspek geografis dari aspek geografis dalam membentuk kebijakan nasional sehingga prinsip geopolitik menjadi dasar perkembangan wawasan nasional.
·         Wawasan nusantara dibangun atas dasar geopolitik bangsa Indonesia yang dikaitkan dengan poltik kekuasaan.
·         Salah satu kepentingan nasional dalam konsep wawasan Nusantara adalah mewujudkan tujuan nasional yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945. Sehingga hakikat wawasan nusanatar adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional.
Wawasan Nusantara dalam Konteks Geopolitik Indonesia.
Secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 benua juga 2 samudra. Bentuk wilayah Indonesia berupa kepulauan, sehingga untuk mempersatuakn bangsa Indonesia diperlukan konsep geopolitik nyang benar-benar cocok . Atas dasar ini dikembangkan geopolitik nasioanal wawasan nusantara. ”.
Nusantara Wawasan Nusanatara adalah cara pandang Indonesia tentang diri dan lingkungan berdasarkan ide nasioanal yang dilandasi Pncasila dan UUD 1945. selai itu diartikan sebagai cara pandang, memahami, menghayati, bertindakak dan berpikir sebagai hasil interaksi proses psikologis, sosiokultural dan aspek “Astagatra”.
Fungsi wawasan Nusantara sebagai pedoman dan rambnu-rambu dalam menentukan kebijaksanaan keputusan dan perbuatan bagi penyelenggara negara dipusat dan daetah maupun seluruh rakyat Indonesia. Tujuan wawasan Nusantara dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945. jadi, tujuan wawasan Nusantara mewujudkan nasinalisme di segala aspek berkehidupan berbangsa dan bernegara lebih mengutamakan kepentingan nasionalis dari pada kepentingan yang lain.
Peranan wawasan Nusantara dalam geopolitik Indonesia Yaitu:
1.      Mewujudkan persatuan dan kesatuan yang serasi selaras segenap aspek kehidupan nasional.
2.      Menumbuh kembangkan tanggung jawab atas pemanfaatna lingkungan.
3.      Menegakkan kekuasaan untuk melindungi kepentingan nasioanal.
4.      Merentangkan hubungan internasioanl dalam upaya ikut menegakkan perdamaian dunia.


Asas Wawasan
·         Nusantara I.
·         Asas kepentingan bersama II.
·         Asas keadilan III.
·         Asas kejujuran IV.
·         Asas solidariats V.
·         Asas kerjasam VI.
·         Asas kesetiaan

Makna Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik.
·         Bangsa Indonesia pernah mengalami kehidupan dalam kehidupan sebagai bangsa terjajah dan terpecah
·         Bangsa Indonesia pernah dijajah Spanyo, Portugis, Inggris, Belanda Dan Jepang selama 350 tahun. Selama itu pula rakyat mengalami penderitaan kebodohan, kemidkinan dan kesengsaraan.
·         Pada saat merdeka, wilayah RI terpisah dengan Irian Barat hingga akhirnya bisa direbut kembali dari Belanda.
·         Perkembangan semangat kebngsaan Indonesia digolongkan 3 zaman: zman perintis (1908) ditandai dengan pergerakan nasional Budi Utomo, Zman penegas (1928)ditandai dengan Sumpah pemuda dan zaman pendobrak (1945) dengan proklamsi kemerdekaan Indonesia.

B.     Analisis Perilaku Tentang Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia
Perilaku Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yaitu:
1.      Perilaku kebangsaan dalam keberagaman ras dan suku di Indonesia.
2.      Perilaku kebangsaan dalam keberagaman agama
3.      Perilaku kebangsaan dan keberagaman sosial budaya
4.      Perilaku kebangsaan dan perbedaab gender
Faktor pendukung dan penghambat kesadarn berbangsa dan bernegara yaitu:
Faktor pendorong:
·         Tingkat keamanahan seorang pejabat.
·          Mengetahui lebih banyak nilai positif dan kekayaan bangsa.
·         Pemerataan kesejahteraan setiap daerah dll.

Faktor penghambat :
·         Rasa malu berbangsa dan bernegara Indonesia.
·          Merosotnya tingkat keamanan di Indonesia.
·         Ketidak tegasan hukum yang berlaku dll.

Jika Indonesia tidak memiliki kesadarn berbangsa dan bernegara maka akan :
1.      Memiliki perlakuan yang menyimpang dari norma-norma umum di masyarakat.
2.      Keutuhan bangsa dan negara akan terpecah belah.
3.      Menyalah gunakan kekuasaan.
4.      Melakukan tindakan kejahatan dll.

Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Ada 4 macam pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara :
1.      Pancasila
2.      UUD 1945
3.      Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.      Bhineka Tunggal Ika

C.    Bentuk-Bentuk Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Konteks Sejarah dan Geopolitik Indonesia

1.      Cinta Tanah Air

Negeri yang luas dan kaya akan sumber daya ini perlu kita cintai. Kesadaran bela negara yang ada pada setiap masyarakat didasarkan pada kecintaan kita kepada tanah air kita. Kita dapat mewujudkan itu semua dengan cara kita mengetahui sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya-budaya yang ada, menjaga lingkungan kita dan pastinya menjaga nama baik negara kita.

 

2.      Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap kita yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya. Kita dapat mewujudkannya dengan cara mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok dan menjadi anak bangsa yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

3.      Mengamalkan Pancasila

Ideologi kita warisan dan hasil perjuangan para pahlawan sungguh luar biasa, pancasila bukan hanya sekedar teoritis dan normatif saja tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Pancasila adalah alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama, etnis, dan lain-lain. Nilai-nilai pancasila inilah yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan.


4.      Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara

Dalam wujud bela negara tentu saja kita harus rela berkorban untuk bangsa dan negara. Contoh nyatanya seperti sekarang ini yaitu perhelatan seagames. Para atlet bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama negaranya walaupun mereka harus merelakan untuk mengorbankan waktunya untuk bekerja sebagaimana kita ketahui bahwa para atlet bukan hanya menjadi seorang atlet saja, mereka juga memiliki pekerjaan lain. Begitupun supporter yang rela berlama-lama menghabiskan waktunya antri hanya untuk mendapatkan tiket demi mendukung langsung para atlet yang berlaga demi mengharumkan nama bangsa.

 

5.      Memiliki Kemampuan Bela Negara

Kemampuan bela negara itu sendiri dapat diwujudkan dengan tetap menjaga kedisiplinan, ulet, bekerja keras dalam menjalani profesi masing-masing.
Kesadaran bela negara dapat diwujudkan dengan cara ikut dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti menjadi bagian dari siskamling, membantu korban bencana sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia sering sekali mengalami bencana alam, menjaga kebersihan minimal kebersihan tempat tinggal kita sendiri, mencegah bahaya narkoba yang merupakan musuh besar bagi generasi penerus bangsa, mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok karena di Indonesia sering sekali terjadi perkelahian yang justru dilakukan oleh para pemuda, cinta produksi dalam negeri agar Indonesia tidak terus menerus mengimpor barang dari luar negeri, melestarikan budaya Indonesia dan tampil sebagai anak bangsa yang berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional.
 

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Indonesia mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.  Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara kepada pemuda merupakan hal penting yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa ini, karena pemuda merupakan penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalan panjang bangsa ini. Kesadaran berbangsa dan bernegara ini jangan ditafsir hanya berlaku pada pemerintah saja, tetapi harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam implementasinya, pemuda lebih kreatif menerapkan arti sadar berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara itu sendiri.                                         
Makna Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Kesadaran adalah sikap yang tumbuh dari kemuan diri yang dilandasi hati ikhlas tanpa ada tekanan dari luar. Bangsa adalah orang-orang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah juga berpemerintahan sendiri. Sedangkan berbangsa adalah manusia yang memeiliki landasan etika, bermoral dan berakhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.slideshare.net/EkinandaAnggita/pentingnya-berbangsa-dan-bernegara
http://bambangheda.blogspot.com/2014/02/memahami-geopolitik-dalam-konteks.html
Sumodiningrat Gunawan dan Ary Ginanjar Agustian. 2008.  Mencintai Bangsa dan Negara. PT. Sarana Komunikasi Utama: Bogor
Dr Ali masykur musa, 2012. Nasionalisme di persimpangan, Erlangga, Jakarta
Kusumoprojo Wahyono Suroto .2009.  Indonesia Negara maritime. Teraju: Jakarta
Dr. Jazim Hamidi, S.H.,M.H dan Mustafa lutfi.,S.H.,m.h,2010, civic education antara realitas politik dan implementasi hukumnya ,Gramedia pustaka utama Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pentingnya Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara Dilihat Dari Konteks Sejarah Dan Geopolitik Indonesia"

Post a Comment

/* script Youtube Responsive */